February 12

Mainan anak

Hati-hati dan waspadailah  mainan anak anda!

Hadeh ada apa lagi ya sama mainan-mainan anak ini. Baru aja sempat liat berita sudah disuguh dengan berita yang kurang mengenakkan, khususnya bagi para orang tua yang sedang memiliki bayi/balita.

Ternyata baru-baru ini ditemukan banyak sekali zat-zat berbahaya di mainan-mainan anak, terutama yang diimpor dari negara tirai bambu, China. Zat yang berbahaya bagi kesehatan anak seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr) telah ditemukan pada beberapa mainan edukatif seperti   sempoa, kereta, sejumlah puzzle, balok ukur berwarna, balok rumah-rumahan, rumah hitung kayu serta kotak pos, dimana semua mainan tersebut menggunakan cat pewarna. Continue reading

February 4

Uways first baby food

Minggu, 5 Februari 2012

Satu hari menjelang 7 bulannya Uways. Pas sudah satu minggu ini uways kena flu mulai dari panas demam, pilek, bersin-bersin, batuk berdahak pula. Satu sembuh, gantian deh sakit yang lain. Sekarang sih tinggal meler-meler dikit sama batuknya alhamdulillah udah juga berkurang. Seharian tadi juga udah mulai lincah dan ceria lagi seperti biasa. Lekas sembuh ya nak!

Menurut orang-orang tua jaman dulu, kalau bayi sakit itu pertanda mau tambah kepandaian dan kepintarannya, percaya ga?Yah percaya-percaya ajalah hehe.. n. Mudah-mudahan setelah ini uways bisa merangkak atau nambah kepandaian yang lain ya, amiiin. Atau memang karena cuaca sekarang yang lagi ga ngenakin banget makanya jadi sakit.

Oya kali ini saya mau share tentang MPASI Uways yang udah berjalan satu bulan ini. Dulu, waktu sebelum ngasih MPASI (Makanan Pendamping ASI) saya sempet riset dulu dengan bertanya ke paman google dan juga blogwalking ke beberapa blognya Ibu-Ibu yang udah sukses duluan ngasih MPASI *halah gaya!Eh, tapi beneran ini penting dan perlu dilakukan emak-emak yang mau kasih makanan pertama ke anak-anaknya, karena ada  beberapa fakta yang baru saya temukan dan itu ternyata beda banget dengan saran neneknya Uways .

NO INSTANT FOOD !

Ini adalah aturan dasar yang harus diikuti. Dari awal sebaiknya kita sudah terbiasa menyiapkan sendiri makanan untuk bayi kita, dimulai dari memilih bahan makanan yang segar dan bergizi tinggi dan juga memasaknya. Sebisa mungkin kita menjauhi yang namanya bubur bayi instan. Bikin sendiri juga gampang banget kok!.Tinggal beli tepung beras organik dengan berbagai macam rasa (Beras Merah Wangi, Kacang Ijo, Pisang, dll) diseduh air panas lalu dimasak beberapa menit jadi deh bubur. Setelah itu bisa ditambahkan ASIP/susu formula atau jus buah (Pear/Apel)–dikukus dulu ya! Jadi deh bubur bayi yang sehat, lezat dan bergizi tinggi tentunya.

SAYUR vs BUAH

Penting juga untuk mengetahui buah-buahan dan sayur apa saja yang sudah bisa diberikan ke bayi. Kalau menurut saran neneknya sih bayam dan wortel udah bisa dikasih untuk bayi 6 bulan. Tapi setelah gugling, ga diperbolehkan dulu untuk bayi usia 6 bulan karena kandungan nitratnya tinggi. Ow! Sayur yang udah uways coba sih baru buncis doang, caranya masaknya dikukus dulu lalu diblender dan dicampur ASIP supaya encer. Kalau buah-buahan Uways udah coba alpukat, apel, pear, pepaya sama pisang dan semuanya suka! Habis manis kayak ibunya, hehe…

TAHAPAN PENGENALAN MAKANAN PADAT : Karbohidrat, Sayur, or Buah duluan ya?

Sempet bingung juga, karena banyak sekali aliran dan sumber yang tersedia. Menurut http://wholesomebabyfood.momtastic.com/ baiknya mengenalkan buah-buahan dulu sebagai first baby food karena kandungan gizi dan vitaminnya. Tapi ada juga emak-emak yang mengeluh bayinya ga doyan makan sayur karena dikenalin sama buah-buahan dulu. Ada juga yang bilang dikenalkan sama karbohidrat dulu. Akhirnya saya pilih menganut paham di bawah ini:

First week : Pengenalan karbohidrat (tepung beras Merah, tepung gasol kacang ijo, tepung gasol pisang)

Second week : Pengenalan sayur ( baru buncis, hehe)

Third week   : Pengenalan Buah (Pepaya, Alpukat, Pisang, Pear dan Apel)

Meski pada prakteknya sih ga monoton seperti itu, tiap hari di padu-padan aja. Misal : Pagi : Bubur Beras Merah+Jus Pear , Siang: Puree pepaya/alpukat, Sore: Bubur Kacang Ijo+Jus Pear. Menu untuk satu bulan bisa diganti-ganti untuk variasi dan anaknya juga biar ga bosan.

Semoga bermanfaat buat ibu-ibu yang akan memberikan MPASI pertamanya, seru banget ya! Akhirnya bisa nyuapin anak sendiri, walau awal-awal pasti anaknya cuma mau dikit-dikit aja abis itu pipinya cemong-cemong kena bubur karena usil gerak terus, hihi.

Pertanyaan postingan ini : What’s your first baby food?

Buat yang belum punya anak, boleh deh tanya mamanya, dulu pas bayi makanan pertamanya apa, hehehe..

November 8

Megaproject 2011

Back to work!Back to teach!

Senangnya bisa kembali mengajar bahasa Indonesia untuk mahasiswa-mahasiswa asing. Meskipun sebenarnya agak dilematis-problem ibu rumah tangga yang bekerja-meninggalkan anak dirumah dengan mbak pengasuhnya. Tapi apa daya, keinginan untuk mengabdikan ilmu saya semakin hari semakin tak terbendung. Akhirnya saya memutuskan untuk bekerja lagi, tapi tetap tidak menomorduakan anak. Program ASI eksklusif tetap berjalan dengan menerapkan managemen laktasi untuk ibu bekerja. Alhamdulillah sampai saat ini  uways (4 bulan)  belum pernah disambung dengan susu formula. Kapan-kapan saya share lebih lanjut deh tentang ini.

Sukses bekerja dan sukses berumahtangga, itu saja yang menjadi cita-cita saya saat ini. Memang diperlukan konsekuensi yang besar jika sudah memutuskan bekerja. Badan, tenaga dan pikiran harus rela terbagi menjadi beberapa bagian. Minggu pertama bekerja, badan rasanya capeeeek banget, pikiran juga kurang tenang mikirin anak dirumah. Belum lagi sesampainya dirumah, pekerjaan rumah tangga sudah menunggu untuk disentuh. Hehe…disentuh doang nggak dikerjain.

Untung sekali bapaknya Uways pengertian banget mau bantuin, pagi-pagi sudah bantuin nyuci popok uways dan nyuci piring. Lumayanlah sesuatu banget yah!

So everyday is a  hectic day!

Jadi inilah ritual saya tiap hari sekarang sebelum berangkat ke kampus:

Pagi-pagi habis subuh ga bisa tidur lagi, langsung mulai bekerja mulai dari mencuci popok, menyetrika, memerah susu, mandiin uways, menyapu, menyiapkan sarapan dan juga menyiapkan diri sendiri. Biasanya mandiin uways adalah kegiatan terakhir karena saya menunggu dia bangun baru dulu, dan itu bisa pukul tujuh lebih. Padahal prosesi memandikan uways, dan mengganti bajunya aja udah setengah jam sendiri. Nah setelah itu biasanya uways akan rewel, menangis entah karena haus atau ingin bobo lagi. Maka kegiatan setengah jam berikutnya adalah mengatasi kerewelan uways supaya dia bisa tenang dan minum susu dari sumbernya. Kalau uways sudah tidur, barulah saya siap-siap.

Hihihi…bisa dibayangin dong jam berapa saya tiba di kantor, dengan tambahan perjalanan 30menit. Untung alhamdulillah semua orang di kantor mengerti keadaan saya sebagai new mom yang selalu sibuk dan repot di tiap pagi. Jadi kalau ditanya kenapa telat, jawaban diplomatis saya adalah :

“Bisa lebih pagi lagi ga mb datangnya?” tegur pak Bos

“Maaf pak, saya ga bisa” Jawabku.

“Loh, kenapa? Kamu mau gajinya saya potong?”Pak Bos mulai gusar deh

“Saya sedang ada megaproyek besar di rumah saya pak dua tahun ini, jadi harap maklum kalau saya datang terlambat terus” kataku.

“Proyek apaan tuh?” Tanya pak Bos dengan penasaran.

Megaproyek 2011: Mempersiapkan Calon Pemimpin Bangsa di Masa Mendatang ujarku mantap.

“……??” dan pak Bos pun diam seribu bahasa

March 2

Bakpia Keju

Ada orang bilang, sepandai-pandainya perempuan, sesukses-suksesnya perempuan, dan setinggi-tinggi karirnya seorang wanita, tapi tetap tak boleh meninggalkan urusan dapur. Hmm, waktu masih gadis sih belum gitu sreg ya sama ungkapan para orang tua ini, emansipasi dong..cowo or para suami juga harus turun ke dapur juga bantuin masak! xixi…jadi inget chef edwin lau..waaa kerennn banget kan kl cow bisa masak di dapur, soo sexy…hehe… ngelantur deh Continue reading

February 8

Bu Bidan is the best!

Setelah beberapa kali periksa ke dokter kandungan, dan sekali periksa ke bu bidan desa ternyata saya menemukan  beberapa perbedaan mencolok. Memang sih peralatan di rumah sakit dan dokter jauh lebih canggih dan modern, sedang di bidan desa cuma peralatan ala kadarnya aja.

Sangat disayangkan periksa ke dokter konsultasinya sangat terbatas, dokter tidak aktif memberikan informasi-informasi yang seharusnya bumil tahu. Kalau kita tidak cerewet bertanya.  Mungkin karena  waktu yang terbatas atau dianggapnya kita sudah tau semua hal tentang kehamilan. Continue reading