April 28

INILAH 5 MENTAL YANG MEMBUAT KITA SEMAKIN TERGUSUR DI NEGERI SENDIRI

Sebenarnya udah lama saya memendam rasa ingin mengeluarkan opini dan uneg-uneg terkait permasalahan ekspansi para mahasiswa China yang berbondong-bondong datang ke negeri kita untuk belajar bahasa Indonesia. Banyak sekali opini miring tentang hal ini, yang bilang mereka bakal mengancam keberadaan para sarjana lokal, ngurangin lapangan pekerjaan kitalah, dan yang paling ditakutkan adalah kedepan mereka bakal jadi bos-bos perusahaan multinasional China yang nantinya bakal membantu “mengolah’ atau bahasa sadisnya mengeksploitasi Sumber Daya Alam kita. Gajinya jangan ditanya bok, mungkin ga ada seupilnya gaji orang lokal.

Trus di mana posisi tenaga kerja kita??

Kalau sudah begini, siapa mau disalahkan? Pemerintah kita? Pemerintah China? Kebijakan MEA? Internasionalisasi? Atau salahnya Rangga? atau saya sebagai pengajarnya? Jiaahhh

Nah loh, daripada sibuk nyari kambing hitam, mari kita instropeksi dan berkaca. Sebenarnya apa sih yang bikin kita ga maju-maju dan semakin tertindas di negeri sendiri? Yuuuk cekidott….

1. MENTAL TEMPE

Continue reading

April 8

Gembel Ningrat

Jika terpaksa engkau menggembel

Menggembelah dengan bersahaja

by Intanrawit

*PENTING!

Hahaha

Buat para backpaker yang berlangganan pesawat lowcost sejuta umat; Air Asia, pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah kegiatan yang lumayan membosankan dan juga sedikit banyak mengorbankan perasaan, dimana kita harus menghabiskan waktu berapa jam sampai puluhan jam untuk menunggu penerbangan berikutnya. Yep TRANSIT. Ouyeah! Maklum tiketnya murah, jadi sebagai konsekuensinya ya harus mengorbankan waktu dan perasaan untuk transit dalam jangka waktu yang lumayan lama sebelum sampai ke tujuan. Lamanya berapa jam mak? Yah kadang 12 jam bahkan seringnya 16 jam.

Ow!

Continue reading