.entry-content p { text-align: justify; }
December 9

Menjajal Aneka Seafood Segar khas Pantai Selatan

Menarik? silahkan berbagi..

Hari RABU rasa SABTU!

Horeee, tanggal merah men! Yah, harusnya sih nyoblos PILKADA hari ini, tapi etapi kita kan baru pindah ke kompleks baru, jadi belum dapat undangan nyoblos di tempat baru ini. Yasutralah kita jalan-jalan aja, sebenarnya Uways minta ke waterboom lagi sih, tapiii mamaknya nyidam makan kepiting dari kemarin-kemarin jadinya yaa langsung kita cuz ke Pantai Depok, Jogja.

Berburu Ikan Segar di Pantai Depok

Pantai Depok letaknya persis bersebelahan dengan Pantai Parangtritis, Jogja. Jadi kalau sudah tampak gerbang masuk Parangtritis, ada belokan ke kiri nah kita ambil itu ikuti jalannya. Sampailah kita ke Pantai Depok, yey! Pantai ini istimewa dan surga bagi para pecinta kuliner seafood. Kenapa? Karena di sini kita bisa langsung beli dan pilih ikan segar dan seafood lainnya di Pasar Ikan Segar, yak langsung, umum, bebas dan aktif! Hehe, selain itu kita bisa nawar bro! Lumayan ya kalau kurang 5-10 ribu kan bisa buat ongkos masaknya.

IMG_20151209_121954_HDR
Pasar Ikannya No Becek Ga Da Ojek yah, bersiih kinclong cyyn

Kisaran Harga

Mohon diperhatikan hari saat anda berkunjung ya, karena harga-harga di pasar ikan akan meroket pada akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu. Harga 1kg kepiting bisa tembus 120-140 ribu tergantung besarnya kepiting. Sedangkan pada hari biasa hanya dipatok 80 ribu per kg. Untuk seafood lain perbedaan harganya tidak terlalu mencolok pada akhir pekan dan hari biasa; cumi-cumi 60-70 ribu, ikan cakalang 16 rb per kg. Kali ini saya belanja kepiting 1kg 100 rb, kerang 1/2 kg 20 rb, dan cumi-cumi 1 kg 55 rb. Total belanja ikan 175rb. *Bakalan jauh lebih murah kalau bukan hari libur.

Ikan segar dari nelayan
Ikan segar dari nelayan

Perjalanan dari kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 2 jam, sebaiknya berangkat pagi-pagi sekali jam 6 pagi biar bisa menikmati angin pantai yang sehat di pagi hari. Tadi rencananya sih gitu, tapi di rumah masih rempong selesain ini itu ya akhirnya berangkat jam 9an. Hihi. Masih mampir sarapan soto Banjar dulu biar ga lemes, sampai di Pantai Depok pas adzan Dzuhur berkumandang. Alhamdulillah, bisa mampir ke mushola dulu jadi habis ini bisa makan dengan tenang.

Happy Mommy
Happy Mommy

Abis belanja ikan, what’s next?

Di tengah hiruk pikuknya pasar Ikan, bakalan ada banyak banget ibu-ibu yang nawarin untuk dimasak di warungnya. Siap-siap ya dikerubutin bak artis baru turun panggung, “Sini bu, saya bawakan, nanti langsung dimasak di warung X, enak lho bu! Bla..bla..bla” Sudah berapa kali saya kecele, mau-mau aja dibawain tak pikir di tempat biasa, “Yang warungnya biru itu kan bu, di pojokan?” aku memastikan dulu. “Ya bu, di sana tempatnya, nanti saya tunjukkan, paling enak di sana” ujar ibue meyakinkan. Ee pas nyampe ternyata bukan warung yang ku maksud, dan parahnya di tengah-tengah pantai yang mana suara warrr weeerrr worrrr motor ATP berisiknya minta ampun merusak suasana pantai. Soo, sekarang saya selalu hapalin nama warung langganan saya. BANYU BIRU namanya, tempatnya di pojok barat pantai, tenang jauh dari keramaian motor ATP, udah gitu tempatnya bersih (tempat makan, WC, tempat masak dan musholanya semua bersih), dan tentunya ramah sekali pelayanannya. Highly recommended lah pokoknya!

Baca buku dulu sambil menunggu
Baca buku dulu sambil menunggu

Sampai di warung Banyu Biru, langsung serahkan hasil belanjaan kita sama ibu-ibunya untuk dimasakkan. Banyak pilihan cara masaknya ya bisa pilih sesuai selera. Kali ini kepitingnya aku pilih dimasak bakar madu 1/2kgĀ  dan bumbu kuning pedas 1/2kg , kerangnya saus tiram pedas, cumi-cumi dibagi dua yang 1/2 kg digoreng tepung, separuhnya lagi dimasak asam manis. Total tagihannya tau ga berapa? Cuma 40rb! Murah banget ya…tapi ada triknya biar jadi murah.

Tips & Trik makan murah meriah tapi kenyang jendral di Pantai Depok

Sebenarnya untuk biaya masaknya murah banget dihitung perkilo, yang buat mahal ada pelengkapnya yaitu nasi, sayur (adanya oseng kangkung) dan minuman. So kalau mau murah, bisa bawa nasi, sayur rebus (penting ini biar ga pusing), buah-buahan dan air putih sendiri. Biasanya kalau semuanya beli di warung, tagihannya bisa 100rb lebih. Haha, hemat kan jadinyaa…

Enjoy!

Setelah menunggu beberapa saat, makanan kita pun datang. Tarraaa…kepiting bakar madu dan bumbu kuning pedas, cumi asam manis dan goreng tepung, plus kerang yang endang bambang. Hajarrr…. *sstt tipsku biar ga pusing kalau makan seafood segambreng gini adalah ga usah pakai nasi makannya, ganti pakai sayur! Dijamin ga bikin nggliyeng, hahaha WASPADA KOLESTEROL TINGGI!

Syedapppp

Hidangan pertama yang diserbu saya dan suami tentu saja si Mr. Crabs, ahaaa baru kali ini nyoba dibakar, ternyata suerr enaaak bangett! Perpaduan rasa manis-gurih-harum karena dibakar bikin daging kepitingnya asli alami ga kebanyakan bumbu. Kepiting bumbu kuning pedas ga kalah sedap sih, tapi rasa daging kepitingnya sudah dipoles dengan aneka rempah-rempah. Cumi kriuk goreng tepung ga usah ditanyakan lagi lah ya, enak juga buat cemilan. Kerangnya juga oke, saya lebih suka jenis kerang ini daripada kerang darah yang kecil-kecil itu. Kuah masakan cumi asam manis juga luar biasa enak loh! Semacam gulai gitu, aiih semuanya meleleh di mulut. Apalagi ditambah nasi hangat dan sambal terasi. T.O.P!Ā 

IMG_20151209_131321_HDR
Hey Mr Crabs!
Nyamm..nyamm
Nyamm..nyamm
kuahnya syedeppp inii
kuahnya syedeppp inii

Alhamdulillah, kenyang Jendral!

Sayang si Uways belum bisa alias belum doyan seafood. Tadi disuapin aja nasi sama daging kepiting yang udah dicuil-cuil. Kalau ketauan ama dia pasti ga mau deh. Biasanya ikan bakar masih mau, tapi tadi ga pesan.

Gokil Man!
Gokil Man!

Habis kenyang, ga usah buru-buru pulang Bro! Santai-santai aja, tadi bapake Uways sempat tidur siang gitu, ditemani angin pantai sepoi-sepoi. Si mamak baca buku sementara Uways asik main kitiran dan main pasir. Amboi!

Tiada lengkap tanpa berlevitasi
Tiada lengkap tanpa berlevitasi

Bwahahaa kalau ini ga usah ditiru yey, kelakuan mahmud ini emang rada-rada ajaib! Wkkk hobine lontjat-lontjat tsantiiik, xixi.

IMG_20151209_152036_HDR
Berleha-leha dulu di gubug cinta ini

Okey deh kawans, ini cerita hari libur kejepitku, kalau kalian ngapain aja? Hahah, selamat yaa besok udah masuk lagi. Semangatt!



Copyright 2017. All rights reserved.

Posted December 9, 2015 by intan rawit in category "Jalan Jalan", "Just Something Personal", "Kuliner Jogja", "Kusuma on Vacation", "Mom's diary", "my family

19 COMMENTS :

  1. By ratusya on

    Huaaa asyik ya kita pilih2 sendiri trus dimasukin. BTW proses masaknya lama ga mbak?
    Kok ya jadi ngiler pengen makan sifut juga

    Reply
  2. By Wiwi on

    foto2nya bikin ngiler aja šŸ˜€ karena saya termasuk orang yang suka seafood
    abis makan enak, tidur siang disaung ditemani angin sepoi2, itu mantep banget šŸ˜€

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *