.entry-content p { text-align: justify; }
July 19

Slang dalam Bahasa Mandarin (Chinese Mandarin Slank)

Menarik? silahkan berbagi..

Intan Rawit Sapanti

12/339581/PSA/07324

  1. Apakah yang dimaksud dengan slang?

Bahasa Slang

Slank may be characterized as a very informal language variety that includes new and sometimes not polite words and meaning. It is often used among particular groups of people, for example groups of teenagers or professional groups and is usually not used in serious speech or writing (Hudson, 1980:12).

Hudson menjelaskan bahwa ciri-ciri utama bahasa Slang sebagai ragam bahasa informal adalah bahasa Slang selalu mengandung kosakata baru dan kadang-kadang kata-kata yang memiliki arti dan makna yang kurang sopan. Bahasa ini sering digunakan dalam suatu kelompok, contohnya adalah kelompok remaja dan biasa ragam bahasa informal ini tidak digunakan dalam penulisan ilmiah dan bahasa formal.

Burridge 2002, di dalam Harwati, 2010:182 menyatakan bahwa istilah slang mengacu kepada “kosa kata dan idiom rahasia yang dipergunakan oleh sebuah kelompok tertentu yang antar anggotanya telah memiliki kesamaan nilai-nilai” . Di dalam bahasa Indonesia, padanan istilah bahasa slang adalah bahasa gaul. Harwati juga menjelaskan bahwa di dalam perkembangannya, bahasa gaulbanyak dipergunakan oleh kaum remaja sebagai ‘identitas’ dan media komunikasi antar mereka. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bahasa gaulsangat dekat dengan kehidupan para remaja.

Menurut Swan (2005: 526), ‘Slang’ is a very informal kind of vocabulary, used mostly in speech by people who know each other well. Menurut definisi diatas, slang merupakan jenis kosakata yang informal dan digunakan oleh sebagian besar orang yang sudah mengenal dekat satu sama lain.

Bahasa Slang menurut Kridalaksana 1982 dirumuskan sebagai ragam bahasa yang tidak resmi dan digunakan oleh kaum remaja, waria atau kelompok sosial tertentu untuk komunikasi intern sebagai usaha orang di luar kelompoknya tidak mengerti, berupa kosakata yang serba baru dan berubah-ubah. Hal ini sejalan dengan pendapat Alwasilah 1985 bahwa slang adalah variasi ujaran yang bercirikan dengan kosakata yang baru ditemukan dan cepat berubah, digunakan oleh kaum muda, kelompok sosial, atau kelompok professional untuk komunikasi di dalamnya.

Kosakata slang dapat berupa pemendekan kata, penggunaan kata diberi arti baru atau kosakata yang serba baru dan berubah-ubah. Disamping itu slang juga dapat berupa pembalikan tata bunyi, kosakata yang lazim digunakan di masyarakat menjadi aneh, lucu, bahkan ada yang berbeda makna sebenarnya dipertegas lagi kedalam bentuk. Slang ini selanjutnya dapat dipertegas lagi ke dalam bentukcant, yaitu bahasa gaul yang diucapkan dengan nada atau intonasi tertentu sehingga terasa ringan, lucu, dan ekspresif cocok untuk suasana santai yang bersifat rahasia.

Contoh Slang di Lingkungan Tempat anda tinggal

Berhubung penulis adalah  salah satu staff pengajar Bahasa Indonesia untuk penutur asing dimana sebagian besar murid berasal dari China, maka penulis melakukan penelitian untuk mengamati bahasa Slang yang kini marak digunakan oleh kawula muda dalam bahasa Mandarin.

. Pertanyaan pertama adalah bagaimana ekspresi responden jika memiliki mobil baru. Berikut adalah daftar kata yang digunakan oleh para responden:

a. (shuǎng)

Kata 爽 shuǎng untuk mengekspresikan kegembiraan jika mendapatkan atau memiliki mobil baru. Menurut kamus mandarin online www.yellowbridge.combright; clear; crisp; open; frank; straightforward; to feel well; fine; pleasurable; invigorating; to deviate. Makna denotatif dari kata tersebut adalah cerah, terang, terbuka, lurus, baik, menyenangkan. Kata ini dapat dipadupadankan dengan kata _呆了 dan membentuk kata 爽呆了 (Shuai dai le) yang menunjukkan tingkat kesenangan yang tinggi.

b. 棒 (bāng)

Kata 棒 bāng yang memiliki arti stick, club, truncheon; hit yang memiliki arti dasar stik, club, pentungan atau memukul. Dalam bahasa slang Mandarin, kata ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan senang, memuji kehebatan orang dan menunjukkan kekaguman atas kemampuan seseorang. Kata ini biasa dipadankan dengan kata __极了 (jíle) dalam kamus xinhua cidian berarti 表示最高程度 menunjukkan tingkat tertinggi terhadap sesuatu (kata sifat). Adapun variasi lain dari penggunaan kata sifat 很_,太_ , 超_yang juga menunjukkan tingkat terhadap sesuatu. Jadi bahasa Slang yang digunakan responden adalah 棒极了,太棒了,很棒, 超棒

c. 酷 (kù)

Menurut kamus online www.yellowbridge.com 酷 (kù) ruthless; strong (e.g. of wine) yang berarti rasa yang keras dari minuman anggur. Namun dalam kenyataannya, kata ini digunakan untuk menunjukkan perasaan senang, bahagia, keren, dsb. Kata酷 (kù) digunakan karena memiliki pengucapan yang sama dengan kata bahasa Inggris ‘cool’ untuk menunjukkan sesuatu kekaguman terhadap sesuatu atau seseorang.

d. 拉风 (la feng)

Berdasarkan kamus xinhua cidian Makna denotatif 拉 adalah menggunakan tenaga untuk memindahkan suatu barang dari suatu tempat ke tempat lain. Sedangkan 风 feng adalah angin. Jadi dapat kita simpulkan makna konotatif dari slang ini adalah sesuatu yang sangat fantastis dan membuat seolah-olah angin pun dapat ditarik.

e.jìng

Dalam kamus mandarin online kata 劲jìng berarti stalwart; sturdy; strong; powerful yang berarti kuat dan kokoh. Dalam bahasa Slang, kata ini dapat juga digunakan untuk menyatakan perasaan senang dan menunjukkan kekaguman terhadap sesuatu atau seseorang.

2. Pertanyaan kedua adalah tentang ungkapan slang apa yang akan digunakan jika bertemu dengan teman yang tidak menyenangkan, suka berbicara besar, seolah-olah mengetahui suatu perkara tetapi pada kenyataannya tidak.

Adapun slang yang digunakan oleh para responden adalah sebagai berikut :

a. 虚伪 (xūwěi)

Menurut kamus mandarin online 虚伪 (xūwěi) means emptiness; void; abstract theory or guiding principles; empty or unoccupied; diffident or timid; false; humble or modest; (of health) weak; virtual; in vain yang bisa bermakna kekosongan, teori yang abstrak atau prinsip bimbingan, kosong atau tidak bekerja, salah, rendah hati, lemah (untuk kesehatan).

Dalam bahasa slang, makna kata 虚伪 (xūwěi) sedikit bergeser menjadi sesuatu yang palsu, tidak asli sehingga kata tersebut bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan tidak suka terhadap seseorang karena sifatnya yang suka membual dan berbicara besar.

b.讨厌 (tǎoyàn)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com 讨厌 (tǎoyàn) means to dislike; to loathe; disagreeable; troublesome; annoying yang berarti tidak suka, tidak setuju, menyebalkan dan menyebabkan masalah. Kata ini bisa digunakan dalam bahasa Slang untuk mengungkapkan ketidaksukaan terhadap sikap seseorang yang kurang menyenangkan.

c.无聊(wúliáo)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com 无聊(wúliáo) means无 -less; not to have; no; none; not; to lack; un-to chat; to depend upon (literary); yang berarti tidak ada sesuatu yang perlu diperbincangkan. Dalam bahasa slang, kata ini digunakan untuk menggambarkan situasi/seseorang yang membosankan dan tidak menyenangkan

d.神经病 (shénjīng bìng)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, .神经病 (shénjīng bìng) means mental disorder; neuropathy; mental case (derogatory) yang berarti penyakit mental atau gila. Dalam percakapan sehari-hari kata ini sering digunakan untuk bercanda dan menggambarkan seseorang dalam keadaan tidak waras atau gila.

e.做作 (zuòzuo)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com 做作zuòzuo means affected; artificial yang berarti palsu, tidak asli atau buatan. Dalam bahasa slang, kata ini digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang yang tidak tulus hatinya, lain di mulut lain di hati, tidak memiliki kepribadian yang baik.

f. 吹牛 (chuīniú)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com 吹牛chuīniú means to talk big; to shoot off one’s mouth; to chat (dialect) yang berarti berbicara besar, membual, berbincang-bincang. Walaupun arti harfiah atau leksikalnya adalah meniup sapi, namun dalam percakapan sehari-hari kata ini digunakan untuk menggambarkan orang yang setiap harinya bermulut besar dan suka membual.

g. 要装B

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 装 zhuāng means adornment; to adorn; dress; clothing; costume (of an actor in a play); to play a role; to pretend; to install; to fix; to wrap (something in a bag); to load; to pack yang berarti memakai, memerankan sebuah peran, membenarkan, membetulkan, membungkus, dan sebagainya. Namun dalam bahasa slang, kata ini memiliki makna bahwa seseorang itu tidak sama seperti isi hatinya, penuh dengan kebohongan dan kepura-puraan.

h. 倒胃口dǎo wèikǒu

Dalam kamus online www.yellowbridge.com 倒胃口dǎo wèikǒu means to spoil one’s appetite; fig. to get fed up with something yang berarti merusak selera makan seseorang, muak dengan sesuatu. Makna tersebut merupakan makna dalam bahasa slang yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang begitu menjengkelkan dan menyebalkannya sehingga bisa merusak selera makan.

I. 不可理喻(bùkě lǐ yù)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com不可理喻(bùkě lǐ yù) means be impervious to reason; won’t listen to reason yang berarti tidak mau mendengarkan orang lain, tidak mendengarkan alasan yang ada. Kata ini termasuk peribahasa dalam Bahasa Mandarin atau biasa disebut dengan 成语 chengyu yang terdiri dari empat karakter Hanzi, yang memiliki makna bahwa seseorang benar-benar tidak dapat dipahami.

j. 土掉渣 (tu diao zha)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 土 tu berarti tanah, 掉 diao berarti jatuh atau berserakan, sedangkan 渣 zha artinya menyapu atau membersihkan. Dalam bahasa slang, makna dari kata ini adalah untuk menggambarkan karakter orang yang tidak menyenangkan hati.

k.恶心 (e xin)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 恶心 e xin berarti hati yang jahat, jelek atau tidak baik. Kata slang ini sering digunakan untuk menunjukkan atau menggambarkan perasaan atau seseorang yang kurang baik hatinya.

  1. Pertanyaan ketiga adalah ekspresi apa yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang baik hati, pandai, tampan, dan keren. Berikut adalah jawaban yang diberikan para responden :

a. (kù)

Seperti dalam penjelasan diatas berkaitan dengan pertanyaan no 1, kata 酷 memiliki arti keren, bagus. Dalam bahasa slang, kata ini memiliki makna bagus, dan bisa digunakan untuk menggambarkan kekaguman terhadap sesuatu atau seseorang. Kata ini bisa dipadankan dengan _毙了 yang menyatakan tingkat kekaguman yang tinggi atau untuk memuji seseorang.

b. 优秀yōuxiù

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 优秀yōuxiù means excellent; superior

handsome; refined; elegant; graceful; performance; ear of grain; show (loanword

outstanding; excellent. Kata ini memiliki arti bagus sekali, sangat tampan, elegan. Dalam bahasa slang, kata ini bisa digunakan untuk memuji seseorang atas prestasinya, kerajinan dan kemampuan seseorang yang diatas rata-rata.

c. shuài

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 帅shuài means handsome; graceful; smart; commander in chief; (Chinese surname) yang berarti tampan, cerdas, pandai. Kata ini sering digunakan dalam pergaulan anak muda sehari-hari untuk menyatakan kekaguman terhadap ketampanan dan kecerdasan seseorang.

d. 棒bāng

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 棒 bāng yang memiliki arti stick, club, truncheon; hit yang memiliki arti dasar stik, club, pentungan atau memukul. Dalam bahasa slang Mandarin, kata ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan senang, memuji kehebatan orang dan menunjukkan kekaguman atas kemampuan seseorang. Kata ini biasa dipadankan dengan kata __极了 (jíle) dalam kamus xinhua cidian berarti 表示最高程度 menunjukkan tingkat tertinggi terhadap sesuatu (kata sifat). Adapun variasi lain dari penggunaan kata sifat 很_,太_ , 超_yang juga menunjukkan tingkat terhadap sesuatu. Jadi bahasa Slang yang digunakan responden adalah 棒极了,太棒了,很棒, 超棒

 

 

e. 聪明 (cōngming)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 聪明cōngming means quick at hearing; wise; clever; sharp-witted; intelligent; acute, acute (of sight and hearing); clever; intelligent; bright; smart. Makna dari kata ini adalah seseorang yang memiliki otak yang cerdas, pandai, bijaksana dan pintar.

f. 温柔(wēnróu)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 温柔wēnróu means gentle and soft; tender. Makna dari slang ini adalah tentang kepribadian seseorang yang lembut, baik hati dan bijaksana.

g. 厉害lìhai

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 厉害lìhai means strict; severe; (Chinese surname) to do harm to; to cause trouble to; harm; evil; calamity difficult to deal with; difficult to endure; ferocious; radical; serious; terrible; violent; tremendous; awesome. Makna literal dari kata ini adalah kemampuan seseorang yang memukau, hebat, dan sulit ditaklukkan atau dikalahkan oleh orang lain.

h. 有feel

Arti dari kata slang ini tidak ditemukan dalam kamus online maupun kamus mandarin-mandarin karena kata ini merupakan gabungan kata bahasa Mandarin dan bahasa Inggris, yang berarti ‘memiliki rasa’. Kata ini digunakan untuk menggambarkan situasi, seseorang atau sesuatu yang benar-benar memiliki keistimewaan tersendiri.

I. 了不起 (liao bu qi)

Kata ini tidak ditemukan dalam kamus formal biasa, dalam kehidupan sehari-hari para remaja sering memakai ungkapan slang ini untuk menyatakan kemampuan seseorang yang bagus, prestasi belajar yang hebat, ataupun kecantikan dan ketampanan seseorang yang tidak tertandingi oleh yang lain.

4. Pertanyaan keempat adalah tentang ekspresi wajar atas sesuatu yang sudah seharusnya terjadi ketika tim sepakbola responden kalah bertanding melawan tim sekolah lain namun hal itu tidak membuat responden kaget karena sesungguhnya permainan tim sekolah mereka pada dasarnya tidak terlalu bagus.

Adapun slang yang digunakan oleh para responden adalah sebagai berikut:

a. 很弱hěnruò

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 很弱hěnruò memiliki makna denotatif ‘sangat lemah’, begitu pula dalam bahasa Slang maknanya tidak berubah. Kata ini digunakan untuk menyatakan keadaan atau kemampuan seseorang yang kurang bagus.

b.很差hěnchà

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 很差hěnchà berarti sangat jelek atau tidak bagus

c. 超群chāoqún

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 超群chāoqún means surpassing; preeminent; outstanding. Kemampuan seseorang istimewa dan diatas rata-rata.

d. 垃圾lājī

Dalam kamus online www.yellowbridge.com,垃圾lājī means trash; refuse; garbage. Arti dari kata ini adalah sampah, dan jika digunakan dalam slang sehari-hari, kata ini digunakan untuk menggambarkan ketidaksukaan atau kekecewaan terhadap seseorang atau sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan semula.

e. sǒng

Dalam kamus online www.yellowbridge.com,怂sǒng means terrified yang berarti menyedihkan. Kata ini sering digunakan untuk menyatakan kemampuan yang tidak bagus.

f.强悍qiánghàn

Dalam kamus online www.yellowbridge.com , 强悍qiánghàn means valiant, artinya berani.

5. Pertanyaan kelima adalah tentang ekspresi kekecewaan ketika responden telah berjanji dengan seorang teman dan menunggunya setelah sekian lama namun akhirnya teman tersebut tidak datang dan tidak menepati janjinya.

Berikut merupakan slang yang digunakan oleh para responden

a. 失望(shīwàng)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com,失望shīwàng: disappointed; to lose hope; to despair. Maknanya adalah mengecewakan, kehilangan harapan, dan putus asa.

b. 放鸽子(fànggēzi)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 放鸽子fànggēzi: to stand someone up. Maknanya adalah mengecewakan seseorang.

c. 伤心(shāngxīn)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 伤心shāngxīn: to grieve; to be broken-hearted; to feel deeply hurt. Artinya adalah suasana hati yang sedih, kecewa, terluka, dan disakiti.

d. 上火(shànghuǒ)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 上火shànghuǒ: to get angry; to suffer from excessive internal heat (TCM). Adapun arti literalnya adalah menghidupkan api, dan dalam bahasa slang maknanya menjadi ‘sangat marah’.

f.扫兴 (sǎoxìng)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, .扫兴sǎoxìng: to have one’s spirits dampened; to feel disappointed. Memiliki arti ‘merasa kecewa, semangatnya terbuang, dan lain sebagainya.

g. 崩溃(bēngkuì)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 崩溃bēngkuì :to collapse; to crumble; to fall apart. Arti secara harfiahnya adalah tumbang atau jatuh, adapun arti secara konototatif adalah ‘merubuhkan hati seseorang, atau mengecewakan seseorang’

h. 无语wúyǔ

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 无语wúyǔ: to remain silent; to have nothing to say; speechless. Kata ini sangat populer dan sering digunakan oleh para remaja untuk menyatakan situasi yang membosankan.

I. 恼火(nǎohuǒ)

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 恼火nǎohuǒ: to get angry; irritated; to annoy; to aggravate; annoying. Kata ini juga sangat populer di kalangan remaja untuk menyatakan kemarahan terhadap seseorang.

j.操蛋càodàn

Dalam kamus online www.yellowbridge.com, 操蛋càodàn means damn it!; fuck! (vulgar); Satan (loan); devil. Kata ini sedikit bermakna kasar yang biasanya digunakan dalam makian.

Berdasarkan data penelitian diatas ditemukan beberapa bentuk bahasa Slang yang mengalami code mixing antara bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris, diantaranya 有feel dan 要装B。Hal ini dikarenakan pengaruh bahasa Inggris yang telah memasuki dunia remaja sehingga para remaja merasa lebih bangga ketika dapat menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-harinya.

Ciri bahasa Slang yang digunakan remaja dalam bahasa Mandarin adalah penggunaan metafora atau menyamakan makna dengan sesuatu yang lain. Misalnya dengan hewan atau makhluk hidup (sapi, babi, kerbau), metafora kosmos yang berhubungan dengan alam semesta (langit, bumi, tanah), kemudian metafora angin, udara, dan air. Slang tersebut digunakan untuk menyatakan kekaguman, kejengkelan, kesedihan, maupun kekecewaan.



Copyright 2017. All rights reserved.

Posted July 19, 2014 by intan rawit in category "I'm a Linguist", "Intan Publication", "Linguistik for Dummies", "Sosiolinguistik

11 COMMENTS :

  1. By Cipu on

    Sebenarnya pengen mulai menggunakan kata kata ini, tapi berhubung saya memang ga ada dasar ngomong Mandarin kecuali bilang terima kasih, jadi saya cukup tahu saja kalau Mandarin juga ada slang nya hahahaha.

    Anyway nice post, lengkap dengan referensi nya pulak

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      hehe, gpp mas buat jaga2 aja nanti kalau punya temen orang China, ben dianggap gaul. Xixi

      Reply
  2. By Nyindir on

    Menarik nih, harus diterapkan dan dipelajari setiap hari. Jika enggak mungkin akan lupa. Salam kenal 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *