.entry-content p { text-align: justify; }
February 1

Ber’onsen’ ria di Kalianget, Wonosobo

Menarik? silahkan berbagi..

Sudah banyak saya mendengar cerita tentang onsen di Jepang, baik dari baca komik, bukunya mbak Trinity (Naked Traveler) , dari blognya mas cipu di postingannya yang inih, atau dengar ceritanya langsung dari teman yang asli orang Jepang. Dah ga gitu kaget dan shock kalau di dalam onsen orang-orangnya tidak memakai baju sehelai benangpun untuk berendam di dalam air panasnya. Tapi ya tetep aja ya ga bisa bayangin gimana rasanya kalau beneran masuk dan ngeliat orang-orang (dan orang lain bisa ngeliat saya) *polosan aja berlenggang kangkung jalan di kolam pemandian itu. Yay!

Nah, kali ini saya ga usah jauh-jauh ke Jepang untuk mandi onsen ternyata di kampung halaman, (Wonosobo Jawa Tengah, red ) saya pun ada pemandian air panas yang alami. Jreng-jreng inilah dia Pemandian air panas Kaliange yang tersohor di kalangan wisatawan lokal maupun asing (baca: luar Wonosobo) mengandung banyak kandungan asam sulfat yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit!hehe…itu sih manfaat  sampingan aja yah, yang utama sih buat berendam di air hangatnya itu.

Jujur, ini adalah kali pertama saya datang kesini walapun sudah lama tinggal disini, maklum dulu masa sekolah sibuk les ini itu, waktu weekend dan pun jarang jalan-jalan karena tiap habis dzuhur pasti ujan! Males kan kemana-mana jadinya hari libur pasti dimanfaatkan untuk …. tidur! Haha

Eh, beneran suer deh rasanya eeenaaaaaakkkk gila berendam di air hangat di Kalianget itu, anak saya aja mpe betah lama-lama disana soalnya hangat dan nyaman. Jadi sedikit mengerti kenapa orang-orang Jepang demen berendam di Onsen, hihi. Kelebihannya emang sumber air panasnya ini alami yah, jadi enjoy lama-lama berendam disini. Walaupun awal-awal ngeliat airnya kok butek gitu, rada-rada sangsi juga sih sama kebersihannya, agak-agak males gitu nyemplung. Tapi berhubung udah jauh-jauh datang (jaraknya 3 km dari pusat kota Wonosobo) yang mana dari rumah saya pun lumayan jauh jadi ya udah nyebur aja.

uways ga takut air

Selain pemandian air panas, ada juga dua  kolam renang untuk air dingin, yang satu ukurannya guede dan luas, dalam juga untuk orang dewasa. Yang satu kolamnya agak kecil dan cetek untuk anak-anak. Waktu saya kesana, kolam renang yang besar itu lagi ga ada airnya. Pengiritan kali ya coz sedikit yang datang berenang. FYI, tiket masuk taman Rekreasi Kalianget ini ada dua. Pertama, waktu masuk di pos satpam ditarik Rp 2.000/orang dan waktu masuk pemandian air hangatnya dikenakan charge Rp 3.000/orang walaupun ga mandi tetep harus bayar. So, totalnya cuma Lima Rebong cin! Murah kaaan..

Abis mandi nampang dulu aaah (ada tamannya juga luas banget boo!)

piknik keluarga

Abis berendam, perut pun keroncongan sooo langsung deh kita cuz ke kedai Mie Ongklok Longkrang yang lezatos dan maknyus kata pak Bondan.

makanan legendaris Wonosobo: Mie Ongklok & Sate Sapi

Buat yang berdomisili di Wonosobo dan sekitarnya, wajib dah datang kesini!dijamin encok pegel linu ilang abis berendam, hehe

 

 



Copyright 2017. All rights reserved.

Posted February 1, 2013 by intan rawit in category "Baby Uways", "Jalan Jalan", "Perjalananku", "Wisata kuliner

73 COMMENTS :

  1. By anna on

    wah asyik banget tuh..
    apalagi airnya kan panas alami ya.. pasti enak banget di badan 🙂

    Reply
  2. By Zizy Damanik on

    Aku pernahhhh….. Di Berastagi, mandi air panas yang ada belerang gitu, hangat mandi malam-malam…. Habis itu yaaa kelaparan….

    Reply
  3. By mrscat on

    halo intan, kunjungan balik. baru tahu bisa ngeblog di ugm.ac.id. kamu anak ugm kah? aku dulu ugm juga

    Reply
  4. By Bibi Titi Teliti on

    Intaaaaan…
    kalo deket bandung sini sih palingan ke Ciater yaaah…
    dan emang bener ituh…
    abis berendem bawaan nya emang jadi laper terus…hihihi..

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      ciater yah mba…ku lom pernah kesana..hiii gimana kalo berendamnya sambil makan bakpao kayaknya asik deh xixixi

      Reply
  5. By Lidya on

    Allhamdulillah ternyata masuk komennya. asyik ya bisa berendem gitu, kalau dari bekasi paling deket ya dicitaer sama kaya bi ery tuh

    Reply
  6. By vendor baju bola Bogor on

    salam mbak intan…
    kalo main ke Bogor boleh deh coba ke curug gunung pancar mbak, ada pemandian air panasnya. trus pulangnya bisa peternakan liat kambing etawanya om wowo di hambalang hehe..
    matursuwun

    Reply
  7. By ayu on

    wah kalau di tasik tempat saya ada namanya cipanas itu, murah dan asli dari gunung galunggung tasikmalaya hehehe

    Reply
  8. By Divani on

    Beneran Mbak, jadi inget sama sungai serayu dan mi ongklok ama tempe kemulnya itu lho…

    Abis berendam kuliner deh..

    Reply
  9. By http://nmcbit.com/ on

    Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

    Reply
  10. By Kontraktor Kubah Masjid on

    Air panas lebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Mandi berendam di dalam air panas bermineral dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berdasarkan alasan tersebut, orang membangun pemandian air panas dan spa untuk tujuan rekreasi dan pengobatan. Salam kenal ya mbak

    Reply
  11. By Lampu Tidur on

    Waduh enak tuh, sayang jauh dari tempat saya… Penyakit kulit kayak panu, kadas, kudis, kurap dijamin sembuh nggak mbak?

    Reply
  12. By rohan on

    Indonesia memang sangat luar biasa, banyak tempat-tempat menarik yang dapat dijumpai tanpa harus ke luar negeri

    Reply
  13. By Biro Wisata Dieng on

    Itu deket banget sama rumahku, Mbak. Ada juga pemandian air panas yang lebih panas kalo mau ke Desa Tegal Sari, Kecamatan Garung. Masih ke arah utara 5 kiloan lah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *