.entry-content p { text-align: justify; }
October 8

Sejarah Sebuah Keluarga Bahasa INDO-EROPA : CELTIC

 Sejarah awal Celtic

Orang Celtic merupakan orang Indo-Eropa yang pertama kali menyebar keseluruh dataran Eropa. Dikenal oleh bangsa Yunani sebagai Kentoi, mereka muncuk di Eropa tengah-selatan sekitar 500 tahun sebelum masehi, yang berbicara dengan bahasa yang telah direkonstruksi yaitu Common Proto Celtic. Mereka menyebar hampir ke seluruh Eropa, yang terjauh mencapai Laut Hitam dan Asia Minor, Barat Daya Spanyol, Tengah Itali dan di seluruh Inggris. Kebudayaan mereka dikenal sebagai LA TENE (dinamai oleh seorang ilmuwan dari Swiss).

Migrasi utama dilakukan oleh Gali, atau Galus menuju Prancis, Sebelah timur Itali, dan sebelah utara Eropa. Bukti bahwa bahasa Gali ditemukan di daerah tersebut adalah dalam bentuk penamaan tempat dan ukiran/pahatan (inscription). DI tempat lain, bahasanya disebut dengan nama lain. Orang Celtic yang pergi ke Balkan dan Minor Asia disebut GALATAE oleh bangsa Yunani, dan istilah Galatian digunakan sampai tahun 500 sesudah Masehi. Orang Celtic yang berada di Spanyol dikenal sebagai CELTIBERI, dan celtiberi ini ditemukan dalam ukiran di daerah utara dan timur.

Daerah dialect Celtic yang digunakan di Benua Eropa disebut sebagai Continental Celtic. Celtic yang terasing merujuk pada dialek yang digunakan di kepulauan Inggris dan Britani (propinsi yang dulunya propinsi di Prancis Barat daya.

Terlihat indikasi bahwa terdapat dua gelombang invasi, pertama, tujuan ke Irlandia pada 400 tahun SM, yang menunjukkan tipe bangsa Celtic yang disebut sebagai GOIDELIC/Gaelic yang kemudian mencapai Scotlandia dan pulau Man.

Gelombang kedua, menuju Inggris selatan dan Wales, dan kemudian ke Brittani, menciptakan tipe bahasa Celtic yang dikenal sebagai Brythonic, atau sederhananya British).

Secara linguistik, grup bahasa pertama disebut sebagai Q-Celtic.

Keberuntungan bangsa Celtic yang Terasing

Invasi Anglo Saxion pada tahun 500 setelah Masehi menekan bangsa British Celt ke bagian barat dan utara yang menyebabkan bermacam2 dialek cepat punah. Daerah tersebut sekarang disebut sebagai Cornwall dan Devon. Bahasanya kemudian berkembang menjadi Cornish, di Wales. Dan di Cumbria dan bagian dari Scotlandia sebagai Cubric. Terdapat pergerakan menuju Brittany ke Bagian Selatan Inggris yang menyebabkan perkembangan Breton. Dalam awal periode, Breton sangat mirip dengan Cornish dan disebut bahwa dua bahasa tersebut saling memahami satu sama lain sampai abad ke 15.

Pergerakan masyarakat Goidelic terus berlanjut dari Irlandia menuju Pulau Man, dan pada abad ke 10 mereka juga ditemukan diseluruh Skotlandia. Batas geografi juga cepat menunjukkan perbedaan dialect dari bahasa aslinya, yang dikenal sebagai (Common) Gaelic. Dari abad ke 10 ditemukan bukti bahwa antar bahasa Irish dan Scottish Gaelic (sekarang disebut Erse) dan tidak diragukan lagi Manx Gaelic mulai untuk terpecah pada masa tersebut.

Dalam waktu-waktu akhir-akhir ini, bahasa Celtic telah menyebar ke luar Inggris dalam dua kesempatan. Pada tahun 1865, 150 orang Welsh menetap di Patagonia (sekarang Argentina) dan pada awal tahun 1900 jumlahnya semakin bertambah hampir mencapai 3000 penutur Patagonian Welch. Sekarang ini bahasa tersebut telah menghilang dibawah pengaruh bahasa Spanyol. Pada abad ke 18, banyak orang Gaels beremigrasi menuju pulau Cape Breton, Nova Scotia, yang diperkirakan sekitar 30000penutur Cape Breton Gaelic di tahun 1930an, tapi hanya tersisa sedikit sekarang ini.

Di Eropa, karakter modern yang masih dikenali dari keluarga bahasa ini dalam penurunan yang dramatis, dibawah pengaruh linguistik negara tetangga, yaitu Inggris dan Prancis. Namun masih dapat diingat bahwa pada abad ke 20-bahasa Celtic sebagai simbol pemersatu bangsa, dan sebagai kunci dari awal masa budaya dan sastra.

Masa-masa Perkembangan

 Awal (Abad ke 5-9)

Sedikit nama dan pahatan dalam Irish Gaelic, Welsh, Breton dan Cornish. Bahasa dari awal masa Irish dipertahankan melalui bahasa tulisan yang dikenal sebagai Ogam

 Tua (Abad 9-12)

Old Welsh, Cornish, dan Breton dapat dibedakan, dengan dasar gloss dan kosakatanya. Hal ini dikarenakan oleh Misionaris Kristen, yang menyediakan kesediaan Old Irish, dan sulit untuk menemukan garis hubungan antara kesusastraan Irish dari jaman Tua dan Pertengahan.

 Middle (abad 12-15)

Meluasnya sastra di Welsh dan Irish, beberapa drama dimainkan dalam bahasa Cornish, dan bagian dari sajak dan drama ditulis dalam Breton. Tidak ada sastra Scots Gaelic, karena awal dari Scots Gaelic ditulis dalam bahasa Irish.

 Modern (abad ke 16-20)

Cornish : sedikit lebih berkembang, bahasa ini mati pada awal abad ke 19

MANX : Sebagian sastra agamawi (Buku Doa Utama diterjemahkan pada awal ke 17), beberapa syair dan lagu pujian. Penduduk Pulau Man adalah penutur bahasa Manx sampai abad ke 18. Pada awal abad ke 20 masih terdapat 5000 penutur, namun penutur terakhir bahasa tersebut mennggal di akhir tahun 1940.

 BRETON : Periode perkembangan utama, mulai dari abad ke 17, memimpin ke era ortografi yang baru, beberapa grammar, dan sebagian besar karya drama, legenda, dan syair. Pergerakan linguistik yang kuat dimulai pada tahun 1890, dimana bahasa Breton diakui sebagai mata pelajaran resmi pada tahun 1950.

 IRISH GAELIC

Irlandia merupakan penutur Gaelic satu-satunya sampai abad ke 17, namun karena dominasi bahasa Inggris dan efek musim paceklik dan emigrasi, menuju kemunduran drastis. Pada tahun 1981 dilakukan sensus dan ditemukan sekitar 5000 orang merupakan monolingual bahasa Irish dan sekitar satu juta orang penutur bahasa Inggris dan Irish. Undang-undang menetapkan bahasa Irish sebagai bahasa resmi pertama. Gaelic diajarkan di sekolah-sekolah sejak tahun 1922, dan standart grammar telah dikembangkan, seiring dengan perkembangan atau reformasi untuk sistem pengucapan yang rumit. Sekarang ditandai terdapat tanda-tanda kebangkitan kembali bahasa dan sastra bahasa tersebut.

 Scottish Gaelic

Terdapat periode utama dalam sastra puisi di abad ke 18, namun standar bahasa tulisan tidak berkembang sampai penerjemahan Bibel di tahun 1801. Masih digunakan di daerah barat, terutama di kepulauan dan bagian dari Highlands, dan sekarang ini menarik minat nasionalis yang kuat, namun penurunan dalam jumlah yang stabil pada abad akhir2 ini.

 Wales

Wales merupakan monoglot (orang yang mengerti satu bahasa saja) sampai abad ke 18, sampai undang2 persatuan dengan Inggris 1536 memimpin ke penurunan drastis dalam jumlah penutur bahasa Welsh.

Ringkasan Bab 52 The Cambridge Ensiklopedia of Language, second edition, David Crystal 



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted October 8, 2012 by intan rawit in category "Just Something Personal

3 COMMENTS :

  1. By live streaming on

    Undang-undang menetapkan bahasa Irish sebagai bahasa resmi pertama. Gaelic diajarkan di sekolah-sekolah sejak tahun 1922, dan standart grammar telah dikembangkan, seiring dengan yalla shoot perkembangan atau reformasi untuk sistem pengucapan yang rumit. Sekarang ditandai terdapat tanda-tanda kebangkitan kembali bahasa dan sastra bahasa tersebut.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *