October 21

Weekly Photo Challenge : Silhouette

Son and Dad
playing in the sunset

Iseng-iseng ikutan weekly challenge yang temanya shiloutte. Saya selalu suka dengan foto-foto shiluette seperti ini, rasanya lebih artistik aja gitu dan kesannya dalam bok. Hehe, foto ini hasil jepretan sahabat saya, Mas Khaerul Basyari alias Ruli waktu kami ngebolang ke Lombok bareng teman-teman lain juga. Lokasi dari foto siluet tersebut adalah di pantai Senggigi, Mataram, NTB.

Hmmm…really miss those moment.

Semoga bisa kembali menginjakkan kaki di pulau seribu masjid itu…Kapan ya?? 🙂

October 19

Teori Asal Mula Bahasa

Hmmm dapat pencerahan lagi nih setelah baca buku Gorys Keraf “Linguistik Bandingan Historis”. Saya baru tahu ternyata selain teori Big-Bang, teori awan panas, dan teori-teori asal mula terjadinya galaksi ini ada juga teori tentang asal mula timbulnya bahasa. Banyak teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli yang saling melengkapi, mendukung atau bahkan bertolak belakang satu sama lain.

Continue reading

October 18

I’m on stage!

Whoops 🙂

Jangan salah paham yah, I’m not an entertainer nor an artist, jadi saya tidak bisa menari atau menyanyi untuk bisa tampil di atas panggung. Nanti kalau saya menyanyi bisa-bisa toiletnya antri semua, haha. Pokoknya kalau disuruh nyanyi ya pas-pasan aja lah ya, fals banget juga nggak, bagus juga kagak! Apalagi nari coba?

Trus ngapain dong di atas panggung?

Delivering a welcoming speech for UAD foreign students

Yeaaah…

I’m delivering my speech!

Continue reading

October 15

Tolooong…anakku ga mau gosok gigi!

Barusan bewe ke tempatnya Emma di Amrik sonoh ternyata baru tau mas Arman lagi galau tingkat dewa soalnya Emma lom tumbuh giginya satupun. Wow! Yah ga surprise-surprise amat sebenarnya karena saya tau tiap anak pasti fase tumbuh kembangnya berbeda.

Anakku sama juga umurnya 15 bulan, dan yang bikin galau adalah rambutnya yang masih botak!oww, padahal udah saya cukur sendiri waktu dia tidur katanya biar tumbuh harus sering dicukur. Lha ini?dicukur malah ga nongol-nongol rambutnya. Tiap hari udah dikasih minyak rambut sih yang ada sledrinya ituh. Tapiiii?kapan rambutmu bisa lebat kayak teman-temanmu nak?

Duh mulai lagi deh banding-bandingin. Dasar emak-emak.

Continue reading

October 14

Mau Pintar?Ayo Main ke Taman Pintar

Happy Weekend!

Sudah dua minggu ini kami sekeluarga mengarahkan tujuan weekend ke daerah sekitar malioboro. Tapi tidak ke Mall atau ke jalan Malioboro lho ya, jangan tanya pasti muacetnya parah kalau hari minggu belum orangnya tumplek blek di sana semua jadi kurang pas kalau jalan-jalan bawa anak kecil kesana.

Setelah Uways bisa jalan sendiri, kira-kira umur 14 bulan kemarin bisa jalannya. Kerjaannya tidak lain dan tidak bukan adalah jalaaan terus, di rumah aja sampai pusing liat dia mondar-mandir kesana kesini muter-muter jalan teruss. Rutenya ke kamar trus muterin ruang tengah, ke ruang tamu, bolak balik sampai capek sendiri. Haha lucuuu banget mana sekarang udah mulai manjat-manjat lagi hobinya. Continue reading

October 8

Sejarah Sebuah Keluarga Bahasa INDO-EROPA : CELTIC

 Sejarah awal Celtic

Orang Celtic merupakan orang Indo-Eropa yang pertama kali menyebar keseluruh dataran Eropa. Dikenal oleh bangsa Yunani sebagai Kentoi, mereka muncuk di Eropa tengah-selatan sekitar 500 tahun sebelum masehi, yang berbicara dengan bahasa yang telah direkonstruksi yaitu Common Proto Celtic. Mereka menyebar hampir ke seluruh Eropa, yang terjauh mencapai Laut Hitam dan Asia Minor, Barat Daya Spanyol, Tengah Itali dan di seluruh Inggris. Kebudayaan mereka dikenal sebagai LA TENE (dinamai oleh seorang ilmuwan dari Swiss). Continue reading

October 7

RUMPUN BAHASA INDO-EROPA

 BAB 51 RUMPUN INDO-EROPA

Siapa sajakah penutur Indo-Eropa?

 Bukti-bukti arkeologis menunjukkan keberadaan populasi seminomaden yang hidup di padang rumput daerah selatan Rusia sekitar 4000 tahun sebelum Masehi. Orang-orang dalam populasi tersebut biasa disebut sebagai ‘Kurgan’. Nenek moyang dari Kurgan ini tidak diketahui, meskipun terdapat beberapa kesamaan diantara Proto-Indo_Europian dan keluarga bahasa Uralis.

Terdengar seperti apakah Proto-Indo-Europian? Continue reading

October 5

Rumpun Bahasa

Nama : Intan Rawit Sapanti

NIM : 12/339581/PSA/07324

Mata Kuliah : Linguistik Historis Komparatif

Ringkasan Bab 50 & Bab 51 Ensyclopedia of Language

BAB 50 RUMPUN BAHASA

Berawal dari anggapan bahwa semua bahasa di dunia ini memiliki hubungan, ilmu pengetahuan dan para ilmuan mencoba untuk menguak sejarah dari bahasa-bahasa yang ada di dunia ini dimulai dari akhir abad ke 18. Para peneliti mulai menganalisa dan membandingkan sejumlah grup bahasa dengan cara yang sistematik dan detail untuk membuktikan ada tidaknya keterkaitan diantara mereka. Jika hal tersebut dapat dibuktikan maka dapat dikatan bahwa semua bahasa-bahasa di dunia ini berasal dari induk yang sama, meskipun bahasa tersebut telah punah. Continue reading