Ayo Bangkit dan Temukan Jati Dirimu wahai Pemuda!

Posted: May 24th, 2012 | Author: | Filed under: Just Something Personal, Ngontes Yuk | 8 Comments »

Pemuda.

Hal apakah  yang terlintas pertama kali saat anda mendengarnya?

ABG (Anak Baru Gede) merupakan istilah gaulnya. Muda, energik, semangat menggelora, kreatif, inovatif, pembelajar, adalah kesan positif  yang  diberikan oleh para pemuda atau ABG masa kini. Masa-masa muda yang hanya sekejab bisa mereka manfaatkan dengan mengeksplorasi diri sebaik-baiknya dengan kegiatan dan sifat yang positif.

Tapi apa jadinya kalau para ABG atau pemuda bangsa tersebut terjangkit virus yang lagi ngetren. Virus yang bisa bikin bimbang, resah dan gelisah penderitanya ini biasa dikenal dengan sebutan ‘GALAU’. Meskipun arti  sebenarnya di kampus adalah sibuk beramai-ramai.

Coba lihat dalam jaringan sosial anda, berapa banyak teman anda yang masih berstatus abegeh (anak baru gede) menuliskan status-status yang isinya bergalau ria, mengeluh, mengutuki keadaan, menyalahkan orang lain, marah-marah ga jelas, pokoknya sebagian besar menularkan energi negatifnya di jejaring sosial.

Apa sih penyebab muda-mudi kita sering dilanda kegalauan?

1. Belum ditemukannya jati diri

Bahwa konsep  ‘aku’ ini siapa? Bagaimana kepribadianku?Apa Kelebihanku? belum jelas, masih terombang-ambing di lautan yang tak bertepi.

2.  Kurang percaya pada diri sendiri.

Sering merasa tidak punya kelebihan apa-apa, sibuk meratapi kekurangan yang dipunyai. Kenapa suaraku tidak bagus? Kenapa wajahku ga ganteng? *dari sononya kali! haha..kenapa ini kenapa itu, sampai lupa mencari kelebihan apa yang dimiliki.

3. Kurang pergaulan

Ketidakpercayadirian yang dimiliki akan menjadi penghambat seseorang terutama para pemuda dalam pergaulan. Sering kali merasa minder sehingga lebih memilih untuk menarik diri dari pergaulan.

4. Tidak ada aktivitas positif

Mengurung diri atau malah luntang lantung menghabiskan waktu untuk aktivitas yang ga jelas membuat pemuda pemudi susah menemukan jati diri sebenarnya.

5. Terlalu banyak pengaruh dari teman-teman/ kelompok.

Pengaruh peer group dari teman-teman yang begitu kuat sehingga seringkali melawan kata hati nurani untuk mengikuti mainstream.

Yuk kita usir si galau dengan cara-cara berikut ini

1. Temukan Jati Dirimu!

Gimana caranya? Kemana nyarinya biar ketemu sama makhluk satu ini? Milikilah pergaulan yang positif, teman-teman yang baik, lingkungan yang baik. Jangan lupa ikuti banyak kegiatan positif, misalnya berorganisasi, kepanitiaan, berolahraga, dan lain sebagainya. Kegiatan di sekolah kan banyak banget! Mulai dari Paskibra, pecinta alam, ekskul basket, pramuka atau bahkan karang taruna di desamu.  Semakin banyak kegiatan dan orang yang ditemui, maka pengalaman dan kedewasaan kita akan terbentuk.

2. Kembangkan Minat Bakat dan Asah Kemampuanmu!

Temukan apa yang menjadi kelebihanmu, sesuatu yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Misalnya, kamu punya kelebihan dalam bidang olahraga, seni, akademis, atau menulis? Kalau sudah ketemu, kembangkanlah dan asahlah! Caranya bisa ikut sanggar, lembaga kursus atau les privat, atau malah belajar otodidak?Siapa takut!

3. Ikuti Event-event perlombaan di bidangmu.

Sudah merasa bisa menggambar atau berenang di dalam lingkunganmu? Jangan merasa puas dulu! Ukur kemampuanmu dengan mengikuti perlombaan. Dimulai dari tingkat yang paling kecil, misal tingkat sekolah lalu antar sekolah, antar propinsi, dsb. Perlombaan bisa memberikan pengalaman dan pembelajaran, kalau menang alhamdulillah, belum menang ya harus berani coba lagi. Siapa tau kamulah atlet, seniman, peneliti, atau calon professor di masa mendatang? Who knows?

4. Pupuk Semangat dan Kepercayaan dirimu!

Jangan biarkan siapapun atau apapun menghalangimu untuk menjadi percaya diri. Selalu katakan pada diri sendiri bahwa ‘AKU PASTI BISA’ kalau masih susah meyakinkan diri sendiri, boleh dengerin lagunya Citra Skolastika ya di radio pagi-pagi supaya bisa semangat sepanjang hari. Ganbatte!

So, hari gini masih pada GALAU?? GAK LAH YAUUWW…

AYO BANGKIT DAN TEMUKAN JATI DIRIMU! WAHAI PEMUDA PENERUS BANGSA!

Artikel ini diikutsertakan pada kontes Unggulan Indonesia Bangkit di Blogcamp



8 Comments on “Ayo Bangkit dan Temukan Jati Dirimu wahai Pemuda!”

  1. 1 Shohibul Kontes said at 5:49 pm on May 24th, 2012:

    Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

  2. 2 bintangtimur said at 7:31 pm on May 24th, 2012:

    Horeee…Intan ikutan lomba di blog Pakde ya!
    Saya sependapat Intan, kalau para pemuda/i Indonesia harus memiliki semangat juang dan tanggung jawab yang tinggi untuk masa depannya. Jangan gampang putus asa plus tebarkan empati pada masyarakat yang ada di sekitarnya…

    Apa kabar, Intan?
    Sehat-sehat kan?
    Duh, maaf ya, saya lama banget nggak kesini…hehe, lama nggak ngeblog juga soalnya :D

  3. 3 tomi said at 1:13 am on May 26th, 2012:

    lama gak kesini mba.. langsung disuguhi tulisan indonesia bangkit…

    saya akan bangkit tapi ….. klo bangkit sendiri dan lainnya enggak ya sama aja :D

  4. 4 intan rawit said at 3:34 am on May 26th, 2012:

    @ Pakdhe: Terimakasih pakdhe!

    @ mb irma : mb irmaaaaaaaa apa kabar? Sehat2 saja kami sekeluarga, semoga mb irma, dan keluarga juga selalu diberikan kesehatan oleh-NYa..hihi..iya ni mb q jg baru bangun dari tidur panjang..ah ternyata dunia blogging kembali memanggilq tuk kembali, haha

    @Tomi : Ayoo semangattt!! Mulailah dari diri sendiri dan dari hal yang paling kecil. Jiayou!

  5. 5 nique said at 11:44 am on May 26th, 2012:

    klo kata bapa saya, intinya cuma 1 KENALI DIRIMU!
    klo udah kenal, selanjutnya mudah sekali.

    semoga berjaya di kontesnya pakde ya mbak :)

  6. 6 intan rawit said at 5:13 pm on May 26th, 2012:

    @nique : Iya mbak benerrr sekali! setujuhh…hehe..makasih mbak ni

  7. 7 ardiansyah P Darwis said at 8:35 pm on May 26th, 2012:

    mereka tidak mengisi hidupnya dengan hal-hal yang bermanfaat, setuju banget sama yang diatas, dan terutama mereka jauh daru tuhannya :)

    salam kenal dari Bandung :D

  8. 8 intan rawit said at 12:11 am on May 27th, 2012:

    yah walaupun tidak semuanya begitu mas, banyak juga sih anak-anak muda yang berprestasi di masa mudanya.

    Salam kenal juga dan makasih sudah berkunjung :)

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.


Leave a Reply


  • 9 + two =