Mainan anak

Hati-hati dan waspadailah  mainan anak anda!

Hadeh ada apa lagi ya sama mainan-mainan anak ini. Baru aja sempat liat berita sudah disuguh dengan berita yang kurang mengenakkan, khususnya bagi para orang tua yang sedang memiliki bayi/balita.

Ternyata baru-baru ini ditemukan banyak sekali zat-zat berbahaya di mainan-mainan anak, terutama yang diimpor dari negara tirai bambu, China. Zat yang berbahaya bagi kesehatan anak seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr) telah ditemukan pada beberapa mainan edukatif seperti   sempoa, kereta, sejumlah puzzle, balok ukur berwarna, balok rumah-rumahan, rumah hitung kayu serta kotak pos, dimana semua mainan tersebut menggunakan cat pewarna.

Waduuuuhhh…gimana dunks, saya kemaren baru aja borong banyak banget mainan yang berwarna-warni, mencolok mata banget deh! Ada bola-bola warna kuning ngejreng, kodok-kodokan warna oranye, ayam plastik yang kalo dipencet bunyi petok-petok sama drum kecil. Duh bahaya ga yah?Sering dimasukin ke mulut juga sama uways soalnya.

Trus ciri-ciri kalau mainan tersebut berbahaya atau ga gimana taunya ya?Menurut berita di RCTI tadi sih mainan yang warnanya terlalu menyolok dan juga berbau khas itulah yang harus diwaspadai, ya kalau bisa ga usah dibeli sekalian ya daripada anak kita jadi korban. Emang sih harganya murah banget, Rp 5.000 sampai Rp 20.000,00 sudah bisa dapat mainan dengan varian yang beragam.

Bahaya Jangka Panjang

Kenapa bola plastik kalau dijemur lama kelamaan warnanya bisa pudar?Karena elemen timbal pada cat bola tersebut terurai, berpindah elemennya, dari bola ke udara. Bayangkan kalau zat tersebut masuk ke saluran pernafasan anak?Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker, gangguan pernapasan dan juga kelumpuhan pada anak. Jangka pendeknya anak bisa terkena gangguan saluran pernafasan atau asma.

OMG!Ngeri banget ya?

Trus mainan yang sehat dan aman buat anak dan balita apa dong?Padahal mainan juga penting untuk perkembangan motorik halus dan kasar anak. Menurut beberapa sumber yang saya baca dari hasil blogwalking tadi, bahan yang paling aman itu yang berbahan dasar kayu, kalaupun menggunakan cat pewarna harus ada label yang sudah memenuhi standar keamanan mainan anak.

Solusi berikutnya adalah membuat sendiri mainan anak. Duh kok kesannya ribet banget ya?hehe..

Atau ada yang punya ide lain tentang mainan aman dan sehat untuk anak?

8 thoughts on “Mainan anak

  1. jadi kesimpulannya (mungkin, sok tau nih) >> jangan korbankan kesehatan anak dengan mainan import murah, dan selalu teliti sebelum membeli…
    saran saya sih (kalo bisa, hehehe) >> kembali ke mainan tradisional n buat mainan sendiri, sedikit ribet tapi dapat melatih daya pikir anak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>