Mainan anak

Posted: February 12th, 2012 | Author: | Filed under: Baby Uways, Mom's diary | 8 Comments »

Hati-hati dan waspadailah  mainan anak anda!

Hadeh ada apa lagi ya sama mainan-mainan anak ini. Baru aja sempat liat berita sudah disuguh dengan berita yang kurang mengenakkan, khususnya bagi para orang tua yang sedang memiliki bayi/balita.

Ternyata baru-baru ini ditemukan banyak sekali zat-zat berbahaya di mainan-mainan anak, terutama yang diimpor dari negara tirai bambu, China. Zat yang berbahaya bagi kesehatan anak seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr) telah ditemukan pada beberapa mainan edukatif seperti   sempoa, kereta, sejumlah puzzle, balok ukur berwarna, balok rumah-rumahan, rumah hitung kayu serta kotak pos, dimana semua mainan tersebut menggunakan cat pewarna.

Waduuuuhhh…gimana dunks, saya kemaren baru aja borong banyak banget mainan yang berwarna-warni, mencolok mata banget deh! Ada bola-bola warna kuning ngejreng, kodok-kodokan warna oranye, ayam plastik yang kalo dipencet bunyi petok-petok sama drum kecil. Duh bahaya ga yah?Sering dimasukin ke mulut juga sama uways soalnya.

Trus ciri-ciri kalau mainan tersebut berbahaya atau ga gimana taunya ya?Menurut berita di RCTI tadi sih mainan yang warnanya terlalu menyolok dan juga berbau khas itulah yang harus diwaspadai, ya kalau bisa ga usah dibeli sekalian ya daripada anak kita jadi korban. Emang sih harganya murah banget, Rp 5.000 sampai Rp 20.000,00 sudah bisa dapat mainan dengan varian yang beragam.

Bahaya Jangka Panjang

Kenapa bola plastik kalau dijemur lama kelamaan warnanya bisa pudar?Karena elemen timbal pada cat bola tersebut terurai, berpindah elemennya, dari bola ke udara. Bayangkan kalau zat tersebut masuk ke saluran pernafasan anak?Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker, gangguan pernapasan dan juga kelumpuhan pada anak. Jangka pendeknya anak bisa terkena gangguan saluran pernafasan atau asma.

OMG!Ngeri banget ya?

Trus mainan yang sehat dan aman buat anak dan balita apa dong?Padahal mainan juga penting untuk perkembangan motorik halus dan kasar anak. Menurut beberapa sumber yang saya baca dari hasil blogwalking tadi, bahan yang paling aman itu yang berbahan dasar kayu, kalaupun menggunakan cat pewarna harus ada label yang sudah memenuhi standar keamanan mainan anak.

Solusi berikutnya adalah membuat sendiri mainan anak. Duh kok kesannya ribet banget ya?hehe..

Atau ada yang punya ide lain tentang mainan aman dan sehat untuk anak?


8 Comments on “Mainan anak”

  1. 1 nique said at 7:36 am on February 12th, 2012:

    mumpung blom punya anak, saya mau menyimak dulu aja deh, sambil menyiapkan catatan hehehe

  2. 2 intan rawit said at 7:58 am on February 12th, 2012:

    hehe…pusing juga nih jadi emak-emak jaman sekarang, harus pinter memilah dan memilih barang apapun untuk anak.

  3. 3 MENONE said at 9:45 am on February 12th, 2012:

    ga makanan ga minuman ga obat ga mainan semua ga ada yg amannnnnnnnnn……

  4. 4 Imelda said at 8:37 pm on February 12th, 2012:

    mainan dari kain, asal rajin-rajin di cuci. Bahan handuk yang paling aman :) solusi lain : menghindari mainan dari cina :D hehehe

  5. 5 adiarta said at 1:34 pm on February 24th, 2012:

    jadi kesimpulannya (mungkin, sok tau nih) >> jangan korbankan kesehatan anak dengan mainan import murah, dan selalu teliti sebelum membeli…
    saran saya sih (kalo bisa, hehehe) >> kembali ke mainan tradisional n buat mainan sendiri, sedikit ribet tapi dapat melatih daya pikir anak…

  6. 6 baju bayi said at 6:56 pm on March 29th, 2012:

    ga makanan ga minuman ga mainan juga. semua barus lebih hati-hati lagi. banyak mengadung zat yang berbahaya.

  7. 7 aminuddin said at 3:12 pm on May 31st, 2012:

    wah ngeri juga ya… tapi pasti ada mainan yang aman dan mencerdaskan, kunjungi web mainannku yaa mainan anak

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  8. 8 onlyprint said at 3:30 pm on June 4th, 2014:

    Kira kertas aman tidak ya,,, katanya banyak mengandung pemutif..


Leave a Reply