February 4

Uways first baby food

Minggu, 5 Februari 2012

Satu hari menjelang 7 bulannya Uways. Pas sudah satu minggu ini uways kena flu mulai dari panas demam, pilek, bersin-bersin, batuk berdahak pula. Satu sembuh, gantian deh sakit yang lain. Sekarang sih tinggal meler-meler dikit sama batuknya alhamdulillah udah juga berkurang. Seharian tadi juga udah mulai lincah dan ceria lagi seperti biasa. Lekas sembuh ya nak!

Menurut orang-orang tua jaman dulu, kalau bayi sakit itu pertanda mau tambah kepandaian dan kepintarannya, percaya ga?Yah percaya-percaya ajalah hehe.. n. Mudah-mudahan setelah ini uways bisa merangkak atau nambah kepandaian yang lain ya, amiiin. Atau memang karena cuaca sekarang yang lagi ga ngenakin banget makanya jadi sakit.

Oya kali ini saya mau share tentang MPASI Uways yang udah berjalan satu bulan ini. Dulu, waktu sebelum ngasih MPASI (Makanan Pendamping ASI) saya sempet riset dulu dengan bertanya ke paman google dan juga blogwalking ke beberapa blognya Ibu-Ibu yang udah sukses duluan ngasih MPASI *halah gaya!Eh, tapi beneran ini penting dan perlu dilakukan emak-emak yang mau kasih makanan pertama ke anak-anaknya, karena ada  beberapa fakta yang baru saya temukan dan itu ternyata beda banget dengan saran neneknya Uways .

NO INSTANT FOOD !

Ini adalah aturan dasar yang harus diikuti. Dari awal sebaiknya kita sudah terbiasa menyiapkan sendiri makanan untuk bayi kita, dimulai dari memilih bahan makanan yang segar dan bergizi tinggi dan juga memasaknya. Sebisa mungkin kita menjauhi yang namanya bubur bayi instan. Bikin sendiri juga gampang banget kok!.Tinggal beli tepung beras organik dengan berbagai macam rasa (Beras Merah Wangi, Kacang Ijo, Pisang, dll) diseduh air panas lalu dimasak beberapa menit jadi deh bubur. Setelah itu bisa ditambahkan ASIP/susu formula atau jus buah (Pear/Apel)–dikukus dulu ya! Jadi deh bubur bayi yang sehat, lezat dan bergizi tinggi tentunya.

SAYUR vs BUAH

Penting juga untuk mengetahui buah-buahan dan sayur apa saja yang sudah bisa diberikan ke bayi. Kalau menurut saran neneknya sih bayam dan wortel udah bisa dikasih untuk bayi 6 bulan. Tapi setelah gugling, ga diperbolehkan dulu untuk bayi usia 6 bulan karena kandungan nitratnya tinggi. Ow! Sayur yang udah uways coba sih baru buncis doang, caranya masaknya dikukus dulu lalu diblender dan dicampur ASIP supaya encer. Kalau buah-buahan Uways udah coba alpukat, apel, pear, pepaya sama pisang dan semuanya suka! Habis manis kayak ibunya, hehe…

TAHAPAN PENGENALAN MAKANAN PADAT : Karbohidrat, Sayur, or Buah duluan ya?

Sempet bingung juga, karena banyak sekali aliran dan sumber yang tersedia. Menurut http://wholesomebabyfood.momtastic.com/ baiknya mengenalkan buah-buahan dulu sebagai first baby food karena kandungan gizi dan vitaminnya. Tapi ada juga emak-emak yang mengeluh bayinya ga doyan makan sayur karena dikenalin sama buah-buahan dulu. Ada juga yang bilang dikenalkan sama karbohidrat dulu. Akhirnya saya pilih menganut paham di bawah ini:

First week : Pengenalan karbohidrat (tepung beras Merah, tepung gasol kacang ijo, tepung gasol pisang)

Second week : Pengenalan sayur ( baru buncis, hehe)

Third week   : Pengenalan Buah (Pepaya, Alpukat, Pisang, Pear dan Apel)

Meski pada prakteknya sih ga monoton seperti itu, tiap hari di padu-padan aja. Misal : Pagi : Bubur Beras Merah+Jus Pear , Siang: Puree pepaya/alpukat, Sore: Bubur Kacang Ijo+Jus Pear. Menu untuk satu bulan bisa diganti-ganti untuk variasi dan anaknya juga biar ga bosan.

Semoga bermanfaat buat ibu-ibu yang akan memberikan MPASI pertamanya, seru banget ya! Akhirnya bisa nyuapin anak sendiri, walau awal-awal pasti anaknya cuma mau dikit-dikit aja abis itu pipinya cemong-cemong kena bubur karena usil gerak terus, hihi.

Pertanyaan postingan ini : What’s your first baby food?

Buat yang belum punya anak, boleh deh tanya mamanya, dulu pas bayi makanan pertamanya apa, hehehe..