.entry-content p { text-align: justify; }
June 8

Membasmi si Kutu, yucks!

Menarik? silahkan berbagi..

Hatchyyyyyyyyyyyyyyyyymmm…..

Wiiih, dah lama banget ga nengok ni rumah, dah hampir sebulan lebih kayaknya. Gile, debunya bo! Langsung bikin bersin deh.

Kotor?ga sah ditanya deh, liat tuh di langit-langit, sarang laba-labanya dah banyak banget!hiii..kayak rumah hantu tak berpenghuni aja. Apalagi liat lantainya, idihh jorok abis!

Kemane aje cyn…?

Jujur, alasan sebenar-benarnya hibernasi dari dunia blog adalah rasa malas yang menghinggap dan juga  ketidakadaan waktu dan tenaga karena disibukkan oleh urusan penting negara (baca: urusan dapur & rumah tangga, red) hehe.  Maklumlah saya kan baru aja memulai karir sebagai ibu rumah tangga, dan itu dari nol! Maksudnya saya ga ada sama sekali keahlian memasak, menata rumah dan juga bersih-bersih. Ga ada keahlian or ga ada niat ya?hehehe…

Dan sekarang ga ada alasan lagi buat saya untuk terus berleha-leha. Saya harus mulai belajar dan juga bekerja sebagai seorang calon ibu. Ga mau dong, rumah saya juga ikut2an berdebu kayak sarang hantu, suami dan anak saya kurus kering karena ga doyan makan. Jadinya ya beberapa waktu lalu saya fokus belajar, praktek masak, bersih-bersih rumah, dan belajar memanage keuangan keluarga.

Fiuuh…

Sebenarnya, ada sebuah peristiwa memalukan yang benar-benar membuat saya terpacu untuk lebih rajin bersih-bersih rumah. Ga tau deh, apakah di rumah teman-teman blogger pernah mengalami hal yang serupa apa ga.

RUMAH SAYA BERKUTU!

Hah?Nyang bener aja lo ntan, kayak rambut aja, kok kutuan. Hihi, jadi ingat dulu waktu kecil, rambut saya juga kutuan, dan tiap pulang sekolah pasti jadi target  berburu bulek-bulek (bibi-bibi) saya. Biasanya tiap saya pulang, mereka udah siap dengan peralatan tempur mereka (tutup panci) dan dengan tanpa ampun memburu kutu dan anak cucunya setelah itu dibantai diatas tutup panci. Mereka pun akan puas ketika kutu dan anak2nya mengeluarkan bunyi ketika digites (digencet pakai kuku)  “klethass!” hiii..

Hayooo ngaku siapa yang dulu juga pernah kutuan?xixixi..kalo di Jawa kegiatan ini dinamakan “Petan” atau berburu kutu rambut. Eits, jangan ngece dulu, rasanya nikmat banget looh. Pas kulit kepala lagi gatel-gatelnya, langsung deh para pemburu kutu dengan ganasnya akan mencari di setiap sudut kepala dan menarik-narik batang rambut kita untuk mengambil kutu-kutunya. Wiiih..mancaaapp… *jadipengenkutuanlagi, wwkkk..

Masih belum lupa dong sama bentuknya makhluk imut ini, cekidot

Tapi, kemarin ini rumah saya bukannya diserang kutu rambut. Tapi kutu loncat sodara-sodara! Itu lho, kutu yang bentuknya keciiil banget yang  suka gigit tapi  kalau mau kita gites malah lompat dengan kecepatan cahaya. Susah diburunya!

Menurut wikipedia, kutu loncat merupakan serangga kecil anggota Psylldae, hidup dengan memakan cairan tumbuhan. Tapi kok doyan juga ya sama darah manusia? Pokoknya habis kena gigit kutu ini, rasanya guatellll banget! suami dan adik ipar saya kena scabies, kulitnya jadi kemerahan dan meninggalkan bekas akibat gigitan kutu loncat tadi.

Ni dia penampakannnya

Parahnya, tempat yang paling banyak kutunya adalah kamar tidur! OMG..kebayang kan, lagi ngantuk-ngantuknya pengen tidur, ee tiba-tiba mak clekittttt…aww..kena gigit kutu. Kami pun jadi sibuk berburu kutu, pernah disemprot tapi ga gitu mempan, digites ga mati-mati, akhirnya suami mengeluarkan senjata ampuh, jreng2..setrika panas! Wuahaaha..jadilah dia tukang jagal kutu bersenjatakan setrika, setiap liat makhluk item kecil di kasur langsung aja hap! Disikat dan disetrika sampai gepeng tu kutu.

Tapi cara itu tidak bisa membasmi kutu dan kroni-kroninya. Kami harus mencari sumber dan sarang kutunya dulu. Setelah berdiskusi panjang lebar dengan suami, kami pun mendapat beberapa kemungkinan sumber kutu. Pertama, rumah kami yang jorok. Kedua, rumput-rumput dan ilalang di belakang rumah yang belum sempat dipotong.

Aku akui sih, emang lantai rumahku jarang dipel, paling seminggu sekali. Dan tiap hari hanya aku sapu aja. Hohoho, ketauan deh malesnya. Nah berhubung kita dah ada proker pembasmian kutu, langkah pertama yang dilakukan tentu saja bersih-bersih rumah setiap hari. Nyapu, ngepel. beres-beres gudang. Bahkan ada yang menyarankan, ngepelnya harusnya pakai campuran detergen, bayclin, minyak tanah dan wipol.

Langkah kedua, menyiangi rumput di belakang dan di depan rumah.

Langkah ketiga, mencuci semua baju dan sprei dengan air panas.

Langkah keempat, basmi kutu dengan setrikaan.

Dan, tarraaaaaaaaaa….setelah 2 minggu berperang dengan si kutu loncat yang super njengkelin ini, akhirnya si kutu mengibarkan bendera putih dan mundur teratur dari arena peperangan. Huahaha…akhirnya rumah kami jadi kinclong, bersih, wangi dan tentunya bebas kutu! *Banggamodeon.

Yah begitulah teman-teman kesibukan saya akhir-akhir ini, 🙂 dan sekarang saya udah kangennnnnnnn berat sama dunia blogging, dan teman-teman blogger semuanya! Semoga semuanya dalam keadaan sehat, dan tidak kurang suatu apa. Amiin….

Saatnya bersilaturahmi lagi dengan blogwalking..

Upss…bersih-bersih rumah yang satu ini dulu deh sebelum bertandang ke rumah orang. Hahha..

Say goodbye sama kutu dulu aaah…

Bye3 kutuuuu…hahhaa

foto dari sini,sini, dan sini




Posted June 8, 2011 by intan rawit in category "Just Something Personal

63 COMMENTS :

  1. By eci on

    mb, kok g da foto bekas kemerahan di kulit yang bekas gigitan si kutu loncat?

    Reply
  2. By intan rawit (Post author) on

    wakakka….aku ga kena kok ci..kutunya ga doyan ma darahku kali ye..tu si adik ipar ma mas manda badannya merah2..malah sempet ke dokter jg tu si adek gara2 tangannya merah2..hahaha

    Reply
  3. By Lidya on

    aku gatel walau cuma lihat foto kutu 😉
    sama2 dari nol kok,bisa google aja

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahaha…apalagi kena gigit ya mbak..awww…sensasinya luar biasa..hihi..iya mba, untuk memasak mah tinggal googling aja asal ada niat untuk belajar dan mencoba..hehe

      Reply
  4. By melly on

    Ihhh mba Intaan joroooook
    hahahaha
    kalau aku mah paling seneng klo disuruh bersih2.
    dan merinding klo ngeliat kepiding.

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahahha…ya beginilah aku mel..super jorok..hihi..tapi gpp berkat adanya si kutu, aku jadi rajin bersih2 sekarang, haha. wah kalo kepiding tu ngeri lagi, kutu busuk yang suka ngumpet di bawah kasur ma sofa to?yeks..baunya jg minta ampun kalo digites..hii

      Reply
  5. By ruli on

    jyahahaha…..ngakak aku baca tulisanmu intan…. lumayan, penyegar di kantor. hehehe XD

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahaha…pasti ketawa2 geli bayangin dulu pas jaman mb kutuan ya..tumonen..kalo orang jawa bilang..hihi

      Reply
  6. By bintangtimur on

    Hehehehe…waktu kecil dulu kutuan itu hal yang wajib, Intan!

    Masih kebayang betapa senengnya saya kalo rambut saya dibolak balik buat nyari kutu, rasanya enak dan bikin ngantuk 😉

    Oh, oh, ternyata gitu to ceritanya?
    Jadi bersih dong rumah Intan sekarang, boleh dong saya berkunjung…

    Intan, selamat menikmati profesi baru, jadi ibu rumah tangga itu mesti multi talenta, hihihi, bisa masak, beres-beres, ngurus suami dan anak daaan…membuat nyaman seisi rumah 😀

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahahha…btw anak jaman sekarang tu pada kutuan juga ga yah mb..hihi..

      tuh kaaan, pasti jadi pengen kutuan lagi..hehe..rasanya ngalah2in dipijitn yah mb.hihi

      Beneran lho ya mba..kalo ke jogja mampir ke gubug deritaku yang penuh kutu ini..hehehe..ga kutuan lagi kok..

      Iya mb, walaupun capek dan menguras tenaga tapi sungguh menyenangkan 🙂

      Reply
  7. By arman on

    wuiiii serem ya… ngeliat gambarnya aja jadi ikutan gatel. hehehe.

    yah untungnya sekarang udah gak ada lagi ya kutunya.. mgoa2 gak balik lagi ya… 😀

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahaha…iyaa..iih sumpe deh ga nahan gatelnya..moga aja ga balik2, dah tak pel tiap hari soalnya rumahnya..hehe

      Reply
  8. By @zizydmk on

    Aiiiiihh…
    Jadi merinding lihat kutu itu.
    Dulu saya pernah kutuan juga, waktu kecil di Biak. Biasalah anak-anak di kampung, main kesana kesini jadi ketularanlah. Langsung dibasmi sama mami hehehe…

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahaha..iya mba, kutunya kok suka nular2 gitu, hii..untung jaman sekarang dah ada peditox..hehe

      [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

      Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      alaaah…serem2 mba juga kutuan to duluu???xixixi..ngakuuu..haha

      [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

      Reply
  9. By ichsan on

    wkkwkwk, saya waktu kecil bukan kutu aja mba yg ada di rambut .. sampai telurnya pun nyangkut 😛

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      huaaaaaaa…iyaa..aku juga kok..telurnya enak banget tu kalo digites..haha

      [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

      Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      iya, ngeri plus jijik..hehehe

      [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

      Reply
  10. By niQue on

    idihhh seumur2 baru ini saya melihat kutu yang di-zoom seperti itu 😀 ngaku deh lagi kecil pernah kutuan, tapi g lama, karena si mamak kan paling rajin dan gemes sama penampakan kutu,s ampai ke telor2nya dibabat abis .

    nah kegemasan itu menular ketika para keponakan kutuan juga … langsung deh dibabat abis mpe ngeces saking gemesnya xixixi

    eh kita sama dunk mba? saya juga baru menjalankan fungsi IRT beberapa minggu ini, cuma sebatas masak memasak sih hehehe klo beberes tetep ada bagiannya.

    ywd tar klo ke jogja tak mampirnya ya mba Intan 🙂

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      wahaha…saya juga mb..kalo ibu saya ga telaten membasminya, justru bibi2 saya yang paling semangat empat lima..hihi

      wah sama dong kita mb, xixi..Waaa kapan mba maen ke jogja?tak tunggu lho yaaa…xixi

      Reply
  11. By mamah Aline on

    kalo digedein gambarnya, kutu-kutu itu serem juga ya…
    inget film jaman dulu soal ambil kutu khas emak-emak yang berderet ke belakang, apa sekarang masih ada yang kayak gitu ? 😀

    Reply
  12. By NURA on

    ass,
    kutu memang menjengkekan
    sip tuh mba ,bersih2 rumahnya agar kutu ngga betah tinggal.

    Reply
  13. By iLLa on

    masa kecil itu ndak seru kalo ndak kutuan, bwahahaha..
    buu.. udah berapa bulan si dedek? semoga lantjar sampe persalinan yuwaaa…

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      apa kabar illa???lama ga dengar kabarnya…hihi bis ni q maen deh ke rumahmu, iya si kecil udah lari2 tuh hehe

      Reply
  14. By Domba Garut on

    Ikut garuk-garuk sambil nggak gatel gitu 😀 trus periksa sana-sini.. merinding jadinya…

    Mudah2an si kutu itu nggak datang lagi ya…

    Reply
  15. By istie on

    mbk cara ngilkangen kutu rambut emg nya gmna cce mb hadduuuhhhh adekqu yg mceh 8thunan banyak kutunya…… xixixixixi

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      ke dokter aja mb minta obat kutu, or pake peditox obat kutu. ada sih cara tradisional, caranya rambutnya dikeramasin pake shampo kan dikucek2 rambutnya abis tu pake handuk putih buat diremasin ke kepala dan rambutnya (jangan dibilas dulu) ntar langsung dehh keliatan kutu2nya nempel di handuk putih itu..

      Reply
  16. By Nircable on

    ooo..
    kami biasa menyebutnya tumila.
    memang makhluk ini kecil-kecil ngeselin…
    bisa gatel secara tiba2 kalau digigit.
    kalau dibantai bau banget badannya

    Reply
  17. By shinka on

    wuih mbak, hal itu sedang terjadi di rumahku saat ini. bedanya sumbernya sdh diketahui pasti, yakni kucing liar+anak2nya yg sempat ngendon slm bbrp minggu di kamar pembantu yg kosong. Dulu kmr pembantu itu pernah kosong slm lbh 1thn tp ga pernah terjadi ada serangan kutu disana. Gara2 sang emak kucing itu ngendon disana, skrg jadi bnyk kutu. Barusan buka jendela kmr tsb, maksud hati agar kutu2 kena srengenge, wuih..baru aja berdiri ddepan jendela kakiku sdh dihampiri ada kali 20 kutu. hiiiiii….geliiiiiii…. plus gateeeellllll…… gimana mo mbasminya?? haruskah bercelana panjang dan berkaos kaki dulu agar para kutu ga langsung menggigit? seandainya lantai kamar disiram air panas, br stlh itu dipel, kira2 ngaruh ga ya?? aku ga mo kena scabies gara2 si kutu2 itu.

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      iya mb itu awal2 gejala scabies…dirumahku gara2 ada kucingnya juga beranak pinak di kebon hiiii,,,disetrika aja mb nyos nyoss,,dipel pake minyak tanah boleh juga dicoba

      Reply
  18. By krismariana on

    wah kutuan? untung seumur-umur belum pernah kutuan. jangan sampai deh. tapi dulu pas kecil, di rumah mbah aku pernah digigit binatang apa gitu. kata bapak sih, binatangnya kecil. mungkin ya kutu itu. gigitnya pas di ketiak. gatelnya nggak ketulungan. sembuhnya setelah dikasih getah pohon. aduh lupa, pohon apa pula itu. semoga nggak ada kutu yg nempel lagi ah…

    Reply
  19. By Hari on

    mbak, gimana klau kutunya kebanyakan berada di pekarangan?

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      pekarangannya yang dibersihkan mas Hari, dicabutin rumputnya, kalau perlu disemprot pake cairan anti kutu

      Reply
  20. By Ernawati on

    iya tuh..
    di tempat kerja saya juga lagi di serang sama kutu loncat…
    dan yang lebih parahnya lagi, saya yang jadi korban….

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      iiiiiiiiiiihhh di tempat kerja mba??unbeliveble yah, harus dibersihkan berarti tu, mb ke dokter aja buat minta saleb anti scabies

      Reply
  21. By imma miut on

    ngomong-ngomong kutunya sih bisa dilihat pake mata nggak?soalnya bangun tidur tau tau badan udah bentol2 merah gitu +gatel banget…gag tau apa yang nggigit ma kapan nggigitnya…gatelnya lama pula..tuh kira kira kutu loncat bukan yah…????

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      bisa mba imma tapi kueeeeeciiii;;; trus kl dipegang loncat2 gt,,ya mungkin juga mba itu kutu loncat

      Reply
  22. By Liona on

    Duhhh.. Ampun deh kalo soal kutu busuk, nakalnya minta ampun. Udah digini gituin masih aja nyerang. Izin mraktekkin tipsnya sob!

    Reply
  23. By donvan on

    Ahhaa..informasi ini..ternyata benar setelah badanku habis bak serangan fajar..dan kadang enggak tau apa..kenapa bangun tidur ataw lagi meditasi (ngelamun sambil melongo..)..badanku merah2..kaya bentol..dan ujungnya kaya ada nanah dikit…adwuuuhh gateeellnyaaa mana panaas rasanya..dan parahnya..kalo udah ada ada acara mr yunipers show (baju minim)..maw berenang..ya ceritanya maw pamerin badan yang cekci (cungkring abis)..bukannya bangga..malah orang pada menghindar..kaya ngeliat orang lg penyakitan lepra..yaaa itu dia liat bekas bentol2 yang menghitam..tapi setelah meting sama pakar2 yaitu para dukun dan pawang kebun binatang..katanya biasanya menyerang sama mahluk yg punya keturunan kulit manis (asalnya aku ke geeran disangka kulitku bagus bak keturunan ningrat..eehh tenyata salah..)..kata orang kulit begitu kalo kena serangga lama sembuhnya dan berbeks lama..(hhaaah merugi..tapi saya beryukur dari pada punya kulit gajah ataw kulit komodo..waah paraah)..ada yg punya tips nggak..obat bila kena si kutu kupret itu apa ya??ada yang tau enggak..masa saya harus saban hari dilumuri badannya pake minyak tanah..mana mahal..dan juga aku kan bikan stunman..kasih tau ya..obatnya..makasiieeh..

    Reply
  24. By tias on

    Wah.., mba…, kebetulan banget aq nemu artikel ini…,
    Belakangan ini juga rumahku kutuan.., ya itu.., super kecil&loncat2…
    Tapi kutu ini munculnya justru setelah aq beres2 rumah.., mungkin terusik kali ya.. ? 😀

    Yang bawa juga sama hewannya.., kucing…,
    Musti berhari-hari dan berulang2 to mba mbersihinnya?

    Sayangnya ni aq belum nemuin sarang kutunya…, ihh… Nyebelin.., rumah udah ditinggal hampir satu tahun sih ya, jadi tempat tinggal kucing beranak tuh.. 🙁
    Tapi Alhamdulillah kucing2nya udah pergi.., dengan meninggalkan kutu loncat.. 🙁

    Reply
  25. By Nelfy on

    Mbak, anak saya sedang mengalami serangan kutu yg gatal itu. Sudah 1 blnan kakinya masi merah2, bengkak dan gatal. Sudah ke byk dokter tp tidak sembuh. Ada caranya bisa untuk menyembuhkannya? Saya sedih melihatnya. Dia baru 22bulan

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      mba @nelfy : oh mungkin rumah dan lingkungan rumah perlu pembersihan total dulu mba, dipel pake minyak tanah lantai rumah dan pekarangan sekitar kalau ada rumput2 liar dibabat semua, disemprot, jendela2 dibersihkan, mudah2an kutunya bisa mati semua mba…sambil minum obat dari dokter juga sih mba…semoga putranya bisa lekas sembuh ya mba

      Reply
  26. By Ajeng on

    Aduuhhhh mba sekarang rumahku lagi diserang sama nih kutu loncat, gara2 kucing tetangga lahir di atas rumahh rasanya beteeee bgt tetangga yg punya kucing kita yg kena imbasnya dan sekarang tuh kucing udah pergi meninggalkan kutu (makin keselll rasanya). Aku dan ibuku sih gatel tp ga berbekas (alias kulit badakkk wkwkwk) tapi itu lohhh suami dan putraku (4th) abis digigit gatel-gatel trus kemerahan bernanah dan bekasnya menghitam aduuhhh sedihnya ngeliat tangan dan kaki pada bopeng-bopeng..
    Tolong masukan dong mba ngilangin tuh kutu kuprettt, kemarin sih sempat seluruh rumah disemprot pake minyak tanah apakah pake itu dia mati? setelah disemprot ilang sihh tp besokannya pas maghrib ada lagi. Aku belom tau tuh sumber ada dimana.. Tolong masukannya ya mba, soalnya beberapa minggu lagi aku mau lahiran anak kedua kan ga lucu masih baby tp kaki dan tangan pada gatel-gatel baby nya.. tks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *