Membasmi si Kutu, yucks!

Posted: June 8th, 2011 | Author: | Filed under: Just Something Personal | 60 Comments »

Hatchyyyyyyyyyyyyyyyyymmm…..

Wiiih, dah lama banget ga nengok ni rumah, dah hampir sebulan lebih kayaknya. Gile, debunya bo! Langsung bikin bersin deh.

Kotor?ga sah ditanya deh, liat tuh di langit-langit, sarang laba-labanya dah banyak banget!hiii..kayak rumah hantu tak berpenghuni aja. Apalagi liat lantainya, idihh jorok abis!

Kemane aje cyn…?

Jujur, alasan sebenar-benarnya hibernasi dari dunia blog adalah rasa malas yang menghinggap dan juga  ketidakadaan waktu dan tenaga karena disibukkan oleh urusan penting negara (baca: urusan dapur & rumah tangga, red) hehe.  Maklumlah saya kan baru aja memulai karir sebagai ibu rumah tangga, dan itu dari nol! Maksudnya saya ga ada sama sekali keahlian memasak, menata rumah dan juga bersih-bersih. Ga ada keahlian or ga ada niat ya?hehehe…

Dan sekarang ga ada alasan lagi buat saya untuk terus berleha-leha. Saya harus mulai belajar dan juga bekerja sebagai seorang calon ibu. Ga mau dong, rumah saya juga ikut2an berdebu kayak sarang hantu, suami dan anak saya kurus kering karena ga doyan makan. Jadinya ya beberapa waktu lalu saya fokus belajar, praktek masak, bersih-bersih rumah, dan belajar memanage keuangan keluarga.

Fiuuh…

Sebenarnya, ada sebuah peristiwa memalukan yang benar-benar membuat saya terpacu untuk lebih rajin bersih-bersih rumah. Ga tau deh, apakah di rumah teman-teman blogger pernah mengalami hal yang serupa apa ga.

RUMAH SAYA BERKUTU!

Hah?Nyang bener aja lo ntan, kayak rambut aja, kok kutuan. Hihi, jadi ingat dulu waktu kecil, rambut saya juga kutuan, dan tiap pulang sekolah pasti jadi target  berburu bulek-bulek (bibi-bibi) saya. Biasanya tiap saya pulang, mereka udah siap dengan peralatan tempur mereka (tutup panci) dan dengan tanpa ampun memburu kutu dan anak cucunya setelah itu dibantai diatas tutup panci. Mereka pun akan puas ketika kutu dan anak2nya mengeluarkan bunyi ketika digites (digencet pakai kuku)  “klethass!” hiii..

Hayooo ngaku siapa yang dulu juga pernah kutuan?xixixi..kalo di Jawa kegiatan ini dinamakan “Petan” atau berburu kutu rambut. Eits, jangan ngece dulu, rasanya nikmat banget looh. Pas kulit kepala lagi gatel-gatelnya, langsung deh para pemburu kutu dengan ganasnya akan mencari di setiap sudut kepala dan menarik-narik batang rambut kita untuk mengambil kutu-kutunya. Wiiih..mancaaapp… *jadipengenkutuanlagi, wwkkk..

Masih belum lupa dong sama bentuknya makhluk imut ini, cekidot

Tapi, kemarin ini rumah saya bukannya diserang kutu rambut. Tapi kutu loncat sodara-sodara! Itu lho, kutu yang bentuknya keciiil banget yang  suka gigit tapi  kalau mau kita gites malah lompat dengan kecepatan cahaya. Susah diburunya!

Menurut wikipedia, kutu loncat merupakan serangga kecil anggota Psylldae, hidup dengan memakan cairan tumbuhan. Tapi kok doyan juga ya sama darah manusia? Pokoknya habis kena gigit kutu ini, rasanya guatellll banget! suami dan adik ipar saya kena scabies, kulitnya jadi kemerahan dan meninggalkan bekas akibat gigitan kutu loncat tadi.

Ni dia penampakannnya

Parahnya, tempat yang paling banyak kutunya adalah kamar tidur! OMG..kebayang kan, lagi ngantuk-ngantuknya pengen tidur, ee tiba-tiba mak clekittttt…aww..kena gigit kutu. Kami pun jadi sibuk berburu kutu, pernah disemprot tapi ga gitu mempan, digites ga mati-mati, akhirnya suami mengeluarkan senjata ampuh, jreng2..setrika panas! Wuahaaha..jadilah dia tukang jagal kutu bersenjatakan setrika, setiap liat makhluk item kecil di kasur langsung aja hap! Disikat dan disetrika sampai gepeng tu kutu.

Tapi cara itu tidak bisa membasmi kutu dan kroni-kroninya. Kami harus mencari sumber dan sarang kutunya dulu. Setelah berdiskusi panjang lebar dengan suami, kami pun mendapat beberapa kemungkinan sumber kutu. Pertama, rumah kami yang jorok. Kedua, rumput-rumput dan ilalang di belakang rumah yang belum sempat dipotong.

Aku akui sih, emang lantai rumahku jarang dipel, paling seminggu sekali. Dan tiap hari hanya aku sapu aja. Hohoho, ketauan deh malesnya. Nah berhubung kita dah ada proker pembasmian kutu, langkah pertama yang dilakukan tentu saja bersih-bersih rumah setiap hari. Nyapu, ngepel. beres-beres gudang. Bahkan ada yang menyarankan, ngepelnya harusnya pakai campuran detergen, bayclin, minyak tanah dan wipol.

Langkah kedua, menyiangi rumput di belakang dan di depan rumah.

Langkah ketiga, mencuci semua baju dan sprei dengan air panas.

Langkah keempat, basmi kutu dengan setrikaan.

Dan, tarraaaaaaaaaa….setelah 2 minggu berperang dengan si kutu loncat yang super njengkelin ini, akhirnya si kutu mengibarkan bendera putih dan mundur teratur dari arena peperangan. Huahaha…akhirnya rumah kami jadi kinclong, bersih, wangi dan tentunya bebas kutu! *Banggamodeon.

Yah begitulah teman-teman kesibukan saya akhir-akhir ini, :) dan sekarang saya udah kangennnnnnnn berat sama dunia blogging, dan teman-teman blogger semuanya! Semoga semuanya dalam keadaan sehat, dan tidak kurang suatu apa. Amiin….

Saatnya bersilaturahmi lagi dengan blogwalking..

Upss…bersih-bersih rumah yang satu ini dulu deh sebelum bertandang ke rumah orang. Hahha..

Say goodbye sama kutu dulu aaah…

Bye3 kutuuuu…hahhaa

foto dari sini,sini, dan sini


60 Comments on “Membasmi si Kutu, yucks!”

  1. 1 eci said at 5:45 pm on June 8th, 2011:

    mb, kok g da foto bekas kemerahan di kulit yang bekas gigitan si kutu loncat?

  2. 2 intan rawit said at 5:58 pm on June 8th, 2011:

    wakakka….aku ga kena kok ci..kutunya ga doyan ma darahku kali ye..tu si adik ipar ma mas manda badannya merah2..malah sempet ke dokter jg tu si adek gara2 tangannya merah2..hahaha

  3. 3 Lidya said at 6:44 pm on June 8th, 2011:

    aku gatel walau cuma lihat foto kutu ;)
    sama2 dari nol kok,bisa google aja

  4. 4 melly said at 7:37 pm on June 8th, 2011:

    Ihhh mba Intaan joroooook
    hahahaha
    kalau aku mah paling seneng klo disuruh bersih2.
    dan merinding klo ngeliat kepiding.

  5. 5 ruli said at 8:43 pm on June 8th, 2011:

    jyahahaha…..ngakak aku baca tulisanmu intan…. lumayan, penyegar di kantor. hehehe XD

  6. 6 bintangtimur said at 9:13 pm on June 8th, 2011:

    Hehehehe…waktu kecil dulu kutuan itu hal yang wajib, Intan!

    Masih kebayang betapa senengnya saya kalo rambut saya dibolak balik buat nyari kutu, rasanya enak dan bikin ngantuk ;)

    Oh, oh, ternyata gitu to ceritanya?
    Jadi bersih dong rumah Intan sekarang, boleh dong saya berkunjung…

    Intan, selamat menikmati profesi baru, jadi ibu rumah tangga itu mesti multi talenta, hihihi, bisa masak, beres-beres, ngurus suami dan anak daaan…membuat nyaman seisi rumah :D

  7. 7 arman said at 9:16 pm on June 8th, 2011:

    wuiiii serem ya… ngeliat gambarnya aja jadi ikutan gatel. hehehe.

    yah untungnya sekarang udah gak ada lagi ya kutunya.. mgoa2 gak balik lagi ya… :D

  8. 8 intan rawit said at 9:31 pm on June 8th, 2011:

    wahaha…apalagi kena gigit ya mbak..awww…sensasinya luar biasa..hihi..iya mba, untuk memasak mah tinggal googling aja asal ada niat untuk belajar dan mencoba..hehe

  9. 9 intan rawit said at 9:34 pm on June 8th, 2011:

    wahahha…ya beginilah aku mel..super jorok..hihi..tapi gpp berkat adanya si kutu, aku jadi rajin bersih2 sekarang, haha. wah kalo kepiding tu ngeri lagi, kutu busuk yang suka ngumpet di bawah kasur ma sofa to?yeks..baunya jg minta ampun kalo digites..hii

  10. 10 intan rawit said at 9:54 pm on June 8th, 2011:

    wahaha…pasti ketawa2 geli bayangin dulu pas jaman mb kutuan ya..tumonen..kalo orang jawa bilang..hihi

  11. 11 intan rawit said at 9:57 pm on June 8th, 2011:

    wahahha…btw anak jaman sekarang tu pada kutuan juga ga yah mb..hihi..

    tuh kaaan, pasti jadi pengen kutuan lagi..hehe..rasanya ngalah2in dipijitn yah mb.hihi

    Beneran lho ya mba..kalo ke jogja mampir ke gubug deritaku yang penuh kutu ini..hehehe..ga kutuan lagi kok..

    Iya mb, walaupun capek dan menguras tenaga tapi sungguh menyenangkan :)

  12. 12 intan rawit said at 10:04 pm on June 8th, 2011:

    wahaha…iyaa..iih sumpe deh ga nahan gatelnya..moga aja ga balik2, dah tak pel tiap hari soalnya rumahnya..hehe

  13. 13 @zizydmk said at 10:22 pm on June 8th, 2011:

    Aiiiiihh…
    Jadi merinding lihat kutu itu.
    Dulu saya pernah kutuan juga, waktu kecil di Biak. Biasalah anak-anak di kampung, main kesana kesini jadi ketularanlah. Langsung dibasmi sama mami hehehe…

  14. 14 julie said at 2:18 am on June 9th, 2011:

    hiiiyyyy sereemmm :D

  15. 15 ichsan said at 7:15 am on June 9th, 2011:

    wkkwkwk, saya waktu kecil bukan kutu aja mba yg ada di rambut .. sampai telurnya pun nyangkut :P

  16. 16 choirunnangim said at 2:02 pm on June 9th, 2011:

    melihat postur tubuh kutu dari dekat waw ngeri…

  17. 17 niQue said at 6:36 pm on June 9th, 2011:

    idihhh seumur2 baru ini saya melihat kutu yang di-zoom seperti itu :D ngaku deh lagi kecil pernah kutuan, tapi g lama, karena si mamak kan paling rajin dan gemes sama penampakan kutu,s ampai ke telor2nya dibabat abis .

    nah kegemasan itu menular ketika para keponakan kutuan juga … langsung deh dibabat abis mpe ngeces saking gemesnya xixixi

    eh kita sama dunk mba? saya juga baru menjalankan fungsi IRT beberapa minggu ini, cuma sebatas masak memasak sih hehehe klo beberes tetep ada bagiannya.

    ywd tar klo ke jogja tak mampirnya ya mba Intan :)

  18. 18 mamah Aline said at 1:45 pm on June 10th, 2011:

    kalo digedein gambarnya, kutu-kutu itu serem juga ya…
    inget film jaman dulu soal ambil kutu khas emak-emak yang berderet ke belakang, apa sekarang masih ada yang kayak gitu ? :D

  19. 19 NURA said at 7:50 pm on June 10th, 2011:

    ass,
    kutu memang menjengkekan
    sip tuh mba ,bersih2 rumahnya agar kutu ngga betah tinggal.

  20. 20 iLLa said at 7:23 am on June 12th, 2011:

    masa kecil itu ndak seru kalo ndak kutuan, bwahahaha..
    buu.. udah berapa bulan si dedek? semoga lantjar sampe persalinan yuwaaa…

  21. 21 anjasuii said at 2:29 am on June 13th, 2011:

    menarik…!!! lanjutkan brooo….

    koleksi menarik
    silakan berkunjung ke web kami: http://foto.uii.ac.id/

  22. 22 Domba Garut said at 3:05 am on June 13th, 2011:

    Ikut garuk-garuk sambil nggak gatel gitu :D trus periksa sana-sini.. merinding jadinya…

    Mudah2an si kutu itu nggak datang lagi ya…

  23. 23 intan rawit said at 6:16 pm on June 13th, 2011:

    wahaha..iya mba, kutunya kok suka nular2 gitu, hii..untung jaman sekarang dah ada peditox..hehe

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  24. 24 intan rawit said at 6:18 pm on June 13th, 2011:

    alaaah…serem2 mba juga kutuan to duluu???xixixi..ngakuuu..haha

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  25. 25 intan rawit said at 6:21 pm on June 13th, 2011:

    huaaaaaaa…iyaa..aku juga kok..telurnya enak banget tu kalo digites..haha

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  26. 26 intan rawit said at 6:25 pm on June 13th, 2011:

    iya, ngeri plus jijik..hehehe

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  27. 27 intan rawit said at 7:01 pm on June 13th, 2011:

    wahaha…saya juga mb..kalo ibu saya ga telaten membasminya, justru bibi2 saya yang paling semangat empat lima..hihi

    wah sama dong kita mb, xixi..Waaa kapan mba maen ke jogja?tak tunggu lho yaaa…xixi

  28. 28 intan rawit said at 7:14 pm on June 13th, 2011:

    masih kok mah..di kampungku masih banyak emak-emak berderet2 nyariin kutu, hehe

  29. 29 intan rawit said at 7:17 pm on June 13th, 2011:

    walaikumsalam..iya nyebelin banget..mau bantuin ga mba?welcome atuuh..xixixi..

  30. 30 aan said at 9:54 pm on June 14th, 2011:

    syukurlah upaya pembasmian kutunya berhasil juga….

  31. 31 istie said at 8:37 pm on July 24th, 2011:

    mbk cara ngilkangen kutu rambut emg nya gmna cce mb hadduuuhhhh adekqu yg mceh 8thunan banyak kutunya…… xixixixixi

  32. 32 apakah blog said at 4:04 am on August 14th, 2011:

    wasemmmm gambar kutunya gedhe…gilani mbak…salam kenal blognya siiiiipppp

  33. 33 khamiL said at 12:33 am on August 15th, 2011:

    wisshhh makasih ya mbak atas infonya
    artikel yg sangat bagus sekali,,,

  34. 34 Nircable said at 11:37 am on August 16th, 2011:

    ooo..
    kami biasa menyebutnya tumila.
    memang makhluk ini kecil-kecil ngeselin…
    bisa gatel secara tiba2 kalau digigit.
    kalau dibantai bau banget badannya

  35. 35 Bed Cover Murah said at 9:30 am on September 25th, 2011:

    wah, jadi inget masa2 SMP dulu…
    kena kutu banyak banget, gatelnya luar biasa

  36. 36 shinka said at 9:37 pm on December 13th, 2011:

    wuih mbak, hal itu sedang terjadi di rumahku saat ini. bedanya sumbernya sdh diketahui pasti, yakni kucing liar+anak2nya yg sempat ngendon slm bbrp minggu di kamar pembantu yg kosong. Dulu kmr pembantu itu pernah kosong slm lbh 1thn tp ga pernah terjadi ada serangan kutu disana. Gara2 sang emak kucing itu ngendon disana, skrg jadi bnyk kutu. Barusan buka jendela kmr tsb, maksud hati agar kutu2 kena srengenge, wuih..baru aja berdiri ddepan jendela kakiku sdh dihampiri ada kali 20 kutu. hiiiiii….geliiiiiii…. plus gateeeellllll…… gimana mo mbasminya?? haruskah bercelana panjang dan berkaos kaki dulu agar para kutu ga langsung menggigit? seandainya lantai kamar disiram air panas, br stlh itu dipel, kira2 ngaruh ga ya?? aku ga mo kena scabies gara2 si kutu2 itu.

  37. 37 krismariana said at 5:24 pm on February 12th, 2012:

    wah kutuan? untung seumur-umur belum pernah kutuan. jangan sampai deh. tapi dulu pas kecil, di rumah mbah aku pernah digigit binatang apa gitu. kata bapak sih, binatangnya kecil. mungkin ya kutu itu. gigitnya pas di ketiak. gatelnya nggak ketulungan. sembuhnya setelah dikasih getah pohon. aduh lupa, pohon apa pula itu. semoga nggak ada kutu yg nempel lagi ah…

  38. 38 Hari said at 8:19 am on March 21st, 2012:

    mbak, gimana klau kutunya kebanyakan berada di pekarangan?

  39. 39 Ernawati said at 12:29 am on December 13th, 2012:

    iya tuh..
    di tempat kerja saya juga lagi di serang sama kutu loncat…
    dan yang lebih parahnya lagi, saya yang jadi korban….

  40. 40 Erna chamberlin said at 12:32 am on December 13th, 2012:

    terus cara menyembuhkan bekas gigitanya bagiamana,,,???

  41. 41 imma miut said at 4:18 am on December 15th, 2012:

    ngomong-ngomong kutunya sih bisa dilihat pake mata nggak?soalnya bangun tidur tau tau badan udah bentol2 merah gitu +gatel banget…gag tau apa yang nggigit ma kapan nggigitnya…gatelnya lama pula..tuh kira kira kutu loncat bukan yah…????

  42. 42 Liona said at 2:00 pm on December 17th, 2012:

    Duhhh.. Ampun deh kalo soal kutu busuk, nakalnya minta ampun. Udah digini gituin masih aja nyerang. Izin mraktekkin tipsnya sob!

  43. 43 donvan said at 5:24 am on January 22nd, 2013:

    Ahhaa..informasi ini..ternyata benar setelah badanku habis bak serangan fajar..dan kadang enggak tau apa..kenapa bangun tidur ataw lagi meditasi (ngelamun sambil melongo..)..badanku merah2..kaya bentol..dan ujungnya kaya ada nanah dikit…adwuuuhh gateeellnyaaa mana panaas rasanya..dan parahnya..kalo udah ada ada acara mr yunipers show (baju minim)..maw berenang..ya ceritanya maw pamerin badan yang cekci (cungkring abis)..bukannya bangga..malah orang pada menghindar..kaya ngeliat orang lg penyakitan lepra..yaaa itu dia liat bekas bentol2 yang menghitam..tapi setelah meting sama pakar2 yaitu para dukun dan pawang kebun binatang..katanya biasanya menyerang sama mahluk yg punya keturunan kulit manis (asalnya aku ke geeran disangka kulitku bagus bak keturunan ningrat..eehh tenyata salah..)..kata orang kulit begitu kalo kena serangga lama sembuhnya dan berbeks lama..(hhaaah merugi..tapi saya beryukur dari pada punya kulit gajah ataw kulit komodo..waah paraah)..ada yg punya tips nggak..obat bila kena si kutu kupret itu apa ya??ada yang tau enggak..masa saya harus saban hari dilumuri badannya pake minyak tanah..mana mahal..dan juga aku kan bikan stunman..kasih tau ya..obatnya..makasiieeh..

  44. 44 intan rawit said at 8:45 pm on February 2nd, 2013:

    apa kabar illa???lama ga dengar kabarnya…hihi bis ni q maen deh ke rumahmu, iya si kecil udah lari2 tuh hehe

  45. 45 intan rawit said at 8:45 pm on February 2nd, 2013:

    lanjutkan apanya yaK?hehe

  46. 46 intan rawit said at 8:46 pm on February 2nd, 2013:

    amiin..harus rapi dan bersih tiap hari rumahnya kalau ga mau kutuan hehe

  47. 47 intan rawit said at 8:46 pm on February 2nd, 2013:

    sippp, berhasil dimusnahkan semuanya

  48. 48 intan rawit said at 8:48 pm on February 2nd, 2013:

    ke dokter aja mb minta obat kutu, or pake peditox obat kutu. ada sih cara tradisional, caranya rambutnya dikeramasin pake shampo kan dikucek2 rambutnya abis tu pake handuk putih buat diremasin ke kepala dan rambutnya (jangan dibilas dulu) ntar langsung dehh keliatan kutu2nya nempel di handuk putih itu..

  49. 49 intan rawit said at 8:54 pm on February 2nd, 2013:

    hahahha salam kenal juga ya

  50. 50 intan rawit said at 8:55 pm on February 2nd, 2013:

    makasih yaa :) thank you udah mampir :)

  51. 51 intan rawit said at 8:55 pm on February 2nd, 2013:

    tumila?imut juga ya namanya,,,hihi eh tapi yang ni ga bauk sih kalo dibantai

  52. 52 intan rawit said at 8:56 pm on February 2nd, 2013:

    hahaha….nostalgia jadinya

  53. 53 intan rawit said at 8:57 pm on February 2nd, 2013:

    iya mb itu awal2 gejala scabies…dirumahku gara2 ada kucingnya juga beranak pinak di kebon hiiii,,,disetrika aja mb nyos nyoss,,dipel pake minyak tanah boleh juga dicoba

  54. 54 intan rawit said at 8:57 pm on February 2nd, 2013:

    pekarangannya yang dibersihkan mas Hari, dicabutin rumputnya, kalau perlu disemprot pake cairan anti kutu

  55. 55 intan rawit said at 8:58 pm on February 2nd, 2013:

    iiiiiiiiiiihhh di tempat kerja mba??unbeliveble yah, harus dibersihkan berarti tu, mb ke dokter aja buat minta saleb anti scabies

  56. 56 intan rawit said at 8:59 pm on February 2nd, 2013:

    ada salep dari dokter mba, buat ngilangin bekas scabiesnya

  57. 57 intan rawit said at 9:00 pm on February 2nd, 2013:

    bisa mba imma tapi kueeeeeciiii;;; trus kl dipegang loncat2 gt,,ya mungkin juga mba itu kutu loncat

  58. 58 intan rawit said at 9:00 pm on February 2nd, 2013:

    sippppppppsss semoga bermanfaat sob!

  59. 59 intan rawit said at 9:01 pm on February 2nd, 2013:

    ke dokter aja sob, masak pake minyak tanah??haduuuh

  60. 60 tias said at 10:38 am on July 6th, 2014:

    Wah.., mba…, kebetulan banget aq nemu artikel ini…,
    Belakangan ini juga rumahku kutuan.., ya itu.., super kecil&loncat2…
    Tapi kutu ini munculnya justru setelah aq beres2 rumah.., mungkin terusik kali ya.. ? :D

    Yang bawa juga sama hewannya.., kucing…,
    Musti berhari-hari dan berulang2 to mba mbersihinnya?

    Sayangnya ni aq belum nemuin sarang kutunya…, ihh… Nyebelin.., rumah udah ditinggal hampir satu tahun sih ya, jadi tempat tinggal kucing beranak tuh.. :(
    Tapi Alhamdulillah kucing2nya udah pergi.., dengan meninggalkan kutu loncat.. :(


Leave a Reply


  • 6 − = two