.entry-content p { text-align: justify; }
April 21

Serunya Berbalas Pantun

Berpantun?

Hayoo…pasti lagi mikirin  itu pelajaran pas  kelas berapa SD ya? Rasanya dah lama sekali kita mempelajari pantun di pelajaran Bahasa Indonesia ini. Karena ga pernah dipake, ga terbiasa, ya berasa asing dan canggung kalau sekarang disuruh berpantun sekarang. Do you feel the same?

Tapi akhir-akhir ini saya dipaksa memutar otak untuk membalas pantun-pantun yang dikirimkan oleh papa sahabat saya yang tinggal jauh disana, di bumi Bangka Belitung. Bapak Bundiar namanya. Karena sudah dekat seperti keluarga sendiri, kamipun sering berkomunikasi lewat telepon atau sekedar berkirim pesan melalu sms. Nah tapi uniknya isi sms beliau ini ga sekedar pesan biasa tapi isinya pantun! Dan ga cuma kirim aja, beliau juga minta ditanggapin dan dibalas pesannya dalam bentuk pantun juga! Hahaha…ya mungkin karena beliau orang Melayu ya jadi masih kental darah sastranya.

Coba deh tengok pantun-pantun bapak, keren2!

Jalan-jalan ke Jawa Barat

Disana terkenal gunung Galunggung

Bapak Ibu sehat-sehat

Sekarang makan siput gunggung

(ini sms balasan bapak pas aku tanya kabar mereka bagaimana)

Seringnya subuh-subuh bapak juga kirim sms buat bangunin saya. Inisial B untuk Bapak, dan I untuk Intan (saya sendiri).

B :  Buah ketimun buah kedondong

Bangun dong

I  : Beli nangka di pasar, Keberatan jadinya digendong

Udah bangun dong

Lanjuut…

B : Duduk santai di rumah joglo, pandai juga lo…

I : Jalan-jalan naik gajah, nyasar ke kota Solo

Ya iyaalaah, Intan gitu lo..

B : Di Bali banyak orang Belanda

Duduk santai di Tanah Lot

Kita emang suka bercanda

Kirain kamu bolot

I : Makan bekicot di Semanggi

Gimana bisa bolot, kan cucunya pak Habibi..

Wkwkw….lucu juga ya berbalas pantun gini, seruu!! Bisa melatih kemampuan berpikir otak dan kreatifitas kita juga ternyata lho. Harus berpikir  asosiatif dan memikirkan makna katanya. Rumusnya sebenarnya gampang, pikir dulu isi pantun untuk  2 baris terakhir. Baru kita memikirkan sampiran yang biasanya ga ada hubungannya dengan isi di dua baris pertama.  Pola  pantun bisa berbentuk a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a).

Eh ternyata si pantun ini punya sodara juga lho, namanya si Karmina dan Talibun. Ah?apaan lagi tuh? Jadi kalo Karmina tu pantun versi pendek (biasanya 2 baris saja), sedangkan Talibun merupakan versi panjang dari pantun yang bisa terdiri dari 6 baris atau lebih.

Oh ya, masih belum selesai nih berbalas pantunnya sama si Bapak..yuuk cekidot

(Subuh-subuh dah kirim sms lagi)

B : Kalau pergi ke Rawamangun

Kiri kanan gedung bertingkat

Wahai kawan segera lah bangun

Mari kita kerjakan sholat

I : (Aku speechless, ga ada ide buat bales..wkwkkw…maklum baru aja bangun lom bisa diajak mikir nih otak, haha…1-0 deh ma si bapak. Aku balesnya gini: Bentar pak, saya tak mikir dulu balasan pantunnya )

B : Siapa tak kenal Jendral Wallabi

Dia tewas saat pertempuran

Katanya keturunan Habibi

Pantun aja pake pikiran

Gubraaaaaaaaakk….skak mat, kalah deh aku…waahahha, ayoo ntan mikir-mikir lagi!

I : Si tukul berkumis lele

Ariel Peterpan sukanya makan ikan rese

Lom fasih berpantun dimaklumin aje

Maklum aye tak terbiase

(Hahaa….maksa banget ya?ga banget deh..hahahha)

B: Pagi hari mencari kumbang

Yang dapat ikan belanak

Kami mau pergi ke Palembang

Lama tidak bertemu anak

I : Briptu Norman jadi artis karbitan

Luna Maya langsung kelabakan

Bapak Ibu hati-hati di jalan

Semoga selamat sampai tujuan

Hihi…gimana? Seru kaaan berpantun ria? Nah sekarang coba sobat-sobat blogger semua tunjukkan kemampuan berpantunnya di kolom komen, itung-itung melestarikan budaya asli bangsa kita ini. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Yuuk mari berpantun..

foto dari sini



Copyright 2018. All rights reserved.

Posted April 21, 2011 by intan rawit in category "Just Something Personal

91 COMMENTS :

  1. By Susi on

    KEREN! wah, aku pasti dah skak mat di ronde ketiga, tuh.
    Tapi ga ada hukumannya, kan?
    Salam kenal mbak Intan. Musti belajar berpantun ya kalo sms-an sama mbak Intan? Xixi

    Reply
  2. By Susi on

    KEREN! wah, aku pasti dah skak mat di ronde ketiga, tuh.
    Tapi ga ada hukumannya, kan?
    Salam kenal mbak Intan. Musti belajar berpantun ya kalo sms-an sama mbak Intan? Xixi

    Reply
  3. By intan rawit (Post author) on

    hahaha….iyaa…awalnya dibilang payah pas aku bilang ga bisa berpantun..hahhaa..jadinya kepaksa deh harus kreatif mikirin balasannya..xixixi..

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      beli sosis di tempat mang dedeh
      masak sih?
      ga percaya deh…

      hahaa…asli ngasal banget kl ni…xixixi

      Reply
  4. By pratiwi amelia on

    hahhhahhaaa….aq aja biasanya g tau lagi mau blas apa lo udah pantun2 ma papa.. dia emang jago nya…

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      yaaah anaknya sendiri aja ga bisa nandingin papanya..hihi..papamu pasti seneng banget ya dapet targetan baru..hahha..

      Reply
  5. By anny on

    Dulu di sekolah suka ada berbalas pantun jika pelajaran bhs indonesia, jadi kangen pantun2an 😀

    Ke cikini main kick boxing
    Kesini silaturahmi blogwalking

    He..he… 😀

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      bunga selasih
      dipetik bapak amir
      terima kasih
      sudah mampir…

      hehehe (ga banget deh balesannya kyknya..haha)

      Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      Anaknya Rani namanya Mali
      lagi santai2 duduk di beranda
      saya senang sekali
      bisa berkenalan dengan anda 🙂

      Reply
  6. By Desy Noer on

    aku inget… mulai dapet pelajaran pantun pas kelas 4 SD. hehe… keren-keren mba’ pantunnya…

    salam kenal

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      prajurit pake galah
      bersatu melawan penjajah
      ya iyaaaalaaah
      briptu norman kan gagah

      wkwkwkkwk

      Reply
  7. By mamah Aline on

    kain katun kain batik
    main pantun bikin asyik…

    gampang-gampang susah ya, jadi inget pernah ada acara berbalas pantun di TV dulu lho…

    Reply
  8. By niQue on

    bujuuug dah … 😀
    pantunnya indah2
    tapi klo bikin sendiri rasa tak mampu huhuhu

    Reply
  9. By 3sna on

    hehe pas SD ya dulu balas2an pantun… so pasti saya dapat nilai NOL 😆 (walau gak ada nilainya)

    Reply
    1. By ameen on

      Jalan2 ke kota batu
      dpet oleh2 wyang golek
      aduh2 dinda di situ
      kok ska sma rjak ulek
      *maksa ngakak*

      Reply
  10. By bintangtimur on

    Buah nangka buah semangka
    Dijual orag di pasar raya
    Mohon maaf lama tak jumpa
    Karena lagi banyak kendala

    Hihihi, ini juga pantun yang maksa, Intan 😀

    Reply
  11. By iLLa on

    *glek* pengen komen pantun juga tapi otaknya sudah nge-hang, dah liwat jam 10 je 😆

    *brb*

    *back*

    si kadir lagi makan ikan
    saya hadir tuk turut meramaikan

    keren kan? *ngakak* 😆

    Reply
  12. By Irawan on

    makan sop buah dengan topping permen…

    wahhhhhhh… kerennnn…

    -ga bisa bikin pantun

    Reply
  13. By Bali budget villas on

    Mbak saya suka dengan animasi pinguinnnya, gimana cara dapatinnnya mbk?
    Maaf saya tidak bisa pantun 🙂
    Salam kenal dan bagus sekali, kreatif mbk intan pintar berpantun 🙂

    Reply
  14. By Gaphe on

    Kayaknya emang lucu juga yah saling berbalas pantun gitu.. kalo saya diajakin berbalas pantun, saya nyerah duluan. binguung dan males mikirnya. hahaha

    Reply
  15. By jumialely on

    makan pisang bukan kulitnya
    sipisang manis sipisang emas
    cinta abang adik yang punya
    bukan hanya secarik kertas

    Reply
  16. By Ikkyu_san on

    blogwalking sore-sore
    terdampar di rumah si intan
    tak kusangka masih sore
    sudah ditodong membuat pantun

    EM

    Reply
  17. By shinta on

    buah manggis buah mangga
    kamu gadis atau janda, , ,

    xixiixi

    Reply
  18. By tomi on

    Nasih Uduk masih anget
    Saya beli di pinggir jalan
    Yang punya blog manis banget
    Boleh gak saya berkenalan

    hehehehe

    Reply
  19. By hanif on

    wah siiiip…
    dengan pantun kita bisa berkreasi ria..
    trimakasih, salam…
    semoga tetap dapat membuat pantun lebih banyak lagi

    Reply
  20. By fitri melinda on

    hihih..jadi inget pelajaran bahasa indonesia.. 😀

    pengen bikin pantun,tapi dah ngantuk,jd susah mikir.. 😀

    Reply
  21. By ameen on

    pak wasit niup peluit
    tiup peluit smbill brperang
    siapa lg yg pling sweet
    klo bkan ameen seorang…

    Reply
  22. By Dede on

    Beli makanan di pondok gede
    Susu kental di minum kartu
    Perkenalkan nama ku dede
    Salam kenal penyuka pantun

    Wkwkwk..
    Ga nyambung haha.:-P

    Reply
  23. By romadistabat on

    Dahan kelapa itu sendayang,
    dahan pinang dibuat upih.
    Berbuka jangan terlalu kenyang,
    agar tak susah badan tarawih

    Reply
  24. By fikri aji on

    simpang simping pake selampe,
    eh disamping emping baru nyampe

    Reply
  25. By budi on

    Ikan sepat ikan gabus ikan lele
    sama sama hidup diair yang tawar
    makin cepat makin bagus jangan bertele tele
    karena perut sudah teraa lapar

    Reply
  26. By DHIKA BIEBER on

    IKAN BANDENG
    MAKAN KAWAT
    ORANG GANTENG
    NUMPANG LEWAT …..
    HE HE HE

    Reply
  27. By Alvian on

    Pergi ke kebun nyolong buah mangga……….
    Ternyata berpantun asyik juga

    Reply
  28. By Habiiib on

    rumah SBY kaya istana
    di isi sama nyonya
    kalaw saya boleh nanya
    gimana caranya

    maklum baru coba…
    heheheheh……….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *