Serunya Berbalas Pantun

Posted: April 21st, 2011 | Author: | Filed under: Just Something Personal | 73 Comments »

Berpantun?

Hayoo…pasti lagi mikirin  itu pelajaran pas  kelas berapa SD ya? Rasanya dah lama sekali kita mempelajari pantun di pelajaran Bahasa Indonesia ini. Karena ga pernah dipake, ga terbiasa, ya berasa asing dan canggung kalau sekarang disuruh berpantun sekarang. Do you feel the same?

Tapi akhir-akhir ini saya dipaksa memutar otak untuk membalas pantun-pantun yang dikirimkan oleh papa sahabat saya yang tinggal jauh disana, di bumi Bangka Belitung. Bapak Bundiar namanya. Karena sudah dekat seperti keluarga sendiri, kamipun sering berkomunikasi lewat telepon atau sekedar berkirim pesan melalu sms. Nah tapi uniknya isi sms beliau ini ga sekedar pesan biasa tapi isinya pantun! Dan ga cuma kirim aja, beliau juga minta ditanggapin dan dibalas pesannya dalam bentuk pantun juga! Hahaha…ya mungkin karena beliau orang Melayu ya jadi masih kental darah sastranya.

Coba deh tengok pantun-pantun bapak, keren2!

Jalan-jalan ke Jawa Barat

Disana terkenal gunung Galunggung

Bapak Ibu sehat-sehat

Sekarang makan siput gunggung

(ini sms balasan bapak pas aku tanya kabar mereka bagaimana)

Seringnya subuh-subuh bapak juga kirim sms buat bangunin saya. Inisial B untuk Bapak, dan I untuk Intan (saya sendiri).

B :  Buah ketimun buah kedondong

Bangun dong

I  : Beli nangka di pasar, Keberatan jadinya digendong

Udah bangun dong

Lanjuut…

B : Duduk santai di rumah joglo, pandai juga lo…

I : Jalan-jalan naik gajah, nyasar ke kota Solo

Ya iyaalaah, Intan gitu lo..

B : Di Bali banyak orang Belanda

Duduk santai di Tanah Lot

Kita emang suka bercanda

Kirain kamu bolot

I : Makan bekicot di Semanggi

Gimana bisa bolot, kan cucunya pak Habibi..

Wkwkw….lucu juga ya berbalas pantun gini, seruu!! Bisa melatih kemampuan berpikir otak dan kreatifitas kita juga ternyata lho. Harus berpikir  asosiatif dan memikirkan makna katanya. Rumusnya sebenarnya gampang, pikir dulu isi pantun untuk  2 baris terakhir. Baru kita memikirkan sampiran yang biasanya ga ada hubungannya dengan isi di dua baris pertama.  Pola  pantun bisa berbentuk a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a).

Eh ternyata si pantun ini punya sodara juga lho, namanya si Karmina dan Talibun. Ah?apaan lagi tuh? Jadi kalo Karmina tu pantun versi pendek (biasanya 2 baris saja), sedangkan Talibun merupakan versi panjang dari pantun yang bisa terdiri dari 6 baris atau lebih.

Oh ya, masih belum selesai nih berbalas pantunnya sama si Bapak..yuuk cekidot

(Subuh-subuh dah kirim sms lagi)

B : Kalau pergi ke Rawamangun

Kiri kanan gedung bertingkat

Wahai kawan segera lah bangun

Mari kita kerjakan sholat

I : (Aku speechless, ga ada ide buat bales..wkwkkw…maklum baru aja bangun lom bisa diajak mikir nih otak, haha…1-0 deh ma si bapak. Aku balesnya gini: Bentar pak, saya tak mikir dulu balasan pantunnya )

B : Siapa tak kenal Jendral Wallabi

Dia tewas saat pertempuran

Katanya keturunan Habibi

Pantun aja pake pikiran

Gubraaaaaaaaakk….skak mat, kalah deh aku…waahahha, ayoo ntan mikir-mikir lagi!

I : Si tukul berkumis lele

Ariel Peterpan sukanya makan ikan rese

Lom fasih berpantun dimaklumin aje

Maklum aye tak terbiase

(Hahaa….maksa banget ya?ga banget deh..hahahha)

B: Pagi hari mencari kumbang

Yang dapat ikan belanak

Kami mau pergi ke Palembang

Lama tidak bertemu anak

I : Briptu Norman jadi artis karbitan

Luna Maya langsung kelabakan

Bapak Ibu hati-hati di jalan

Semoga selamat sampai tujuan

Hihi…gimana? Seru kaaan berpantun ria? Nah sekarang coba sobat-sobat blogger semua tunjukkan kemampuan berpantunnya di kolom komen, itung-itung melestarikan budaya asli bangsa kita ini. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Yuuk mari berpantun..

foto dari sini


73 Comments on “Serunya Berbalas Pantun”

  1. 1 Susi said at 6:54 pm on April 21st, 2011:

    KEREN! wah, aku pasti dah skak mat di ronde ketiga, tuh.
    Tapi ga ada hukumannya, kan?
    Salam kenal mbak Intan. Musti belajar berpantun ya kalo sms-an sama mbak Intan? Xixi

  2. 2 Susi said at 6:54 pm on April 21st, 2011:

    KEREN! wah, aku pasti dah skak mat di ronde ketiga, tuh.
    Tapi ga ada hukumannya, kan?
    Salam kenal mbak Intan. Musti belajar berpantun ya kalo sms-an sama mbak Intan? Xixi

  3. 3 intan rawit said at 7:17 pm on April 21st, 2011:

    hahaha….iyaa…awalnya dibilang payah pas aku bilang ga bisa berpantun..hahhaa..jadinya kepaksa deh harus kreatif mikirin balasannya..xixixi..

  4. 4 Nchie said at 7:49 pm on April 21st, 2011:

    wow keren..
    aku ga bisa berpantun..

  5. 5 pratiwi amelia said at 10:30 pm on April 21st, 2011:

    hahhhahhaaa….aq aja biasanya g tau lagi mau blas apa lo udah pantun2 ma papa.. dia emang jago nya…

  6. 6 Lidya said at 11:19 pm on April 21st, 2011:

    lewat dulu deh hehehe emangnya kuis ya.ga bisa buat pantun

  7. 7 anny said at 11:43 pm on April 21st, 2011:

    Dulu di sekolah suka ada berbalas pantun jika pelajaran bhs indonesia, jadi kangen pantun2an :D

    Ke cikini main kick boxing
    Kesini silaturahmi blogwalking

    He..he… :D

  8. 8 boeding said at 11:47 pm on April 21st, 2011:

    hihi..saya tak pandai berpantun. ajarin dong intan

  9. 9 mabruri said at 12:03 am on April 22nd, 2011:

    Beli sandal di surabaya,,
    salam kenal dari saya… :)

  10. 10 intan rawit said at 12:53 am on April 22nd, 2011:

    beli sosis di tempat mang dedeh
    masak sih?
    ga percaya deh…

    hahaa…asli ngasal banget kl ni…xixixi

  11. 11 intan rawit said at 12:54 am on April 22nd, 2011:

    yaaah anaknya sendiri aja ga bisa nandingin papanya..hihi..papamu pasti seneng banget ya dapet targetan baru..hahha..

  12. 12 intan rawit said at 12:55 am on April 22nd, 2011:

    hihi…bisa kok mb lidya..iseng2 aja..hehe

  13. 13 intan rawit said at 12:56 am on April 22nd, 2011:

    bunga selasih
    dipetik bapak amir
    terima kasih
    sudah mampir…

    hehehe (ga banget deh balesannya kyknya..haha)

  14. 14 intan rawit said at 12:57 am on April 22nd, 2011:

    yahh..saya juga ga bisa sebenarnya..hihi..buat fun2 aja kok

  15. 15 intan rawit said at 12:59 am on April 22nd, 2011:

    Anaknya Rani namanya Mali
    lagi santai2 duduk di beranda
    saya senang sekali
    bisa berkenalan dengan anda :)

  16. 16 Desy Noer said at 1:14 am on April 22nd, 2011:

    aku inget… mulai dapet pelajaran pantun pas kelas 4 SD. hehe… keren-keren mba’ pantunnya…

    salam kenal

  17. 17 Bisnis Oriflame said at 2:11 am on April 22nd, 2011:

    Jiaaaahhhhh, mati kutulah aku kalau udah kena pantun2an kek gini….updated pula pantunnya (yg ada Briptu Norman :D)

  18. 18 mamah Aline said at 2:43 am on April 22nd, 2011:

    kain katun kain batik
    main pantun bikin asyik…

    gampang-gampang susah ya, jadi inget pernah ada acara berbalas pantun di TV dulu lho…

  19. 19 niQue said at 2:59 am on April 22nd, 2011:

    bujuuug dah … :D
    pantunnya indah2
    tapi klo bikin sendiri rasa tak mampu huhuhu

  20. 20 3sna said at 4:14 am on April 22nd, 2011:

    hehe pas SD ya dulu balas2an pantun… so pasti saya dapat nilai NOL :lol: (walau gak ada nilainya)

  21. 21 Fanny said at 7:55 am on April 22nd, 2011:

    pohon mangga
    pohon belimbing

    sayang belum musimnya…………

  22. 22 intan rawit said at 9:36 am on April 22nd, 2011:

    lam kenal juga..desy, thanks ya dah berkunjung :)

  23. 23 intan rawit said at 9:43 am on April 22nd, 2011:

    prajurit pake galah
    bersatu melawan penjajah
    ya iyaaaalaaah
    briptu norman kan gagah

    wkwkwkkwk

  24. 24 intan rawit said at 9:50 am on April 22nd, 2011:

    loh?ni pantun apa lagi ngidam makan mangga ma belimbing ya…hehehe

  25. 25 intan rawit said at 9:53 am on April 22nd, 2011:

    nyari belut di sawah
    si mbok beli gerabah
    main pantun emang susah
    tapi seruuu yaaahh

  26. 26 intan rawit said at 9:55 am on April 22nd, 2011:

    wahahha…mbak2..untung ga dikasih nilai merah ya di pelajaran bahasa indonesianya..xixixi

  27. 27 intan rawit said at 9:59 am on April 22nd, 2011:

    hahaha..masak sih mba?dicoba dl deh..hehe

  28. 28 bintangtimur said at 6:01 pm on April 22nd, 2011:

    Buah nangka buah semangka
    Dijual orag di pasar raya
    Mohon maaf lama tak jumpa
    Karena lagi banyak kendala

    Hihihi, ini juga pantun yang maksa, Intan :D

  29. 29 bintangtimur said at 6:02 pm on April 22nd, 2011:

    Tuh kaaan…orag, harusnya orang lo… :(

  30. 30 Bisnis Oriflame said at 5:38 am on April 25th, 2011:

    Bunda Irma pinter bikin pantun ternyata….Hani dikalahkan :P

  31. 31 iLLa said at 8:24 am on April 25th, 2011:

    *glek* pengen komen pantun juga tapi otaknya sudah nge-hang, dah liwat jam 10 je :lol:

    *brb*

    *back*

    si kadir lagi makan ikan
    saya hadir tuk turut meramaikan

    keren kan? *ngakak* :lol:

  32. 32 intan rawit said at 8:46 pm on April 25th, 2011:

    dua tiga domba
    dari padang
    hai illa
    selamat datang

    hahaha (pantun ala jarjit, xixiix)

  33. 33 nh18 said at 12:02 am on April 26th, 2011:

    Serumah …
    Menanam Benih …
    Aahhh …
    ini lucu juga nih

    Hahaha

    Salam saya

  34. 34 Irawan said at 2:52 am on April 26th, 2011:

    makan sop buah dengan topping permen…

    wahhhhhhh… kerennnn…

    -ga bisa bikin pantun

  35. 35 Bali budget villas said at 9:12 pm on April 26th, 2011:

    Mbak saya suka dengan animasi pinguinnnya, gimana cara dapatinnnya mbk?
    Maaf saya tidak bisa pantun :)
    Salam kenal dan bagus sekali, kreatif mbk intan pintar berpantun :)

  36. 36 bintangtimur said at 6:25 pm on April 27th, 2011:

    Haaaan…itu tuh pantun yang maksa… :P
    Eh, ini blog-nya Intan kan?
    *pura-pura lupa*
    ;)

  37. 37 Gaphe said at 7:28 pm on April 27th, 2011:

    Kayaknya emang lucu juga yah saling berbalas pantun gitu.. kalo saya diajakin berbalas pantun, saya nyerah duluan. binguung dan males mikirnya. hahaha

  38. 38 jumialely said at 6:13 pm on April 28th, 2011:

    makan pisang bukan kulitnya
    sipisang manis sipisang emas
    cinta abang adik yang punya
    bukan hanya secarik kertas

  39. 39 3sna said at 4:21 am on May 1st, 2011:

    oh… udah dapet kok… 2x… wkwkwkwk…

  40. 40 Ikkyu_san said at 12:31 am on May 2nd, 2011:

    blogwalking sore-sore
    terdampar di rumah si intan
    tak kusangka masih sore
    sudah ditodong membuat pantun

    EM

  41. 41 Nircable said at 9:09 am on May 12th, 2011:

    buah mangga, buah nanas
    bauh bengkuang, buah kedondong

    NGRUJAK YUKkk

  42. 42 shinta said at 1:50 am on May 15th, 2011:

    buah manggis buah mangga
    kamu gadis atau janda, , ,

    xixiixi

  43. 43 tomi said at 9:47 pm on June 1st, 2011:

    Nasih Uduk masih anget
    Saya beli di pinggir jalan
    Yang punya blog manis banget
    Boleh gak saya berkenalan

    hehehehe

  44. 44 hanif said at 8:30 pm on June 3rd, 2011:

    wah siiiip…
    dengan pantun kita bisa berkreasi ria..
    trimakasih, salam…
    semoga tetap dapat membuat pantun lebih banyak lagi

  45. 45 bahari said at 8:42 pm on June 6th, 2011:

    wah bisa aja nih yang buat pantun

  46. 46 fitri melinda said at 9:15 am on June 8th, 2011:

    hihih..jadi inget pelajaran bahasa indonesia.. :D

    pengen bikin pantun,tapi dah ngantuk,jd susah mikir.. :D

  47. 47 ameen said at 5:38 pm on June 27th, 2011:

    pak wasit niup peluit
    tiup peluit smbill brperang
    siapa lg yg pling sweet
    klo bkan ameen seorang…

  48. 48 ameen said at 5:50 pm on June 27th, 2011:

    Jalan2 ke kota batu
    dpet oleh2 wyang golek
    aduh2 dinda di situ
    kok ska sma rjak ulek
    *maksa ngakak*

  49. 49 desmi said at 12:03 am on June 29th, 2011:

    keren lho pantun nya,,,,

  50. 50 Dede said at 4:16 pm on July 3rd, 2011:

    Beli makanan di pondok gede
    Susu kental di minum kartu
    Perkenalkan nama ku dede
    Salam kenal penyuka pantun

    Wkwkwk..
    Ga nyambung haha.:-P

  51. 51 romadistabat said at 9:02 am on August 3rd, 2011:

    Dahan kelapa itu sendayang,
    dahan pinang dibuat upih.
    Berbuka jangan terlalu kenyang,
    agar tak susah badan tarawih

  52. 52 chindy said at 11:27 pm on August 14th, 2011:

    ,..add yg nyabung nich……….

  53. 53 sasha said at 4:52 pm on August 18th, 2011:

    waahh….
    mksh pantunnya yg udah bantuin tugas bwt d sklh,

  54. 54 fikri aji said at 8:04 pm on August 22nd, 2011:

    simpang simping pake selampe,
    eh disamping emping baru nyampe

  55. 55 ioneday amanda said at 3:57 am on September 3rd, 2011:

    wah seru bgt nich mbAK

  56. 56 johanes said at 10:54 am on September 6th, 2011:

    wah seru juga nih law main pantun pantunan trs

  57. 57 ladyrose_87 said at 6:39 am on September 20th, 2011:

    seneng dech liat orang berbalas pantun

  58. 58 Bed Cover Murah said at 9:33 am on September 25th, 2011:

    jadi inget pelajaran bahasa indonesia..

  59. 59 Wirausaha said at 11:03 am on September 27th, 2011:

    pelajaran waktu sd nih

  60. 60 budi said at 12:07 am on September 29th, 2011:

    Ikan sepat ikan gabus ikan lele
    sama sama hidup diair yang tawar
    makin cepat makin bagus jangan bertele tele
    karena perut sudah teraa lapar

  61. 61 gilang said at 10:17 pm on October 15th, 2011:

    ADA KUDA ADA KEBO
    YAUDA MET BOBO
    wkwkwk

  62. 62 iwan besut said at 6:16 pm on October 17th, 2011:

    pergi ke kedai membeli timung siang ke mung

  63. 63 DHIKA BIEBER said at 5:16 am on November 9th, 2011:

    IKAN BANDENG
    MAKAN KAWAT
    ORANG GANTENG
    NUMPANG LEWAT …..
    HE HE HE

  64. 64 Alvian said at 2:37 am on November 15th, 2011:

    Pergi ke kebun nyolong buah mangga……….
    Ternyata berpantun asyik juga

  65. 65 Habiiib said at 7:19 am on December 6th, 2011:

    rumah SBY kaya istana
    di isi sama nyonya
    kalaw saya boleh nanya
    gimana caranya

    maklum baru coba…
    heheheheh……….

  66. 66 IBKAR said at 4:23 am on January 9th, 2012:

    due tige kucing belari
    due singgit mane nak cari

  67. 67 mi al hikmah said at 7:22 pm on January 17th, 2012:

    mba intan, izin sedot ya, buat anak-anak di kelas IV. kamsiya.

  68. 68 Prabowo said at 2:15 pm on January 22nd, 2012:

    wah keren2 ne pantunnya……

  69. 69 Ratu Pantun said at 2:51 am on February 3rd, 2012:

    Malam malam ke Plazza
    tiba disana membeli pita
    nelponin teman habisin pulzza
    nelponin abang nambahin cinta

  70. 70 Oki Jo said at 8:06 pm on February 21st, 2012:

    Mantap pantunnya…

  71. 71 designer said at 2:50 pm on June 16th, 2012:

    hehehe.. klo ane pasti diem tak bisa pantun soalnya

  72. 72 Onderdil Motor said at 2:32 pm on August 20th, 2014:

    Pengen kenal nih sama mba intan, hi hi

  73. 73 intan rawit said at 10:32 am on August 24th, 2014:

    salam kenaaal @onderdil motor hehehe


Leave a Reply


  • × six = 30