.entry-content p { text-align: justify; }
April 21

Serunya Berbalas Pantun

Menarik? silahkan berbagi..

Berpantun?

Hayoo…pasti lagi mikirin  itu pelajaran pas  kelas berapa SD ya? Rasanya dah lama sekali kita mempelajari pantun di pelajaran Bahasa Indonesia ini. Karena ga pernah dipake, ga terbiasa, ya berasa asing dan canggung kalau sekarang disuruh berpantun sekarang. Do you feel the same?

Tapi akhir-akhir ini saya dipaksa memutar otak untuk membalas pantun-pantun yang dikirimkan oleh papa sahabat saya yang tinggal jauh disana, di bumi Bangka Belitung. Bapak Bundiar namanya. Karena sudah dekat seperti keluarga sendiri, kamipun sering berkomunikasi lewat telepon atau sekedar berkirim pesan melalu sms. Nah tapi uniknya isi sms beliau ini ga sekedar pesan biasa tapi isinya pantun! Dan ga cuma kirim aja, beliau juga minta ditanggapin dan dibalas pesannya dalam bentuk pantun juga! Hahaha…ya mungkin karena beliau orang Melayu ya jadi masih kental darah sastranya.

Coba deh tengok pantun-pantun bapak, keren2!

Jalan-jalan ke Jawa Barat

Disana terkenal gunung Galunggung

Bapak Ibu sehat-sehat

Sekarang makan siput gunggung

(ini sms balasan bapak pas aku tanya kabar mereka bagaimana)

Seringnya subuh-subuh bapak juga kirim sms buat bangunin saya. Inisial B untuk Bapak, dan I untuk Intan (saya sendiri).

B :  Buah ketimun buah kedondong

Bangun dong

I  : Beli nangka di pasar, Keberatan jadinya digendong

Udah bangun dong

Lanjuut…

B : Duduk santai di rumah joglo, pandai juga lo…

I : Jalan-jalan naik gajah, nyasar ke kota Solo

Ya iyaalaah, Intan gitu lo..

B : Di Bali banyak orang Belanda

Duduk santai di Tanah Lot

Kita emang suka bercanda

Kirain kamu bolot

I : Makan bekicot di Semanggi

Gimana bisa bolot, kan cucunya pak Habibi..

Wkwkw….lucu juga ya berbalas pantun gini, seruu!! Bisa melatih kemampuan berpikir otak dan kreatifitas kita juga ternyata lho. Harus berpikir  asosiatif dan memikirkan makna katanya. Rumusnya sebenarnya gampang, pikir dulu isi pantun untuk  2 baris terakhir. Baru kita memikirkan sampiran yang biasanya ga ada hubungannya dengan isi di dua baris pertama.  Pola  pantun bisa berbentuk a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a).

Eh ternyata si pantun ini punya sodara juga lho, namanya si Karmina dan Talibun. Ah?apaan lagi tuh? Jadi kalo Karmina tu pantun versi pendek (biasanya 2 baris saja), sedangkan Talibun merupakan versi panjang dari pantun yang bisa terdiri dari 6 baris atau lebih.

Oh ya, masih belum selesai nih berbalas pantunnya sama si Bapak..yuuk cekidot

(Subuh-subuh dah kirim sms lagi)

B : Kalau pergi ke Rawamangun

Kiri kanan gedung bertingkat

Wahai kawan segera lah bangun

Mari kita kerjakan sholat

I : (Aku speechless, ga ada ide buat bales..wkwkkw…maklum baru aja bangun lom bisa diajak mikir nih otak, haha…1-0 deh ma si bapak. Aku balesnya gini: Bentar pak, saya tak mikir dulu balasan pantunnya )

B : Siapa tak kenal Jendral Wallabi

Dia tewas saat pertempuran

Katanya keturunan Habibi

Pantun aja pake pikiran

Gubraaaaaaaaakk….skak mat, kalah deh aku…waahahha, ayoo ntan mikir-mikir lagi!

I : Si tukul berkumis lele

Ariel Peterpan sukanya makan ikan rese

Lom fasih berpantun dimaklumin aje

Maklum aye tak terbiase

(Hahaa….maksa banget ya?ga banget deh..hahahha)

B: Pagi hari mencari kumbang

Yang dapat ikan belanak

Kami mau pergi ke Palembang

Lama tidak bertemu anak

I : Briptu Norman jadi artis karbitan

Luna Maya langsung kelabakan

Bapak Ibu hati-hati di jalan

Semoga selamat sampai tujuan

Hihi…gimana? Seru kaaan berpantun ria? Nah sekarang coba sobat-sobat blogger semua tunjukkan kemampuan berpantunnya di kolom komen, itung-itung melestarikan budaya asli bangsa kita ini. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Yuuk mari berpantun..

foto dari sini




Posted April 21, 2011 by intan rawit in category "Just Something Personal

75 COMMENTS :

  1. By mi al hikmah on

    mba intan, izin sedot ya, buat anak-anak di kelas IV. kamsiya.

    Reply
  2. By Dadali on

    wah menarik sekali, banyak pesan-pesan moralnya.
    jadi keinget lagu daerahnya Manuk Dadali, lagunya populer amat 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *