.entry-content p { text-align: justify; }
March 16

Makanan bergizi untuk si calon ibu

Ehemm…

Dari kemarin postingannya kok makanan mulu sih tan? ga ada yang lain apa ya?hihi..selain emang doyan dan hobi makan *ga rakus lho ya! Sekarang saya g cuma mikir makan buat sendiri, tapi buat si adek yang masih  di dalam perut juga :P.  So selain porsi makan harus ditingkatkan sampai 2 atau 3 kali lipat dari biasanya kata bu bidan lho, calon ibu juga harus memperhatikan asupan nutrisi dan kandungan gizi dalam makanan yang dikonsumsinya.

Ceritanya saya habis dari toko buku dan beli beberapa buku, salah satu buku judulnya adalah 101 Makanan dan Minuman Ibu Hamil dan Menyusui. Isinya lengkap banget!, mulai dari pengaturan gizi, pemilihan menu, mengenal ragam makanan penting dan yang paling keren adalah 101 resep menu makan dan minum untuk ibu hamil dan menyusui!

Nah, buat saya yang masih dummies alias newbie dalam hal masak memasak buku ini membantu banget waktu menyiapkan menu masakan sehari-hari. Resepnya juga simple dan sederhana banget  kok, ga njlimet dan susah.

Oke deh sekarang saya juga mau sharing dikit isi bukunya tentang CERMAT MEMILIH MENU bagi Ibu Hamil. Sebaiknya makanlah beberapa makanan seperti di bawah ini setiap hari, selain kaya kalsium, kandungan protein, vit. C, serat, karobohidrat, asam folik dan zat besi.

  1. Susu Rendah Lemak (Skim Milk) (Kadar kalsiumnya tinggi tapi kadar lemaknya rendah dari susu biasa)
  2. Ikan Sardin dan Keju Sumber makanan ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis pada ibu hamil. Karena bila kekurangan kalsium, bayi akan mengambil persediaan kalsium di tubuh ibu.
  3. Sumber makanan yang kaya vitamin cabai merah, paprika, strawberi, jeruk. Sumber makanan ini akan membantu pertumbuhan plasenta dan mencegah terjadinya infeksi.
  4. Serat dan Karbohidrat gandum, beras merah, kedelai, kacang merah, kacang panjang, lentil atau kacang polong. berserat ini untuk mencegah sembelit (susah buang air besar pada ibu hamil).
  5. Vitamin A Sayuran berwarna hijau, merah atau kuning seperti brokoli, paprika kuning atau tomat akan membantu perkembangan syaraf pusat pada janin.
  6. Asam Folik terdapat pada brokoli dan bayam.
  7. Zat Besi terdapat pada ikan tuna dan bayam.
  8. Daging sapi penting untuk produksi darah merah yang mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh dan bayi, daging juga kaya akan zat besi.
  9. Alpukat mengandung banyak folat, bisa dijus atau dimakan dengan susu manis.
  10. Telur kandungan kalsiumnya tinggi, kaya protein dan rendah asam lemak.

Oya ada juga lho makanan yang sebaiknya dihindari buat ibu hamil, ni dia..

  1. Berbagai Ikan Laut misalnya ikan pedang, hiu, raja makarel, juga ikan tuna kalengan dan jenis ikan laut di pelabuhan penangkapan ikan karena biasanya mengandung metal merkuri tinggi dan logam yang jika masuk ke otak atak sistem syaraf akan mengganggu pertumbuhan janin. Perlu dibatasi juga konsumsi ikan salmon, udang, patin, tengiri, kakap laut dan bawal.
  2. Makanan Hewani dan Setengah Matang Daging merah, unggas, makanan laut (sushi, sashimi, kerang), telur mentah/setengah matang. Makanan dari sumber hewani yang dimasak setengah matang akan mengandung variasi bakteri dan virus.
  3. Daging Olahan yang dikemas Hindari mengkonsumsi daging seperti deli, turki, salami, sosis dan yang sejenisnya kecuali telah dipaparkan ulang hingga benar2 beruap.
  4. Makanan Olahan Susu tanpa Pasteurisasi Ini termasuk susu dan jenis keju-kejuan yang belum mengalami proses pasteurisasi karena bisa saja mengandung bakteri listeria yang berbahaya.
  5. Jus tanpa Pasteurisasi Jus seperti yang dibeli di pinggir-pinggir jalan sangat berbahaya karena mungkin saja terpapar bakteri.
  6. Sayur-sayuran dan Kecambah Mentah
  7. Herbal dan Jenis Teh Herbal
  8. Segala Jenis Minuman bersoda apalagi beralkohol bisa mempengaruhi kecerdasan bayi karena akan mengambil oksigen saat dikonsumsi.
  9. Makanan mengandung Alergen menghindari makanan beralergi akan mengurangi resiko alergi bagi bayi.

Sekian dulu ya sekilas infonya, kalo ada yang kurang silahkan ditambahin.

Turut prihatin dan berduka cita juga dengan musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Jepang sana. Dan salut dengan mbak EM yang tetep tabah dan survive dengan kondisi yang ada, terutama masalah pengolahan makanan selama kondisi darurat sekarang. 🙂 Semoga selalu diberikan keberkahan dan keselamatan disana. Amin Ya Allah…

Source : Buku 101 makanan dan minuman ibu hamil dan menyusui

Gambar dari sini



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted March 16, 2011 by intan rawit in category "Just Something Personal

11 COMMENTS :

  1. By Cahya on

    Kalau yang nomor 9 itu maksudnya avokad (Porsea americana) ya? Akhirnya tidak ada makanan yang berupa susu yang sering diiklankan :).

    Btw, blog ini pakai WP-spamfree kah? Setahu saya sudah didukung lagi oleh WordPress, mungkin ada baiknya diganti dengan yang lebih ramah seperti Akismet atau AntispamBee :).

    Reply
  2. By intan rawit (Post author) on

    iya cahya…makanan alami ternyata lebih banyak kandungan gizinya daripada susu kering yang sering di iklan2 tu..

    lebih ramah maksudnya gimana ya cahya?iya ni emang pake WP-spamfree..hehe

    Reply
  3. By zee on

    Ibu hamil memang kudu memperhatikan asupan gizi, agar janin di dlm kandungan Insya Allah terjamin kecukupan gizinya.
    Saya dulu lgsg stop fast food & soda, hahaha.. Dan ternyata sanggup aja tuh 2 thn ga makan fast food dan g sentuh soda..

    Reply
  4. By Sahlan on

    artikelnya bagus banget intan… kadang ibu hamil ada ju

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  5. By intan rawit (Post author) on

    komennya lom kelar ya mas sahlan?hehe..ndak papa..thanks kunjungannya yah..

    @mb zee L wahaha..kalo fastfood ma soda mah aku selamanya juga tahan..hihi.jarang2 jg makan fastfood..hoho

    Reply
  6. By intan rawit (Post author) on

    waduh…gimana tuh mb ari…mas irawan juga dong yang kontrol..hehe..moga kehamilannya sehat-sehat aja ya…salam buat mb ari

    Reply
  7. By andi on

    istri lg lahim…1 bulan sich, nee br getol cari2 info2.maklum baru 1st time.tlg info yg laen yang ada kaitannya dengan ibu hamil…thnks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *