.entry-content p { text-align: justify; }
March 5

Luosifen vs Mie Aceh

Yeaahh ini dia mie kesukaan saya selama berada di negeri tirai bambu. Mie yang berasal dari daerah Liuzhou, Guangxi ini namanya luosifen. . Mienya kenyal banget, trus  ada kembang tahu, kangkung (atau sayur lain) , kacang, jamur, dan bisa juga  ditambahin telur . Rasanya puedesss banget! Pokoknya maknyus deh. Buat pecinta makanan pedas dan sedang terdampar di daratan China yang rata-rata makanannya berasa tawar, mie ini bisa jadi rujukan lho. Wajib dicoba! hehe…

Kuah mie luosifen ini utamanya terbuat dari siput sawah. Rasanya kenyal-kenyal gimanaa gitu siputnya..hehe.. ohya  ada yang sudah pernah makan siput sawah? Denger-denger sih  hukumnya masih belum jelas gitu halal atau haramny, ada yang tau?tapi saya pernah sih makan sekali, dimasak pake rebung dan cabe jadi rasanya asam2 pedes gitu..enak sih buat cemilan, hehe..

d’ Snails

Dan sekarang walaupun baru satu bulan pulang ke Jogja tapi aku udah kangen banget sama pedasnya luosifen ini, huaaa…duh jangan-jangan ngidam yah?hiks:(..jangan ya nak, kasihan bapakmu ntar jauh-jauh ke china cuma buat nyari luosifen. Hihi. Tapi setelah aku bilang ke mas kalo aku pengen luosifen dan kasih liat gambarnya kayak gitu, dia trus ajakin aku makan ke kedai Beungong Jeumpo. Ahaii…katanya disana ada luosifen juga. Masak sih?

Dan tarraaaaaa…inilah dia luosifen versi Indonesia alias Mie Aceh.

Rasanya gimana?hmmm nendang banget deh bumbunya,  padu-paduan rempah2nya kuat banget maklum aja katanya bumbunya pake rempah-rempah 12 macam. Waww mantapp boo!!

Ga kecewa deh, ngidamnya luosifennya sedikit terobati dengan adanya mie Aceh ini. Ya lumayan rasanya sebelas duabelas lah, dilihat dari bentuknya sih sama-sama merah dan pedes. Hehe..

Yukk pada nyobain mie Aceh! enak lhoo…

🙂 Selamat berakhir pekan teman-teman!

foto dari sinisini dan sini



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted March 5, 2011 by intan rawit in category "Just Something Personal

20 COMMENTS :

  1. By marsudiyanto on

    Dari warnanya keliatan sekali kalau rasanya nendang…
    Saya sendiri dimasak apapun kalau mie suka yg pedas.
    Keong sawah ditempat saya banyak sekali. Istri saya sering beli dari anak2 tetangganya mertua.
    Saya sich nggak doyan.
    Dimasaknya juga pedes juga.
    Kalau liat orang makan kayaknya enak, tapi giliran nyoba rasanya geli2 gimana…

    Reply
  2. By ruli on

    halo intan, pertama X ni.
    wah jgn2 emg ada relasi historis yaa..antara mie aceh dan luosifen. 🙂

    Reply
  3. By jumialely on

    Wah … siput sawah, kalau Orang Batak Karo menyebutnya Cih mbak e, biasa digulai bersama labu kuning, lezat sekali.

    Kalau Mie aceh di Medan Sangat banyak, saya suka loh mbak. Emang rasanya super deh.. jadi luosifen itu kaya mie aceh tho…
    🙂

    Reply
  4. By Nchie on

    Waduh menggoda banget..
    Intan…kayanya enak yah,..
    Cuma kadang aku termasuk orang yang ga mau coba2 makanan yang aneh2,apalgi bumbunya aneh2 juga,yang ga sesuai ma perutku,jadi ga nikmat,*ndeso* heheh..
    Perutku nerimanya,masakan sunda,jawa,padang heheh…

    Reply
  5. By iLLa on

    wah, sepertinya kedua2nya mengakomodir selera saya yg doyan pedassss..
    pengen coba mie aceh dari dulu euy, tapi pas nyampe rumah makan selalu lupa, jatoh2nya malah soto lamongan lagi, hahaha..
    selamat menghadapi awal pekan (ini komen ditulis menjelang awal pekan soalnya :D)

    Reply
  6. By mamah Aline on

    mie aceh memang maknyus ya… saya juga sampai ketagihan 😀
    tapi kalo liat luosifen dengan kuah merah pedas itu duuhhh jadi pingin nyobain deh.. tapi gak mungkin kan jauh-jauh ke china 😀

    Reply
  7. By bintangtimur on

    Belum pernah nyoba Intan, tapi kalo dilihat dari warnanya sih rasanya kayaknya seru… 😀

    Disini kedai mie Aceh itu namanya Cie Rasa Loom. artinya nggak tau deh 😉

    Reply
  8. By daman on

    Aku cuma kadang orang yang termasuk makanan yang ga mau coba2 aneh2, apalgi bumbunya aneh2 Juga yang ga sesuai perutku MA, GA nikmat Jadi, ndeso * * heheh ..

    diabetes symptoms

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *