.entry-content p { text-align: justify; }
March 2

Bakpia Keju

Ada orang bilang, sepandai-pandainya perempuan, sesukses-suksesnya perempuan, dan setinggi-tinggi karirnya seorang wanita, tapi tetap tak boleh meninggalkan urusan dapur. Hmm, waktu masih gadis sih belum gitu sreg ya sama ungkapan para orang tua ini, emansipasi dong..cowo or para suami juga harus turun ke dapur juga bantuin masak! xixi…jadi inget chef edwin lau..waaa kerennn banget kan kl cow bisa masak di dapur, soo sexy…hehe… ngelantur deh

Tapi setelah berkeluarga, baru deh ngerasain pentingnya bisa masak or at least bisa mengolah makanan di dapur menjadi sesuatu yang bisa dimakan, alih-alih beli or jajan diluar. So menurutku dah ga ada alasan lagi sekarang untuk kita ga terjun ke dapur, pertama : jelas gizi keluarga bisa kita atur dan juga kehigienitas makanan bisa terjamin kalo masak sendiri, kedua dari segi ekonomi, ngirit dan berhemat tentu saja bisa dilakukan daripada beli nasi plus lauk di luar. ya ga? kecuali kepepet, masak nasi sendiri trus beli sayur ma lauk diluar boleh deh…loh??hehe, sekali-kali ga papalah

Yup langsung aja, mulai hari ini saya akan menambahkan satu kategori lagi di blog ini yaitu Recipes for dummies, jadi pengen share pengalaman saya masak mulai dari mengolah masakan or cemilan yang simple-simple, tujuannya ya berbagi aja gt, siapa tau bs untuk referensi ibu-ibu or para gadis lain..xixiix…*sok bisa banget deh..

Oke hari ini saya akan membahas cara membuat Bakpia Keju, resep ini didapat dari adik kandung saya, Tika. Bahan-bahannya simpel banget, cara masaknya juga gampaang…yuk cekidot..

Bahan-bahan

1. Singkong  1/2 kg

2. Mentega

3. Keju

4. Gula pasir

Cara Mengolah

1. Rebus singkong yang sudah dikupas dari kulitnya sampai matang dan lunak, tiriskan

2. Ambil sumbu yang ada pada batang ubi tersebut kemudian tumbuk sampai halus (bisa pake ulekan or alat lain)

3. Campurkan mentega secukupnya kedalam adonan ubi yang telah ditumbuk tadi, (dicampur-campur pake tangan aja)

4. Gula diblender sehingga menjadi gula halus, masukkan ke adonan.

5. Parut Keju secukupnya dan campurkan juga ke dalam adonan.

6. Bentuk adonan sesuai selera, bisa bulat-bulat pipih, lope-lope, kotak or terserah, tapi yang bagus sih mirip bakpia gitu, jadi bulat-bulat pipih.

7. Sangrai ke dalam teflon (ga usah pake minyak coz di adonan tadi udah ada mentega), tunggu kira-kira bakpia berubah warna agak kecoklatan di bagian tengahnya, angkat.

7. Sajikan selagi hangat

Dan tarraaa….ini dia hasilnya.. (ntar dikira hoax lagi kagak ada pictnya, hehe)

Special thanks buat adekq tersayang, hihi..dah cantik pinter masak pula..lopph uu..

tika dan bakpia



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted March 2, 2011 by intan rawit in category "Mom's diary", "Recipes for dummies

24 COMMENTS :

  1. By melly on

    Mba Ubi apa singkong?

    klo ada sumbunya kan singkong
    klo ubi gak ada sumbunya..

    tp klo di kampungku ngomongin singkong yah ubi 😀 😀

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  2. By Nchie on

    hai..baru berkunjung lagi nih ..
    waahh..jadi mauu…laper deh..

    Setuju banget,setinggi-tingginya perempuan berkarir,sesukses-suksesnya dan sepandai-pandainya perempuan,pasti ujung2nya balik ke dapur,sudah naluru wanita..
    Dan aku sangat merasakannya itu hee,tapi apapun itu kalo kita melakukannya dengan ikhlas dan senang terasa indah,tul gaa..

    Aku coba ahh resepnya nanti,makasih yah..

    Reply
  3. By Nie Strobby on

    ahihihihiiii..mbak ntan udah pinter masak niy..
    aku mau nyoba bikin bakpia kejunya ah.. kayaknya yummy 🙂

    Reply
  4. By Merli on

    apapun yang berbahan keju.. say apasti suka.. sayangnya saya gak bisa masak 🙁 ketauan deh :p

    Reply
  5. By intan rawit (Post author) on

    @mama olive : waaa..ada kesalahan, human error ni mbak..harusnya singkong tapi aku nulisnya ubi..adooh..fatal2

    @melly: Iya bener singkong..duh salah aku..hehe..segera diedit wis

    @Mb dian : hehe..tak kirimi bakpia po pie mbak?biar terobati kangennya, hehe

    @Rini : hehe..sini makanya maen2 kerumah.. 😛

    @merli : itu gampang bangettt merli. coba deh, aku aj ga bs masak kok sebenarnya, tapi nyoba2 aja.hehe

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  6. By html1155 on

    patut dicoba….
    thanks berat….

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  7. By bintangtimur on

    Intaaaan, ternyata sederhana banget cara bikin bakpia keju ini, mana tampilannya menarik lagi…uh, jadi pengen… 🙁

    Reply
  8. By Ikkyu_san on

    heheheh kalau aku prinsipnya kalau masak harus cepat, karena aku masak persis sebelum makan. Kebiasaan di Jepang makan harus panas-panas.
    Sayang di Jepang tidak ada singkong… tapi mustinya ubi juga gpp kan?

    EM

    Reply
  9. By 3sna on

    Wah… terima kasih sekaliiii… kebetulan saya lagi nyari resep ini… mau buatin pacarku eehehehe…

    emang masalah urusan dapur… dulu sebelum jadian sama dia suka bilang… taklukan hati sang pria dengan perutnya dahulu… jadi deh belajar masak… huhuhuhu… *perawatan wajah saya berantakan panas kena kompor*

    wkwkwkwk…

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  10. By Tuti Nonka on

    Dulu awal-awal menikah saya bingung karena nggak bisa masak. Lalu belajar, dan akhirnya bisa masak lumayan. Tapi kemudian dengan berjalannya waktu, saya sibuk kerja, dan di rumah ada asisten yang sudah bisa masak (awalnya saya juga yang ngajarin), sehingga saya nggak lagi masak, hanya nyicipin dan ‘menyempurnakan’ masakan asisten sebelum dihidangkan.

    Sampai sekarang, saya nggak lagi masak, lha wong si Mbak sudah pinter. Nanti kalau saya masak sendiri, dia nggak punya kerjaan dong. Lagipula saya memang nggak ada waktu lagi. Sisa waktu lebih baik saya pakai untuk belajar ini itu, untuk mengembangkan potensi diri …. 🙂

    Reply
  11. By intan rawit (Post author) on

    @html1155 : gmna mas, dah jadi ta?hehe
    @mb yessi : beneran mb mau ke jogja?hihi..tak buatin bakpia sini, hehe
    @Pakdhe mars : Iya kemaren kok kepikirn dikomersilkan gitu, tapi setelah diitung2 kok ga menutup biaya produksi ya..hehe..soale pake keju segala..haha
    @Bu irma : ayo bu, bikin2 ajah.,gampang kok..hehe
    @cahaya bali : wii malem2 mah enaknya bikin nasi goreng..hehe
    @TE : Mb imel bisa kok pake ubi, aku juga mau ganti pake ubi kawi yang warnanya ungu itu..hehe
    @3Sna : gmn mba, udah jadi lom bakpianya?hehe..simple and praktis kan…pacarnya pasti seneng deh..
    @TV : Waaa….enaknya sekarang dah ada asisten..moga2 besok aku bisa punya asisten juga kayak bu tuti deh..xixi

    Reply
  12. By Merliza on

    mampir berkunjung mbak 🙂
    kue nya masih ada?!?!?

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  13. By Yeny Fajar on

    Hmmm…kelihatannya enak dan gampang di buatnya…
    tp kok ga ada takaran bahannya mba????
    pliss…kasih tau dong mba….

    Reply
  14. By xi kurushi shanchai on

    waahh……….resepku wiii mb.ckckckck,ya tak apelah kalo dah di posting,ckckckck.yang penting muantap to resepe,gak repot lan mudah bikinnya.tunggu resep dari saya selanjutnya,heee……

    Reply
  15. By yati on

    Bahannya mudah dicari, cara membuatnya mudah. Patut dicoba nih, oh ya, ini ketahanannya brp hari? bisa 2-3 hari kah?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *