.entry-content p { text-align: justify; }
December 4

I love Bahasa!

Bahasa

Yup, demikian orang bule or orang luar negeri menyebut Bahasa Indonesia, bahasa resmi bangsa kita.  Menurut saya, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang cukup populer di kalangan orang luar negeri. Setiap kali saya bertemu dan berbincang dengan orang asing,2  hal  yang mereka tahu tentang Indonesia adalah Bali dan Bahasa. Oh ada lagi, nasi goreng. 😛

Yeah..yeah I know Bahasa, it’s really cool. Apa Kabar? *baca apa kwaball:P

Di RRC atau  China, Bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa yang prospeknya cukup bagus untuk mencari pekerjaan yang layak dan menjanjikan. Di seluruh daratan China hanya ada 5 Universitas Besar dan ternama yang mempunyai jurusan Bahasa Indonesia, sedangkan kebutuhan akan tenaga kerja yang mampu berbahasa Indonesia semakin lama semakin tinggi. Hubungan perdagangan, industri, dan pemerintahan antara RI dan RRC yang semakin baik semakin mendukung prospek Bahasa kedepannya.

Jadi tidak mengherankan jumlah peminat pelajar jurusan Bahasa Indonesia setiap tahunnya meningkat tajam. Di kampus saya aja, Guangxi University for Nasionalities sampai saat ini sudah ada 4 fakultas yang menyediakan jurusan Bahasa. Salah satunya adalah Fakultas Bahasa Asing, Fak. Sastra Mandarin, Fakultas Pendidikan Internasional, dan Fak. Perdagangan Internasional. Jumlah muridnya?ratusan..sampai kampus kewalahan  mencari tenaga pengajar.

Di sini, tidak hanya mahasiswa jurusan bahasa asing saja yang bisa belajar bahasa Indonesia. Tetapi fakultas-fakultas lain juga menyediakan pembelajaran Bahasa sebagai jurusan kedua bagi setiap mahasiswa. Jadi disamping belajar jurusan ekonomi internasional, submajornya bisa belajar bahasa Indonesia atau bahasa Asia Tenggara yang lain.

Melihat banyaknya orang asing yang belajar Bahasa kita, membuat saya trenyuh, terharu, masygul, bangga, haru biru, semua rasa tercampur jadi satu. Mengetahui betapa kerennya bahasa kita dimata mereka. Tersentuh sekali melihat betapa kerasnya mereka belajar menghapalkan suatu kata atau ketika berlatih pengucapan ‘rrrr’ *tiap hari murid-murid biasanya meluangkan waktu satu jam untuk berlatih ‘r’ dan ini bisa berlangsung 3-6 bulan untuk bisa fasih.ck..ck…

Tetapi ketika melihat diri saya dulu..sungguh membuat saya malu sendiri. Terus terang, duluuu sekali waktu masih muda, halah..:P kecintaan saya terhadap bahasa Indonesia sangat tipis, sungguh diragukan. Dulu mikirnya  sempit banget, pokoknya tiap belajar bahasa asing dan kalau bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari itu bakaln lebih gaul, lebih kerennn…top markotop pokoknya. Tiap hari belajar How to speak English, gimana caranya biar bisa cas cis cus..dan terlihat keren di mata orang-orang.

Disisi lain, apa yang saya lakukan waktu itu adalah mengesampingkan bahasa Nasional saya sendiri. Sedikit berpandangan miring dan tidak membanggakan bahasa saya sendiri. Meskipun dulu waktu esde saya pernah juara lomba Bahasa Indonesia tingkat kabupaten, tetapi untuk kuliah jurusan Bahasa Indonesia sama sekali tidak ada dalam benak saya. Sama sekali! Miris bukan…

Sekarang..saya sungguh menyesal.

Mengapa dari dulu saya tidak memperdalam ilmu bahasa Indonesia saya, kenapa saya memilih jurusan bahasa asing. Sehingga sekarang saya bisa mempergunakannya untuk memperkenalkan Bahasa dan budaya kita kepada orang-orang asing di luar sana, Kenapa…kenapa…mengapa….ah..penyesalan memang selalu datang belakangan. Tak berguna.

Sekarang sebagai seorang pengajar Bahasa Indonesia saya merasa sama sekali kurang layak karena tidak didukung dengan ilmu tentang Bahasa yang cukup.

Tapi..saya tidak akan menyerah dan menyesal pada keadaan ini., NO…bukan gue banget..so sebisa mungkin saya belajar dari awal. Fonologi Bahasa, Morfologi bahasa, Sintaksis bahasa Indonesia, Sastra dan Budaya Indonesia…dan masih banyak lainnya…

Semangat!

*Semoga esok bisa menjawab pertanyaan murid; tentang mengapa ajak ditambah awalan me- jadinya mengajak, dan kenapa beli ditambah awalan me-m kok jadinya membeli…atau perusahaan bacanya per-usahaan atau perusahaan, or paling susah adalah gimana cara mengucapkan ‘r’dengan baik dan benar?

Guru!Kami suka belajar Bahasa Indonesia!ujar murid-murid

Ya! Saya juga suka dan bangga Berbahasa Indonesia!



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted December 4, 2010 by intan rawit in category "BIPA

13 COMMENTS :

  1. By The Gombal's on

    selain pelajaran bhs indonesia, ada lg pelajaran bhs daerah/bhs jawa. nilai2ku selalu anjlok nek pas boso jowo. dan sama seperti sampean, saiki aku nyesel knp mbiyen leh ku sinau boso jowo ra dikatamke sisan. namanya juga org nyesel, datangnya selalu belakangan. tp nek menyerah, bukan den gombal namanya *hihihi, melu2.

    Reply
  2. By Deden Hf on

    3-6 bulan untuk melafalkan huruf “R”?? beuuh, ternyata bahasa kita susah juga ya?? 🙂

    Terus berdjoeang mba! semoga bahasa indonesia semakin mendunia.

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  3. By aldy on

    Ops…kalau bahasa daerah, kebetulan banyak yang saya kuasai, tidak demikian dengan bahasa Indonesia. Jujur, bahasa Indonesiaku hancur lebur, prisipnya, saya bicara anda mengerti 🙁

    Reply
  4. By bintangtimur on

    Halo Intan…dikirain udah nggak posting lagi lo, jadi aja saya nggak pernah jalan-jalan kesini, maaf 🙂
    Saya sangat suka bahasa, biarpun bahasa Inggris saya…ehm, ya gitu deh…tapi bahasa selalu membuat saya antusias buat mempelajarinya.
    Baca cerita di posting ini juga membuat saya bangga, ternyata bahasa Indonesia menjadi bahasa yang menarik untuk dipelajari orang-orang sana…hehe, rrrrrrr, jadi inget waktu saya masih kecil, belajar menyebut huruf r itu susahnya memang rrruuuaaarrrr biasa 😛

    Reply
  5. By intan rawit (Post author) on

    @den gombal : wahah..jadi inget bahasa Jawa saya malah jauh lebih ancur daripada bahasa Indo saya..dah lupa kayaknya aksara2 jawa itu..bahasa Krama Inggil?hmm lewat deh..hehe..tapi bisa kok kalo niat belajar lagi dari sekarang., Ayo semangat den!hehe..

    @den hanafi: Yupp…bahkan ada yang sampai setahun masih ga beres ‘r’nya..hehe…jangan dikira bahasa kita gampang den..susah booo…hehe

    @om aldy: iya sih om, yang penting bisa untuk komunikasi udah cukup

    @BintangTimur : Waaaa..jadi malu ketauan baru posting lagi..hihi..iyaa bu saya juga makin bangga dengan bahasa kita..hehe..ga demen lagi mah ma bahasa Ingglis..xixi

    @achoey :Yook…yook…jadi bahasa yang ngetren di ASEAN dulu deh..hehe 🙂

    Reply
  6. By Bibi Titi Teliti on

    Intaaaaan…
    jadi guru bahasa kah sekarang disonoh????

    Satu hal yang aku rada bingung tentang bahasa kita adalah…
    Prakteknya sangat mudah untuk dipakai…
    Tapi teorinya astagaaaaa…hihihi…
    *curhat dari dulu pel. b. Ind jelek terus*

    Sampai sekarang masih suka bingung dengan alasan peleburan/konyugasi yang Intan sebutin di atas…
    atau tentang majas lah, aktif intransitif lah, dsb…
    Lanjutkan perjuanganmu ya Tan!!!!!

    Reply
  7. By Nurun Pink Jia You on

    hehehe berarti bener dong mb kata orng semakin qt jauh meninggalkan tanah air tercinta semakin besar kita mencintainya

    Reply
  8. By manda on

    waaa..komennya banyak *ngiri*

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  9. By melly on

    mba Intan kereeen banget, waktu SMA aku pengen banget bisa masuk jurusan bahasa. tp sayang di SMAku dulu gk ada jurusan bahasa.
    Aku juga sangat mencintai bahasa Indonesia, walaupun aku gak ngerti SPOK 😀
    tp alhamdulillah nilai2 bahasa Indonesiaku sewaktu sekolah bagus2 semua :D, bahkan tertinggi dikelas..ihieey 😀 *sombooong*

    Dan sekarang aku sering menghajar (bukan mengajar) temen2 di facebookku supaya nggak menulis dengan cara 4L4y kalau lagi update status..hihihi. Sukurnya mereka mau dengerin dan udah 2 orang yang berubah 😀

    Reply
  10. By PayneWILLA27 on

    Some time before, I needed to buy a car for my corporation but I didn’t have enough cash and couldn’t order anything. Thank heaven my brother proposed to try to take the loan at reliable bank. Therefore, I did that and used to be happy with my sba loan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *