.entry-content p { text-align: justify; }
June 20

Pohon Wisuda

Menarik? silahkan berbagi..

Hehe..sejak kapan yah pohon-pohon ikutan wisuda?

Emang pernah ada sejarahnya para pohon ini kuliah ya?

Pengen tau ceritanya pohon wisuda?

Yuk..cekidot cerita dibawah ini

Eitss..ini bukan foto batu nisan yah, tapi batu ini menerangkan bahwa pohon di sebelahnya adalah kenang-kenangan dari para alumni mahasiswa fakultas kimia angkatan tahun 2004. Btw, kalo di Indonesia perasaan belum ada ya gerakan kayak gini? Yang ada habis wisuda ya makan-makan, or mentoknya sumbang buku ke perpustakaan. . Tapi kalo di kampus saya ini ada kebijakan bahwa setiap tahun, mahasiswa di setiap fakultas harus menanam satu buah pohon. Bayangin deh di kampus saya ini jumlah mahasiwanya bisa mencapai 30.000 orang, yang terdiri dari 14 fakultas. Jadi setiap tahun ada 14 pohon baru nongol di kampus.

Idenya menarik juga yah?

Coba ya kalo digalakkan di Indonesia, tidak perlu banyak-banyak, cukup satu buah pohon untuk setiap angkatan. Kalau misalnya setiap angkatan siswa yang lulus dari tingkat SD, SMP sampai Perguruan Tinggi punya kegiatan kayak gini pasti bisa menanggulangi permasalahan penggundulan liar yang semakin merajalela. Manfaat jangka pendek tentunya untuk mengurangi polusi udara yang semakin berat aja di kota-kota besar, Sedangkan untuk jangka panjang pastinya untuk mengurangi dampak pemanasan global dengan adanya gerakan menanam pohon ini.

So, ga usah terlalu muluk-muluk dengan gerakan ” Penanaman Seribu Pohon” yang pelaksanaannya cuma waktu-waktu tertentu saja, tidak berkelanjutan. Tapi akan jauh lebih baik dengan “Penanaman Satu Pohon” tapi dilaksanakan dengan berkesinambungan dan serempak. Kerjasama dari berbagai elemen, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa tidak hanya mengandalkan LSM dan pemerintah setempat saja.

Pantesan aja kota Nanning dijulukin The Green City dan di seantero China terkenal hijau dan banyak pohonnya. Ternyata tidak cuma hasil keringat PemDa yang nanem pohon, tapi juga mahasiswa ikut andil dalam menanam pohon.

Mau dong kampus or daerah di sekitar tempat tinggal kita rindang dan sejuk..kayak gini nih

Jadi buat yang mau wisuda, anggota BEM kampus atau yang ada koneksi sama pihak kampus, buruan gih usulin Gerakan Pohon Wisuda “1 pohon untuk semua”


note : Hihi…wagu bener ya semboyannya, terjemahan dari biye shu jadi pohon wisuda juga kayaknya aneh juga ya..bagusnya apa ya? ada usul?hehe



Copyright 2017. All rights reserved.

Posted June 20, 2010 by intan rawit in category "Chinese Culture

22 COMMENTS :

  1. By aldy on

    biye shu ( pohon wisuda ), nggak ada yang pas Mbak.
    Lagian nggak bisa bahasa mandarin, ngertinya cuma bahasa Khek yang hampir mendekati bahasa Kanton. Mungkin bisa juga di artikan sebagai Pohon Kenangan.

    Reply
  2. By intan rawit (Post author) on

    @aldy : Iya om, keknya pake pohon kenangan lebih pas ya, biye=wisuda, shu=pohon ..jadi kalo pake grammar Bahasa Indo cuma dibalik aja kan..hehe..tapi masih kerasa ga pas juga.

    @mawarsendu : Iya..saya suka pohon soalnya..

    Reply
  3. By mas arif on

    jiah masa pohon wisuda xixixi. .
    salam kenal . . . 😀

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  4. By iLLa on

    kreatif juga idenya. Jujur, kantor sy pun pernah mengadakan ini. gerakan menanam 1000 pohon. tapi yg ada apa? banyakan foto2nya, yg ditanam cuman seciprit. waktu sy nanya, mana 1000 pohonnya? dijawab ini cuman simbolis katanya.. ddoh..
    kita ternyata masih lebih sering ngomong ketimbang action langsung..

    Reply
  5. By Irawan on

    sebenarnya udah ada kok di indonesia, di kampus tempatku dulu kuliah, para alumni ninggalin pohon, tempat sampah, water pump dan fasilitas2 lainnya… tapi entah sekarang apakah masih ada

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  6. By wongkamfung on

    setuju banget saya ada pohon wisuda, kalo perlu anak2 tk juga sdh diajarin, kan skg mereka diwisuda juga. salam kenal mbak

    Reply
  7. By dian on

    Ih, beneran ide menarik. Bisa diterapkan juga untuk anak kelas SD sampai SMA. Jadi kenang2annya adalah bukan AC di setiap ruangan atau paving di depan kelas ya. So last year gitcu loch…

    Reply
  8. By idana on

    oke juga thu idenya…jadi ngak perlu hura2 lagi kalau mau ngerayain kelulusan yaaa

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  9. By Oyen on

    wew, salut buat mahasiswanya, eh mbak, ada pohon jodoh juga lho di cina, kapan2 de Oyen posting…wkwkwkkwkwk 😛

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  10. By intan rawit (Post author) on

    @illa : cuma buat jepret-jepret aja yah progamnya??ck ck..capek deh..hehe..bis tu ga keurus ya tu seribu pohonnya

    @wongkamfung : Yup..salam kenal jg mas

    @dian : ya mbak..untuk menanamkan kesadaran lingkungan yah..

    @idana:Iya..mending nanem pohon deh walau cuma sebiji hehe

    @Oyen :Hahaha…pohon jodoh??yang di dahannya dicantolin banyak kertas ma foto itu yah..hehe..yoh mbak..diposting lho yaa..

    Reply
  11. By bintangtimur on

    Ide yang sangaaaaat menarik!
    Pohon wisuda itu sebuah langkah nyata buat lebih menghijaukan lingkungan. Kalo misalnya lahan di kampus terbatas *banyak kan kampus swasta di Indonesia yang tempatnya di ruko* penanaman itu bisa dilakukan di lahan khusus yang disediakan oleh kampus bekerja sama dengan Pemda setempat… 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *