.entry-content p { text-align: justify; }
June 15

Perjalanan ke Barat

Pasti masih inget dong sama film ini

http://i44.tinypic.com/k0sx8m.jpg

Ceritanya tentang Biksu Tong beserta ketiga muridnya yang melakukan perjalanan ke barat, yang harus menaklukan 88 rintangan dan 99 halangan. Film ini adalah film favoritku waktu jaman kecil dulu, tiap sore pasti ga pernah absen nonton film yang aslinya berjudul (西游记 xi you ji) ini. Hayoo ada yang belum pernah nonton?

Oke deh, postingan kali ini saya tidak akan mengulas tentang film ini, tapi tentang perjalanan pribadi saya menaklukan bahasa Mandarin selama hampir kurang lebih 10 bulan ini. Hiks, bentar lagi kontrak habis bro, kudu pulang kampung. So, pengen preview aja tentang perjalanan saya selama ini.

Lets cekidot apa aja yang telah saya kuasai dalam 10 bulan terakhir

Bulan Pertama

Lewat aja deh, bulan ini terasa begitu menyiksa. Layaknya seorang buta huruf bahkan kalo diibaratkan rasanya seperti jadi orang buta, tuli, bisu jadi sekaligus. Huruf-huruf dijalan, di buku-buku, majalah koran, huruf-huruf tersebut tak ubahnya seperti tumpukan cacing tak bermakna dimata saya. Dengerin omongan orang??owwh..cuma numpang lewat doank di kuping kanan lolos ke kuping kiri. Sering pusing, mual, dan mata berkunang-kunang karena saking enegnya jadi orang bego. Mantep ga tuh..

Bulan Kedua

Malu Bertanya Sesat dijalan, Banyak bertanya…Menyesatkan!! Ceritanya saya sudah berani pergi kemana-mana sendiri. Ke masjid, pusat kota, ke supermarket, dan hasilnya?? karena kepedean dan pengucapan masih salah-salah walhasil setelah bertanya ma orang malah seringnya tambah nyasar. Ngenes banget pokoknya.

Bulan Ketiga

Dah bisa kenal beberapa aksara mandarin dasar, dah bisa ngomong dikit-dikit (buat belanja di pasar ma beli pulsa aj, hehe). Dan tak disadari, pada suatu hari di bulan ketiga, saya menemukan sebuah keajaiban kawans! Yah, baru pertama kali saya bisa mudeng apa yang dikatakan oleh guru saya di kelas. Oh senangnya.. (Parah ga sih, hehe)

Bulan Keempat

Memasuki bulan keempat, obsesi saya untuk bisa membaca koran masih belum bisa tercapai. Lihat koran ga nyampe 1 menit, kepala dah mbliyeng, pusing. Aihh..kasihan. Tapi ada sedikit kemajuan di bulan keempat. Saya dah bisa ngomong ma orang! wuihh senengnya..(padahal kalo topiknya melenceng dari yang udah dipelajari, masih bingung juga, wkwkw)

Bulan kelima

Dah bisa baca nama-nama stasiun di halte bis! Jadi dah tau kalo mau kemana-mana dan ga bakal tersesat lagi! Uhuy…senangnya!

Bulan Keenam

Pindah ke asrama, dan wow..keren, perkembangan bahasa lisanku melesat bagai roket. Tinggal sekamar ma anak Thai, Laos, dan Vietnam ga cuma lancarin bahasa mandarin aja, tapi bisa belajar bahasa mereka dan makan masakan dari negara mereka! Seru abis!

Bulan Ketujuh

Speaking dah oke. Tulisan-tulisan di pinggir jalan dah bisa kebaca. Dah bisa ngerti temen-temen lagi ngomong apa (so, mereka ga berani lagi ngegosipin or ngomong sembarangan tentang dirikuww..hyag2). Daannnn..perkembangan paling menakjubkan di bulan ini adalahhhh…treng-treng..saya dah bisa baca headline koran! haha..headlinenya doang, bis itu isinya masih 50% ga ngerti..hehe

Bulan Kedelapan

Yup, inilah prestasi yang paling dahsyat yang diraih si cabe rawit setelah menggeluti dunia persilatan. Ujian HSK (Chinese Proficiency Test) saya dah keluar, dan jreng-jreng..scorenya adalah 5. Wah ga salah nton, tu nilainya dikit bener. Bener kok soalnya nilai sempurna itu 8. Jadi…. masih jauh kali dari sempurna..hiks.tragis

Bulan Kesembilan

Memutuskan untuk ikut test HSK lagi, karena belum cukup modal (kalo bisa dapet minimal 6). Jadi belajar mati-matian lagi selama sebulan. Walhasil blog jadi terbengkalai, lupa makan, lupa tidur, halah..lebay deh. Tapi bulan ini ga terlalu ada kemajuan coz kebanyakan main mulu.

Bulan Kesepuluh

Detik-detik terakhir menjelang kepulanganku ke tanah air. Akhirnya targetku tercapai juga kawans, bisa nonton film dan ngerti artinya! Yang kedua adalah bisa baca koran dan dah hampir bisa ngerti isinya! Tapi lom semuanya sih, sepertinya baru 8O% saja.

Fiuhhh…setelah diuji, dianalisis, dan disidang oleh beberapa pakar bahasa Tiongkok, akhirnya dinyatakan bahwa INTAN RAWIT SAPANTI telah menguasai bahasa Mandarin dengan level setara kelas 3 Sekolah Dasar.

Whatttssss..!!Yah begitulah kawans..

Ternyata perjalanan saya masih panjang..

Mempelajari sesuatu ternyata membutuhkan waktu yang tak singkat…

Bahkan mungkin seumur hidup..

The last but not least saya lampirkan sedikit kutipan :

Education is life: ‘not merely preparation for an unknown kind of future living… The whole of life is learning, therefore education can have no endings. This new venture is called adult education not because it is confined to adults but because adulthood, maturity, defines its limits…’ (Lindeman 1926: 4-5)



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted June 15, 2010 by intan rawit in category "Just Something Personal

11 COMMENTS :

  1. By intan rawit (Post author) on

    ngemeng-ngemeng abrus nih aslinya mana toh? pekanbaru bukan?btw level bahasaku masih kayak anak SD abrus, jadi lom ada apa-apanya. Itu bukan 80% menguasai bahasa mandarin, cuma ngerti isi dan cerita film China tanpa teks bahasa inggris aj.

    Ga ada yang terlambat abrus, mulai belajar dari sekarang juga bisa kok. Ntar ntan ajarin deh dikit2..nanti tak bikin postingan tentang belajar mandarin lagi deh.

    Reply
  2. By Bibi Titi Teliti on

    hihihi….
    dikirain beneran mau ngebahas si sun go kong dan Ti pat kay…

    Segitu mah udah bagus atuh Tan…
    Kalo udah balik ke Indo, harus tetep latihan lho…
    biar gak lupa:)
    soalnya bahasa itu skill/keahlian…
    kalo lama gak dipake suka banyak lupanya…
    sayang kaaaan….

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  3. By Annaura on

    Wuih..kakak pasti pintar sekali ya bahasa Cina.
    Lain kali mau beli kamus saja supaya tahu dikit2
    Salam manis dari Batam Kak.

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  4. By melly on

    hiaaa..
    klo saia cuma tau bahasa mandari xiexie dan woaini doank 😀
    hihi
    hebat mba, bahasa mandarin kan sulit bangar, njilmet klo kata org jawa mah 😛 ( sok tau mode:on)

    Reply
  5. By Deka on

    Baca perjalananmu itu Tan, bikin ketawa, heheheheh
    But yang pentingkan dah lumayan lancarlah bahasa mandarinnya..??? Kalo gitu minta tolong nie tan, banyak film-film berbahasa mandarin belum ada subtitlenya nie. Translate ya tan..??? itung-itung belajar mandalami lagi. hihiiiiiii

    Reply
  6. By intan rawit (Post author) on

    @annaura : Ah ga juga kok, masih kayak anak SD, lom pinter2 amat, hehe..yah mending beli buku pelajarannya aja nura, jangan kamusnya doank, hihi

    @melly : ember mel.. tapi asik bangar..hehe..bahasamu tu loh

    @deka :hehe..boleh lah asal ga gretongan aja..hohoho…

    Reply
  7. By Oyen on

    whoaaa….selamat ya, bagaimanapun sudah melewati sekian perjalanan, nyang pastinya banyak nemu pengalaman dan pelajaran…

    Keep spirit!! 😛

    Reply
  8. By rera on

    wehee…
    gambarnya sangat lucu sekali, saya boleh mengkopinya kan??
    terimakasih..

    Reply

Leave a Reply to nieza Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *