April 22

Dilema Songkran Festival

Selamat tahun baru!

Hah? dah pertengahan bulan April gini baru ucapin met taun baru? basii banget kali yee..tapi bener lho, hari ini tanggal 14 April adalah taun baru bagi orang-orang Thailand dan Laos. Kalo di China dikenal dengan nama 泼水节 (po shui jie) kalo nama aslinya sih Songkran Festival. Oke deh disini saya ga akan tulis tentang sejarahnya festival Songkran jaman bahola dulu, tapi cuma bahas tentang ritualnya yang aneh bin ajaib dan sekaligus kontra banget dengan kondisi di beberapa bagian China akhir-akhir ini. Continue reading