.entry-content p { text-align: justify; }
February 7

Kenapa ga boleh makan babi?

Ya iyalah, masak nelen babi segitu gedhenya emang ular piton yang sekali telen anak kerbau aja bisa masuk. hehe..oke2 ga penting banget. Maksud saya tentu saja daging babi. Okelah kalau begitu langsung aja,  postingan kali ini ga bakal jauh-jauh dari curcol  saya, hehe.

Well, tentu semua orang sudah taulah kalo umat muslim diharamkan untuk makan daging babi, sudah jelas-jelas dijelaskan di Al-Quran. Alasan utamanya dari segi kesehatan, dan beberapa alasan moril lain. Sebagai muslim yang baik tentu saja saya harus mematuhi aturan tersebut, gimanapun keadaannya. Untunglah saya lahir di Indonesia, dimana semua orang punya agama jadi bisa saling menghormati perbedaan prinsip antar agama.

Nah, sekarang lain lagi ceritanya. Saya yang lagi terdampar di negeri orang yang sebagian besar penduduknya tak beragama, tak percaya sama Tuhan. Benar-benar menganggap saya seperti Alien yang datang dari planet lain. Pertama, karena saya pake jilbab dan baju panjang-panjang (g peduli musim panas or musim dingin). Kedua, saya tidak makan daging babi. Ketiga, saya g minum bir or wine apapun berbau alkohol.

Nah karena hal tersebut, saya sering dipojokkan oleh beberapa teman baik yang asli orang China ataupun yang dari negara lain. Banyak sekali yang baru kenal tiba-tiba udah menyudutkan saya dengan tanya macam-macam. Misalnya : Kok kamu harus nutupin rambut segala? Untuk apa? Kenapa cowok ga boleh lihat? G adil dunk. Belum lagi pas musim panas kemaren, hampiiiirr semua orang memandang saya aneh, panas-panas gini kok pake bajunya panjang2, pake kerudung lagi. Setiap orang pasti tanya : Kamu g kepanasan yah pake pakaian seperti itu? secara orang-orang pake baju2 pendek dan tipis semua.

Saya pun berusaha menjawab pertanyaan2 tersebut dengan sabar dan penjelasan yang sedetail-detailnya. Tapi kok ya tetep aja ga ngerti-ngerti yah, tetep berpendapat kalo kepercayaan saya ini aneh dan tidak masuk akal.

Loh, kok g nyambung ma judulnyah? hehe..maap maap

Oke jadi langsung ke inti permasalahan. Kemarin saya makan bersama bareng teman, dan tentu saja saya dah wanti-wanti jangan sampai ada daging babi or minyak babi. Tentu saja dia terheran-heran, trus tanya saya.

Loh? kamu ga makan daging babi? kenapa? enak sekali loh, paling enak dari daging-daging lain” ujar teman saya.

Wah maaf,  agama saya melarang saya makan daging babi dan minum alkhohol. Jadi ga boleh makan.” tegas saya.

Kamu ga kepengen? Wah sayang sekali, tapi kenapa kok sampai dilarang begitu? ‘ tanyanya penuh rasa ingin tau.

Ya intinya tidak baik untuk kesehatan. Maaf saya ga kepengen” tegas saya sekali lagi

Ehh,,tapi ga berhenti sampai disitu saja pertanyaan dia. Mbok ya hormati saya kek. Malah  masih terus memojokkan saya.

Tidak baik untuk kesehatan? Saya ga percaya, buktinya di China semua orang makan daging babi, tapi kami masih sehat-sehat saja sampai tua. Apa buktinya?”

Dhueeeeenggg!!!!!!!

Nah, kalo udah gini saya yang mentok mau kasih jawaban apa ke teman tersebut.  Sebenarnya saya masih ada jawaban lain sih, yang perbandingan perilaku ayam jantan dan babi jantan. Tapi susaaaaah ngomongnya pake bahasa mandarin. Maklum masih belepotan.

Pertanyaan saya di postingan ini, Bagaimana strategi anda atau mungkin ada analogi simpel untuk jawab pertanyaan2 tersebut  jika berada di posisi saya? Kasih saya saran dan masukan yah. Karena saya yakin besok2 masih banyak yang bakalan nanya pertanyaan yang sama.

nb: maaf kalo postingan ini agak2 berbau agama2 dikit, bukan niat hati untuk menyinggung prinsip agama lain, tapi semata-mata cuma curcol saya). Saya tetep menghargai perbedaan kok.

Wallahua’lam



Copyright 2019. All rights reserved.

Posted February 7, 2010 by intan rawit in category "Just Something Personal

122 COMMENTS :

  1. By amazon nokia sim-free phones on

    I don’t еνen know Һoԝ Ι endеɗ սρ ɦᥱгe, bսt I
    tһοսɡɦt tһіѕ
    ⲣοѕt ѡаѕ ɡгеat.
    Ӏ Ԁоn’t кnow whο уօu ɑгe Ьᥙt Ԁеfinitеⅼʏ үoս’rе ǥoіng tߋ ɑ fɑmօսѕ Ьⅼоցɡег if yоu are not alгеaɗʏ 😉 Ⅽһеerѕ!

    Reply
  2. By masker spirulina on

    kalo saya setuju sama jawaban yang ini aja kalo di agama saja di larang kenapa harus melanggar , agama kan pedoman hidup jadi harus di ikutin dan emang betul kalo babi itu berbahaya karena ….. hehehe

    Reply
  3. By Indra on

    daging babi enak dimakan tapi diharamkan?
    pertanyaannya hampir mirip dengan zina itu enak tp knapa diharamkan?

    Reply
  4. By tikusbray on

    wah, banyak yang menyikapinya dari berbagai sudut pandang. Yah kalo saya sih gak bakal nelen tuh daging babi walau secuil. Najis

    Reply
  5. By Yunitafakur on

    Mengapa dalam Islam dilarang memakan daging babi?

    Fakta bahwa mengkonsumsi daging babi dilarang dalam Islam sudah sangat terkenal.
    Poin-poin
    berikut ini menjelaskan berbagai aspek larangan tersebut:
    1) Daging Babi dilarang dalam Al Qur’an
    Al-Qur’an melarang konsumsi daging babi sedikitnya di 4 tempat yang berbeda yaitu 2:173,
    05:03 6:145 dan 16:115.
    “Diharamkan bagimu (untuk makanan) adalah: daging bangkai, darah, daging babi, dan
    pada sesuatu yang telah disembelih atas nama selain Allah.”
    [Al-Qur’an 05:03]
    Ayat-ayat Al-Qur’an diatas cukup untuk menjelaskan mengapa daging babi dilarang untuk
    seorang Muslim.
    2) Daging Babi dilarang dalam Alkitab
    Umat Kristen pun diyakinkan oleh kitab suci agamanya untuk tidak mengkonsumsi daging babi.
    Alkitab melarang konsumsi babi terdapat dalam kitab Leviticus.
    “Dan babi, meskipun ia berkaki terbelah, namun ia memamah bukan mengunyah, ia
    adalah kotor buatmu. Daging mereka seharusnya tidak kamu makan, dan bangkai mereka
    seharusnya tidak kamu sentuh, mereka itu kotor buatmu “.
    [Leviticus 11:7-8]

    Babi juga dilarang dalam Alkitab yaitu dalam kitab Deuteronomy.
    “Dan babi, karena kukunya terbelah, namun tidak memamah biak, maka itu haram
    untukmu. Kamu seharusnya tidak memakan daging mereka atau menyentuh bangkainya. ”
    [Deuteronomy 14:08]
    Larangan serupa diulang dalam Alkitab dalam kitab Isaiah pasal 65 ayat 2-5 dan Perjanjian Lama
    Imamat 11, 7-8.
    3) Konsumsi daging babi menyebabkan beberapa penyakit
    Umat non-Muslim dan atheis akan setuju hanya jika diyakinkan melalui alasan, logika dan ilmu
    pengetahuan. Makan daging babi dapat menyebabkan tak kurang dari 70 jenis penyakit. Apabila
    memakan daging babi seseorang dapat memiliki berbagai jenis cacing dalam tubuhnya, seperti
    cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, dan lain lain. Salah satu yang paling berbahaya
    adalah Taenia solium, dalam terminology disebut juga dengan cacing pita. Cacing ini bersarang
    dalam usus dan sangat panjang. Telurnya memasuki aliran darah dan dapat menjangkau hampir
    semua organ tubuh. Jika masuk ke dalam otak dapat menyebabkan kehilangan ingatan. Jika
    memasuki jantung, telur tersebut dapat menyebabkan serangan jantung, jika memasuki mata
    dapat menyebabkan kebutaan, jika memasuki hati dapat menyebabkan kerusakan hati. Telur
    cacing pita tersebut dapat merusak hampir semua organ tubuh. Cacing lain yang juga berbahaya
    adalah Trichura Tichurasis.
    Kesalahpahaman umum tentang daging babi adalah bahwa jika sudah dimasak dengan baik, maka
    telur cacing tersebut akan mati. Dalam sebuah proyek penelitian yang dilakukan di Amerika,
    ditemukan bahwa dari 24 orang yang menderita Trichura Tichurasis, 22 diantaranya telah
    memasak daging babi dengan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa telur yang terdapat dalam
    daging babi tidak mati saat dimasak pada suhu di bawah normal.
    4) Daging babi memiliki material bangunan lemak
    Daging babi memiliki sedikit sekali material bangunan otot dan mengandung kelebihan lemak.
    Lemak ini akan disimpan di pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan hipertensi dan
    jantung. Hal ini tidak mengherankan jika lebih dari 50% orang Amerika menderita hipertensi.
    5) Babi merupakan salah satu hewan menjijikkan di bumi
    Babi hidup dan berkembang di kotoran, tinja dan debu. Babi merupakan salah satu pemulung
    terbaik yang telah diciptakan Allah. Di pedesaan masyarakat tidak memiliki toilet modern dan
    penduduk desa buang air besar di tempat terbuka dan sering kali kotoran tersebut dimakan oleh
    babi.
    Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa di negara-negara maju seperti Australia, babi
    dibesarkan dengan kondisi yang sangat bersih dan higienis. Walaupun dalam kondisi higienis
    babi-babi tersebut disimpan bersama dalam kandang. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba
    menjaganya untuk tetap bersih mereka tercipta menyukai kotoran. Mereka makan dan menikmati
    kotoran mereka sendiri dan kotoran babi lain.
    6) Babi adalah binatang yang paling tidak memiliki rasa malu
    Babi adalah binatang yang paling tak tahu malu di muka bumi.
    Babi merupakan satu-satunya
    hewan yang mengundang teman-temannya untuk berhubungan seks dengan pasangannya. Di
    Amerika, kebanyakan orang mengkonsumsi daging babi. Seringkali setelah pesta dansa, mereka
    saling menukar istri. Sebagai contoh beberapa orang berkata “kamu tidur dengan istri saya dan saya akan tidur dengan istrimu.” Jika Anda makan babi maka tak ayal Anda berperilaku seperti
    babi.
    7) Babi memimilik DNA yang sangat mirip dengan manusia
    Telah ditemukan bukti bahwa DNA babi memiliki banyak kesamaan dengan DNA manusia1
    ,
    disini selain babi memiliki sifat seperti dijelskan sebelumnya, dikarenakan memimiki DNA yang
    hampir sama menyebabkan juga manusia yang mengkonsumsi daging babi atau dengan tidak
    sengaja mengkonsumsi daging babi untuk terjangkit virus-virus yang juga dimiliki hewan ini atau
    virus hewan lain (seperti virus flu burung, flu babi dan HIV). Selain itu karena sangat mirip
    DNA-nya sifsat-sifat babi akan mudah diturunkan melalui konsumsi dagingnya, sifat rakus, tidak
    sabar, tidak mau mengalah dan jorok akan mudah dilihat bagi mereka yang memang sangat suka
    makan daging babi.

    Reply
  6. By dapoer nobar cafe lesehan cipinang jakarta timur on

    jawaban logika nya
    DNA babi mirip dengan manusia, sehingga sifat buruk babi dapat menular ke manusia. Beberapa sifat buruk babi seperti, Binatang paling rakus, kotor, dan jorok di kelasnya, Kemudian kerakusannya tidak tertandingi hewan lain, serta suka memakan bangkai dan kotorannya sendiri dan Kotoran manusia pun dimakannya. Sangat suka berada di tempat yang basah dan kotor. Untuk memuaskan sifat rakusnya, bila tidak ada lagi yang dimakan, ia muntahkan isi perutnya, lalu dimakan kembali. Lebih lanjut Kadang ia mengencingi pakannya terlebih dahulu sebelum dimaka

    Reply
  7. By momogi on

    ya kalau menurut saya sih itu hak kita masing masing kalau iman kuat dipaksa gimanapun juga gak akan mau
    tapi yang lebih benarnya coba tanya ke temennya di china juga ada agama muslim coba tanya temannya yang china dan beragama muslim dia makan babi atau ngak?
    jadi intinya saling menghargai ajah sih

    Reply

Leave a Reply to verisa devianoie Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *