.entry-content p { text-align: justify; }
February 4

Guilin, the heaven of China

Menarik? silahkan berbagi..

hehe..lebay banget ga sih tu judulnya? Tapi memang bener kok, ga berlebihan  Guilin  memang salah satu tujuan wisata yang terkenal di China. Dan “The Heaven of China”  memang slogan dari Guilin. Tak lengkap rasanya kalo ke China tapi ga mampir kesini. Pemandangan alam yang mempesona bak lukisan, udara pegunungan yang segar dan alami, dan banyak pesona alam lainnya.Li River at Dawn Guilin Yangshou China

Guilin merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Guangxi, China daratan bagian selatan. Dapat ditempuh dengan kereta api, bus, atau pesawat. Perjalanan menggunakan kereta api bisa memakan waktu kurang lebih 5 jam dari Nanning (Ibu Kota Provinsi Guangxi).

Liburan kali ini saya pergi ke rumah sahabat  saya di Guilin, wah senang sekali rasanya. Sesampai disana benar-benar disambut dengan hangat oleh keluarganya. Dan tentu saja diajak jalan-jalan, nonton Avatar dan dimasakin chinese food tiap hari (mpe naek sekilo nih) hehe..

upload blog

Well, tempat yang wajib dikunjungi di Guilin adalah Yangshou. Yangshou merupakan tempat favorit para bule-bule untuk menghabiskan liburannya. Dengan dikelilingi oleh pegunungan, sungai li, wisatawan bisa bersepeda mengelilingi daerah pedesaan ini, trus naek perahu bambu menelusuri Li Jiang, atau memanjat gunung untuk melihat pemandangan gunung-gunung yang dibawah awan. Ada juga satu jalan yang khusus untuk bule, namanya xi jie (jalan barat). Disini banyak sekali bar, cafe, hotel, dan juga toko yang jual oleh-oleh khas China.

IMG_6501

Setelah ke Yangshou, kami meluncur ke Shui Ping, sebuah daerah pedesaan di bawah kecamatan Yangshou. Disana kami naek perahu dan menelusuri sepanjang sungai Li, pemandangan disini lebih indah. Saking indahnya, diabadikan oleh pemerintah China sebagai gambar di mata uang 20 yuan.

shui ping

Hari berikutnya saya bersama Lia dan ibunya  pergi  taman Qi Xing GongYuan untuk melihat binatang lucu dan menggemaskan yaitu Panda. Wuihh,,lucu abiss!!sungguh menggemaskan, padahal cuma lihat mereka sedang makan batang bambu. habis itu masuknya g pake bayar lagi, tapi harus masuk sebelum jam 7 pagi hari (sebenarnya khusus untuk orang asli Guilin aja yang bisa masuk gratis, tapi beruntunglah saya punya wajah mirip chinese jadinya ikutan gratis deh,,hohoho). Di dalam taman ini juga terdapat banyak sekali tempat2 menarik untuk jadi

IMG_6638obyek foto, ada jembatan yang usianya sudah ratusan tahun, kuil budha, gua qi xing (gua tujuh bintang), kebun binatang, dan juga banyak taman-taman yang cantik. Btw taman ini pernah di kunjungi presiden Bill Clinton juga lho, bahkan beliau sempat memberikan pidato di taman ini.

mao zhouKeesokan harinya saya diajak keluarga Lia (nama indonesia teman saya, Zhang Jing) mengunjungi rumah pamannya yang tidak jauh dari kompleks rumah lia juga (jangan dibayangin kayak perumahan, tapi rumah disini adalah apartemen bertingkat) soalnya orang China tidak punya hak untuk membeli tanah jadi bisanya cuma menyewa apartemen untuk tempat tinggal. Bersama paman lia, kami menuju daerah pedesaan kuno yaitu Mao Zhou island. Desa ini sudah berusia lebih dari ribuan tahun. Rumah-rumah dan bangungan juga terlihat masih kuno dan asli China. Di belakang desa ini juga dilintasi oleh anak sungai Li, pemandangannya juga lumayan bagus. Disinilah kami makan bersama, dan juga minum wine untuk melepas kepergian paman lia yang akan berangkat ke Aussie 2 hari lagi. Note: saya ga ikutan minum wine kok, cm susu.hehe..

IMG_6523

Malam harinya keluarga lia juga memasak hidangan spesial untuk pamannya, dan juga minum wine lagi. Ini memang sudah menjadi kebiasaan orang China, minum bir atau wine untuk merayakan sesuatu. Tapi berhubung saya muslim dan ga boleh ikutan minum, lagi2 susu jadi pilihan saya untuk bersulang. Hehe..

Yup, itulah liburan saya selama 5 hari kemaren di GUilin, pengennya sih lama-lama disana. Tapi sebagai orang Jawa saya sering merasa rikuh sendiri kalo menumpang di rumah orang berlama-lama. Padahal mereka dah nawarin untuk tinggal sebulan loh,,hihihi..Sayang sih sebenarnya tapi gpp deh, lain kali bisa main2 lagi ke sana.

So, buat teman-teman yang sedang merencanakan kunjungan ke China jangan lupa mampir ke Guilin yah! Dijamin puas deh.

Note: foto2nya saya uplod di flickr aja yah, kalo yang berkenan melihat, monggo dibuka aja di blogroll-phutu-phutuku.

Have a nice holiday!




Posted February 4, 2010 by intan rawit in category "Perjalananku

57 COMMENTS :

  1. By Ivan on

    ada nga city tour di sana? semacam tour lokal dan gimana harganya.
    perjalanan dari guilin sebaiknya menggunakan apa?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *