.entry-content p { text-align: justify; }
January 21

Saya bangga berbahasa Indonesia, kamu?

Terharu. Bangga.

Begitulah rasanya saat pertama kali mengajar bahasa Indonesia di negeri tirai bambu ini. Serasa mau menitikkan air mata, melihat murid-murid china begitu keras berusaha melafalkan huruf-huruf vocal baik konsonan. . dari a sampai z. Apalagi saat saya mereka mencoba melafalkan huruf  “r”, walaupun belum benar-benar, mereka terus berusaha untuk bisa menggetarkan lidah mereka. Tak sedikit mereka yang membutuhkan waktu lebih dari 3 bulan untuk berlatih mengucapkan huruf ‘r’ ini. Bayangkan. setiap hari berlatih satu jam selama 3 bulan hanya untuk berlatih ‘ rrrrrrrrrrr”

Baru kali ini saya merasa bangga akan bahasa Indonesia, ternyata di negeri lain bahasa kita sangat dihargai dan dipelajari dengan sungguh-sungguh. Di kampus ini jumlah mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia bisa mencapai 400 orang dari seluruh angkatan. Fantastis bukan?

So..masihkan anda merasa minder berbahasa Indonesia?



Copyright 2018. All rights reserved.

Posted January 21, 2010 by intan rawit in category "Just Something Personal

10 COMMENTS :

    1. By intan rawit (Post author) on

      iya,,,banyak yang campur-campur gitu, jadinya bahasa gado-gado deh..padahal disini bahasa Inggris biasa aja,,bahasa Indonesia yang lumayan populer…

      Reply
  1. By sigit on

    hm…
    pingin mbak bisa kayak kamu…

    dulu bisa ke situ gmn sih mbK?
    program kampus ya???

    sigit, d3
    temen waktu ngajar les di sma 3 bntul

    Reply
  2. By venty on

    iya betul…betul… siapa lagi yang cinta bahasa Indonesia… kalau bukan dari kita sendiri yang mengawalinya…

    Reply
  3. By pebrinapirmani on

    hmm setuju banget neh ma mbaknya,, kita akan merasa bangga akan bahasa indonesia ketika gak berada di negara dimana bahasa utu digunakan,,,

    tapi kenapa kejadian yang memprihatinkan malah bahasa tersebut malah sering diremehkan oleh wqrga negara yang menggunakan bahasa tersebut
    misalnya bahasa indonesia,, sangat sedikit sekali ditemukan orang asli warga negara yang bangga dan kerap menggunakan bahasa indonesia,, mereka malah bangga menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris yang merupakan bahasa international
    kita tahu kalo bahasa inbggris merupakan hal yang paling penting untuk dipelajari, tapi bukan berrarti kita melupakan bahasa sendiri yang merupakan jati diri bangsa sendiri
    semangatlah buat selalu menggunakan bahasa indonesia

    salam manis dari saya 🙂
    pebrinapirmani.blogspot.com

    Reply
  4. By Maria on

    Mbak Intan, aku sekarang belajar di Australia dan melihat perjuangan seorang dosen yang berjuang mengembangkan minat Belajar Bahasa Indonesia di kampus ini. Mbak kenapa ya di Australia minta mahasiswa tuk belajar Bahasa Indonesia semakin menurun drastis. Kok beda banget dengan pengalaman Mbak diatas. Aku minta saran dong, apa sekiranya yang bisa aku buat untuk membantu teman saya ini ( Dosen Bahasa indonesia). Thank dan salam manis, Maria

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      @Mb Maria
      Oh begitu ya mba, mungkin pengaruh politik Indonesia Australia yang kurang bagus, banyaknya info2 miring tentang indo di aussie sana kali ya makanya minatnya menurun padahal status quonya kan di Oz sana banyak banget yah orang yang belajar bahasa Indonesia. Hmm yah mungkin teman mb bisa bertahan aja dengan murid yang sedikit itulah mari kita beri pengertian yang baik dan promosi yang baik tentang Indonesia yang aman tentram sentosa tidak seperti yang mereka bayangkan. Semoga di tahun2 mendatang minat warga australia untuk belajar bahasa kita semakin bertambah yah mba.
      Salam manis dari Jogja

      Reply
  5. By jadimodal on

    Oh begitu ya mba, mungkin pengaruh politik Indonesia Australia yang kurang bagus, banyaknya info2 miring tentang indo di aussie sana kali ya

    makanya minatnya menurun padahal status quonya kan di Oz sana banyak banget yah orang yang belajar bahasa Indonesia.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *