.entry-content p { text-align: justify; }
January 18

Tips Belajar Bahasa Mandarin

Menarik? silahkan berbagi..

Waaww bahasa Mandarin? Dengan statusnya sebagai salah satu bahasa paling susah di dunia, membuat orang berpikir ribuan kali untuk mempelajarinya. Selain memiliki nada dalam setiap suku katanya, bahasa Mandarin juga memiliki karakter tersendiri yang berbeda dengan huruf latin tentunya, dan jumlahnya ribuan, ratusan ribu, bahkan tak terhitung jumlah pastinya. Itulah tantangan terbesar dalam mempelajari bahasa ini, but that makes it become challenging to be learnt, am I right?

Well, untuk menaklukan bahasa ini juga diperlukan langkah-langkah yang benar, oke check this out:

1. Pengucapan Intials dan Finals

Ini adalah langkah pertama yang harus ditempuh terlebih dahulu, seperti kita belajar a, b, c, d,…z pada waktu SD dulu. Dalam bahasa Mandarin terdapat initials yang terdiri dari; b, p, m, f, d, t, n, l, g, k, h, j, q, x, zh, ch, sh (baca; bo, pho, mo, fo, te, the, ne, le, ke,  khe, he, ji, qi,si, zhr , chr, shr). Dan juga finals : a, o, e, i, u, ü , ai, ei, ao, ou.

Pastikan anda belajar dari sumber yang benar, dari rekaman, dari laoshi anda, atau dari teman chinese anda. Berlatihlah terus menerus sampai pengucapan anda sempurna, biasanya akan menemui kesulitan pada pengucapan ; j,q,x dan paling susah adalah pengucapan zh, ch, sh.

2. Nada or Tones

Okay, kalau anda sudah menguasai cara pengucapan finals dan initials Mandarin dengan baik dan benar, sekarang waktunya mengenal nada dalam bahasa Mandarin. Terdapat 4 nada yaitu : nada pertama (datar), nada kedua(naik), ketiga (turun-naik) , dan keempat(turun). Berlatihlah setiap hari dengan kata-kata yang sederhana. Biasanya nada pertama dan kedua tidak begitu sulit, tapi nada ketiga dan keempat memerlukan waktu sedikit lama untuk menguasainya.

3. Mengenal Hanzi

Seperti halnya matahari dan bulan, bumi dan langit, air dan api, kita mau tidak mau harus belajar karakter bahasa mandarin ini, selain pinyin (huruf latin mandarin)  tentunya. Karena kedua hal ini saling melengkapi, dan tidak sempurna bahasa mandarin anda tanpa mengenal huruf  HANZI. Oleh karena itu, mulailah belajar dari hanzi yang sederhana. Dan jangan lupa harus mengikuti stroke order yang benar agar menghasilkan huruf yang indah dan cantik.

4. Never stop Practising

Nah, kalo ketiga tahap diatas sudah anda kuasai dengan benar dan sempurna, hal yang dilakukan berikutnya tentu saja terus berlatih dengan menghapal kosakata baru, berlatih menulis hanzi, dan banyak-banyak berlatih pengucapan kata-katanya. Mulailah dari kata-kata sederhana, dilanjut dengan kalimat, kemudian frase, idiom, dan seterusnya, hingga anda dapat membaca buku mandarin atau surat kabar berbahasa Mandarin, dan dapat berkomunikasi dengan lancar!

Selamat mencoba!




Posted January 18, 2010 by intan rawit in category "Basic Chinese

39 COMMENTS :

  1. By Juang on

    Wow…matap ne bu dosen. Wish u all the best dsana tan! We miss you… sep ne ilmunya!!!!! Ntar kalo balik ajarin mandarinya y!!!!!

    Reply
  2. By intan rawit (Post author) on

    wah juang apa kabarr?????? gimana kul s2 nya? lancar2 aja kan? wah aku keduluan nih,,hehe…miss you too!! iya deh pastinya,,tunggu aku pulang yaaa..hehe

    Reply
  3. By venty on

    tutorial yang menarik…
    ditunggu ya tulisan selanjutnya.. hehehe
    jadi ingin kursus mandarin…

    Reply
  4. By belajar bahasa mandarin on

    Saya masih pemula dan sangat terbantu dengan adanya blog seperti ini. Belajar bahasa mandarin jadi lebih mudah dengan adanya tutorial seperti ini. terima kasih.

    Reply
  5. By Romin on

    uhm.. saya mau request ni…
    ak punya niat untuk belajar bahasa mandarin ni…
    anda punya tutorialnya g(dalam bentuk.pdf)????
    kalo ada aku minta ya?
    xie2…..

    Reply
  6. By Ryan on

    Mbak, bukannya ‘bo’ dibaca ‘po’? Kok di atas ditulisnya dibaca ‘bo’.. hehehe
    Oya, di sekitar UGM (atau malah intern UGM sendiri) apakah ada yang menawarkan kursus Bahasa Mandarin? Atau mungkin anak D3 Mandarin? Mbak punya referensi nggak? Hehehe.. Terima kasih.

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      tetep dibaca bo ryan, cuma beda pengucapannya dengan B di bahasa Indonesia, diucapinnya ringan ga berat kayak di bahasa kita. tidak ada udara yang keluar saat mengucapkannya.
      Sebaliknya kalo “po” baru diucapkan dengan penekanan dan disertai udara

      Reply
  7. By intan rawit (Post author) on

    @ venty : Oke ven, mulai sekarang akan ada update rutin mengenai bahasa mandarin. ditunggu yaaaa

    @belajar bahasa mandarin : terima kasih,di tunggu postingan selanjutnya yaaaa..

    @romin : Wah..kalo buku2, CD banyak rom, tapi kalo pdf ga ada..

    Reply
  8. By riri on

    dimana kursus bahasa mandarin yg biayanya terjangkau?, saya ingin menguasai cara berkomunikasi sehari2, di dunia kerja, jika menawar barang. trims. tlg info segera ditunggu,,,penting

    Reply
      1. By en en on

        mba Intan, saya di Jogja nih… niat belajar bahasa Mandarin. Mba Intan buka les bahasa Mandarin yah? dimana lokasinya?

        Reply
  9. By hanif on

    menurutQ, wlo itu bahasa asing, tapi kalo misalnya tiap hari kita belajar menambah kosa kata sedikit emi sedikit pasti nti jadinya akan lancar ato ingat dengan sendirinya..
    aq juga lagi belajar…

    Reply
  10. By barbie san on

    saya ingin sekali belajar bahasa mandarin
    mudah”an cepet bisa iia

    Reply
  11. By Tie Weywey on

    Kalo pengen kursus mandarin di bandung
    di ABA INTERNASIONAL jl situ aksan no 32
    ada kursus untuk 1 thn dan ada yg d3ny.

    Reply
  12. By Yuliana Andriyanti on

    waaaaa bagus….!!!!!
    jadi tambah pengetahuan aku setelah membaca ini
    aku jadi ingin belajar bahasa korea ni
    ajarin aku donk bahasa mandarin nya
    ada baiknya kita saling berbagi pengetahuan dan informasi yang makin hari makin berkembang ini silakan kunjungi website kami http://ict.unsri.ac.id
    terima kasih.

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

    Reply
  13. By sisca on

    Mba Intan, sy juga diharuskan belajar bahasa mandarin ni.. tolong info lokasi pastinya yah.. kalo bisa email me please.. thanks 🙂

    Reply
  14. By tetti on

    buka kursus engga ya?
    niat kursus mandarin niih,info pliis
    lagi nyari tempat kursus ~

    Reply
  15. By Yusvina on

    Mba intan, masih dimonjali? Aku di jalan magelang.. Buka les bahasa mandarin kah? Minta infonya dong buat lokasi biaya dll.. Di email juga gpp mba.. Makasih ya mba

    Reply
    1. By intan rawit (Post author) on

      halo mba Yusvina, boleh mbaaa tapi bulan depan bisakah mb? Aku lagi musmet nyelesain thesis inih….hehe ntar kontak2an lagi langsung via email or wa ya mbaaa…:) 🙂

      Reply
  16. By nyaa on

    Hai mba intan… Salam kenal… Aku pgn bgt blajar bahasa mandarin, Tp kok umur Udah segini… Hehehe… Mba intan boleh minta info lokasi dan biaya untuk kursus mandarin Sama mba? Tks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *