.entry-content p { text-align: justify; }
December 30

The Journey to the east (part.2)

Jogja-Hongkong-Nanning (mainland China)

28 Agustus 2009

Sahur dengan nasi padang mengawali aktivitas pada hari ini, setelah menyantap hidangan sahur pada pukul 03.00 saya melanjutkan tidur saya untuk menjaga stamina agar dalam perjalanan menuju hongkong dan nanning nanti kondisi tubuh saya cukup fit.
Cathay Pasific Airline CX 718 H :)
– Diantarkan oleh sopir hotel anugerah, saya meluncur ke terminal 2D untuk keberangkatan internasional pada pukul 06.00. Khusus untuk penerbangan internasional, check in dilakukan 2 jam sebelum take off. Hal ini dikarenakan proses dari penerbangan ini cukup rumit dan memakan waktu. Apalagi kalu sampai mengantri panjang. Wah bisa telat masuk ke pesawat coz boarding timex biasanya 30 menit dari take off. Hal pertama yang harus dilakukan adalah check in dan pemeriksaan bagasi. Jika anda mempunyai kardus yang kurang proper atau ingin luggage anda menjadi lebih aman, bisa menggunakan fasilitas wrapping (dibuntel nganggo plastik lah gampangane!)tapi bayar 30.000 sih. Nah pada waktu check in kita akan dimintai airport tax sebesar 150rb dan kelebihan bagasi jika ada.Per kilonya dikenakan biaya 10.000,00.

Setelah check in, kita harus ke imigrasi untuk pengecekan fiskal, apakah kita termasuk yang bisa bebas dari fiskal atau tidak. Untung saya sudah mempunyai NPWP (Nomor pokok wajib pajak) jadi tidak perlu membayar fiskal yangs ebesar Rp 2.500.000. Lumayan kan? Setelah itu, saya menuju ke boarding pass dan membayar Rp 150.000. Selanjutnya, saya menuju ruang tunggu pesawat Cathay PAsific Airline (jika belum jelas, bisa lihat boardnya) disana banyak informasi mengenai penerbangan anda. Sebelum memasuki waiting room, pengecekena terhadap barang2 kami dilakukan sekali lagi oleh security check (dilarang membawa cairang di atas 10ml)dan parahnya pocari sweat sya diambil deh ma mereka truss dibuang gitu aj. Hiks..I have no water now. Then, we wait for the boarding time.

-Setelah masuk ke dalam..mata saya terbelalak lebar, mulut menganga seakan tidak percaya bahwa kelas ekonomi yang akan saya naiki di cathay pasific tu bak pesawatnya streesemant di film Nodame yang sering saya tonton. Pertama, luasnya rek!mbatin kalo economynya kayak gini gimana yang bisnis ma eksekutif yah..huiii. Ada tivi kecil di depan kursi, ada headsetnya juga. Channelnya ada 40 buah, dari CNN, film jepang, film jackie chan, film kartun, film2 barat semuanya ada! tinggal pencet aja. (red:sebenarnya saya tadinya ga donk sama sekali gimana cara ngidupinnya, abis saya pencet2 sembarangan kok ga idup2 juga, tapi saya liatin penumpang di depan saya trus saya tiru deh caranya dia.hohohoo)

Kursinya pun ada 3 baris, pinggir kanan, kiri, dan tengah. Tadinya saya dapat tempat duduk 37 A, di pinggir jendela. But suddenly seorang ibu datang kepada saya dan minta tukar kursi karena dia terpisah dengan anaknya yang baru berusia 7 tahun. Yah, akhirnya ngalah deh, saya pindah dan tidak dapat melihat pemandangan nun jauh d bawah sana..hiks2..tapi gapapa deh, itung2 beramal pas bulan puasa.hehehe..

5 jam perjalanan lumayan membuat badan saya pegal2 karena duduk terus, waktu saya habiskan untuk menonton tivi, mengaji dan tentu saja tidur. hehehe..oya satu lagi di tivi kecil itu juga ditunjukkan dimana posisi pesawat sedang berada, misalnya kami melewati beberapa kota misalnya hanoi, manila,laut cina selatan, dll. Toiletnya juga keren abisss!!untung ga jadi naek airasia, wah ga bisa bayangin kalo ga ada tipinya, hehehe.bakalan bete banget pasti ya,

Finnally..Welcome to Hongkong International Airport..!! Tadi sempet ngintip ke bawah sih, ternyata Hongkong tu bentuknya kepualauan gitu..di bayanganku hongkong ya di daratan, ternyata kepisah2 juga. Okey, Sinta already wait for me on the airport, I have to go to the exit room as soon as possible. Tapi sebelumnya aku check in dulu ke China Southern..Wah,,bingung banget aku sumpah!! Bayangin aja, orang2 disini speak on their own way,,Chinesenya juga Cantonese, trus bahasa inggrisnya juga ga standard english. Well, after a verryy long queue..padahal gue cuma mau keluar bentar buat nemuin sinta. Tapi tetep harus ngikut prosedur turis2 yang pengen maen ke Hongkong, ada immigration checking lagi. Hampir 2 jam terpojok disini.Huff..wondering whether sinta is still waiting for me…

Huaaahhhhh…akhirnya..looking for Hall B customer..sempet lari2 juga takut sinta udah pulang. Pas aku di pintu exit, ternyata sahabatku itu masih nunggu sambil bawa kamera buat merekam kedatanganku..waaaaaaaahhhhhhhh sintaaaaaaaaa!!!ga ketemu di wonosobo malah ketemunya di Hongkong. Wah jan ampuh  timen ya …

18.00
waduh, its time to go nih. Tapi sinta ma mb yati masih bantuin bapak pilot garuda buat ngisi pulsa. mana ga masuk-masuk lagi. Ya udah deh pukul 18.10 baru aku masuk gatenya. Ternyata di dalam masih ngantri lagi buat masuk ke gatenya, harus ada security check lagi. Kena deh aku kali ini, odol yang kubeli ukuran jumbo ga bisa kubawa lagi harus dibuang. Hiks..hiks..Dan yang paling parahnya lagi, ternyata jarak dari security check ke gate 6 tu juaaaaaaauuuuuuuhhhhhhhh tenan!! aku mpe lari2 soalnya boarding timenya jam 18.20 meskipun take off jam 18.50. Hosh..hosh..sampil ngelap keringet di dahi.beneran jauh banget. Udah ada tanda gate 1-80 trus harus ke kanan, trus 1-30 ke kiri, tru ada tanda 1-5 turun lift lagi, huwaaahhhh…bener2 deh..
Akhirnya aku berhasil memasuki gate 6 dan semua penumpang disuruh masuk ke dalam bis yang telah disediakan untuk menunggu pesawatnya. Yeaaahhhh finally China Southern..yah, sederhana sih, ga selevel ma cathay pasific. trus penumpangnya juga jarang.

20,20

Welcome Nanning airport…nah disini juga ketat banget pemeriksaaan kesehatannya terutama dari virus avian influenza atau swine fever.
setelah ngambil bagasi di luggage claim, aku segera bergegas keluar dan menemui anna alias luli qian-gian..

Copyright 2019. All rights reserved.

Posted December 30, 2009 by intan rawit in category "Perjalananku

7 COMMENTS :

1. By khamiL on

meskipun kadang lapar mengganggu aktivitas kita,, tapi itu jangan jadi alasan untuk bermalas malasan,,,
    tetap semangat untuk bekerja,,

2. By Jasa Pembuatan Toko Online on

Wah sepertinya asik nih berpelesiran si mimin hahaha mau kemana sih min? Kok kayanya banyak banget melakukan transit? jaga kondisi badan min biar engga sakit. Kan capai pasti itu hahahaha have fun btw!